Grab, platform aplikasi pemesanan kendaraan dan pembayaran mobile terkemuka di Asia Tenggara, merayakan ulang tahun kelimanya. Di Indonesia sendiri, startup yang awalnya lahir di Malaysia ini mulai beroperasi sejak tahun 2014.
Hingga saat ini, Grab merupakan salah satu pilihan ride-hailing bagi konsumen di Indonesia dan Asia Tenggara dengan hampir 2.5 juta perjalanan setiap harinya dan 70% pangsa pasar dalam sektor kendaraan pribadi (mobil dan motor). Dengan lebih dari 930.000 mitra pengemudi telah memungkinkan Grab untuk mengatasi berbagai masalah transportasi di wilayah ini, serta meningkatkan taraf hidup dan literasi teknologi mereka.
Ridzki Kramadibrata, Managing Director Grab Indonesia mengatakan dalam perayaan ulang tahun kelima dan tahun ketiga kami beroperasi di Indonesia, pihaknya sangat bangga menjadi perusahaan yang mampu meraih beragam pencapaian positif.
“Grab telah menciptakan sumber pendapatan lain bagi para mitra pengemudi seraya mendorong mereka untuk menggunakan teknologi dalam bentuk perangkat pintar dan pembayaran non-tunai. Dengan beragam layanan transportasi kami yang lengkap, kami telah berkontribusi dalam membuat perjalanan menjadi lebih mudah, aman, dan tentunya lebih efisien,” ujar Ridzki.
Dalam perjalanannya selama tiga tahun ini, berikut ini beberapa pencapaian yang telah diraih Grab di Indonesia:
- Pertumbuhan mitra pengemudi rata-rata dari tahun ke tahun sebesar 574%.
- Memberikan pendapatan 34% lebih tinggi bagi para mitra pengemudi Indonesia (dibandingkan dengan upah rata-rata).
- Mengurangi waktu perjalanan hingga 64% (dibandingkan transportasi umum di Indonesia).
- Tingkat kecelakaan lalu lintas yang dialami 5 kali lebih rendah dibandingkan tingkat kecelakaan rata-rata nasional.
Di luar bisnis, perusahaan ini berupaya untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat. Di Indonesia, mereka juga mengadakan GrabSchool dengan lebih dari 300 anak-anak mitra pengemudi diberikan keterampilan melebihi silabus akademik, meliputi kewirausahaan, kreatifitas, inovasi, dan perencanaan masa depan.
Grab memberikan mitra pengemudinya akses ke lebih banyak peluang-peluang pendanaan hingga membeli ponsel cerdas dan kendaraan milik mereka sendiri, memberikan mereka peluang untuk membangunkehidupan yang berkelanjutan dan menjadi micro-entrepreneurs.
Sebagai bagian dari kemeriahan perayaan ulang tahunnya, Grab juga melakukan riset berdasarkan data perjalanannnya. Riset tersebut mengungkap fakta-fakta menarik yang menunjukkan kebiasaan warga Jakarta dalam melakukan perjalanan:

Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.




