Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

iOS 14.2 & iPadOS 14.2 Bawa Lebih dari 100 Emoji Baru

0 4.107

Hari ini (6/11), Apple baru saja merilis pembaruan perangkat lunak untuk perangkat iPhone dan iPad mereka. Pembaruan ini hadir setelah perusahaan asal Cupertino tersebut merilis empat smartphone baru—ya, jumlah yang lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya. Karena iPhone 12 series kini hadir dalam beragam dimensi.

Software baru iOS 14.2 dan iPadOS 14.2 kali ini membawa sejumlah perbaikan bug, dan juga beragam fitur baru. Yang paling menarik perhatian adalah emoji baru yang dibawa oleh Apple, dengan jumlah lebih dari 100. Cocok untuk Gizmo friends yang sering mengekspresikan obrolan lewat chat dengan emoji, supaya terkesan lebih personal atau akurat.

Baca juga: Layanan Apple One Hadir di Indonesia, Berikut Benefit & Harganya

Ragam Emoji Baru di iOS 14.2

Emoji iOS 14.2

Di antara 100 emoji yang dibawa iOS 14.2, ada banyak jenis yang dihadirkan, mulai dari ragam binatang, makanan, ekspresi wajah baru, instrumen musik, sampai emoji yang tidak menampilkan gender secara spesifik. Seperti yang bisa Gizmo friends lihat pada gambar dari Emojipedia di atas, Apple memang terlihat utamakan inklusivitas.

Selain itu, kini pengguna iPhone dan iPad juga bisa mendeteksi lagu secara mudah lewat control center. Sekitar dua tahun lalu, Apple telah mengakuisisi Shazam, sebuah aplikasi yang biasa kita gunakan untuk mendeteksi judul lagu apa yang sedang muncul saat itu, menggunakan mikrofon pada smartphone.

Nah, pada iOS 14.2 dan iPadOS 14.2, kita dapat mengaktifkan fitur Shazam hanya dari control center, sehingga tidak perlu akses aplikasinya secara manual. Memang, ada cara lebih mudah dengan bertanya kepada Siri lewat perintah suara. Namun dengan Shazam, histori pencarian musik bisa tercatat. Jadi bisa di-cek lagi di waktu berikutnya.

iOS 14.2 Juga Punya Fitur Pelindung Baterai AirPods

iOS 14.2
(Sumber: 9to5Mac)

Lalu untuk pengguna Apple AirPods, Apple juga hadirkan teknologi untuk mengatur pengisian daya perangkat wearable tersebut. Sebelumnya, Apple berikan fungsi di mana baterai iPhone akan “tertahan” ketika diisi semalaman, supaya tidak terkena efek over-charge. Dengan dihadirkannya fitur serupa ke AirPods, masa pakai baterainya bisa dibuat lebih lama. Plus, notifikasi jika volume terlalu tinggi, cegah kerusakan pendengaran.

Juga ada delapan pilihan wallpaper baru di iOS 14.2, tersedia baik untuk light dan dark mode. Lalu untuk pengguna iPhone 12 Pro series (kalau nanti sudah dirilis resmi), ada aplikasi baru, Magnifier yang bisa deteksi jarak objek manusia secara otomatis, memanfaatkan sensor LiDAR yang baru hadir di smartphone tersebut.

Juga hadirkan perbaikan-perbaikan seperti tampilan menu kamera yang blank saat dibuka pertama kali, pengingat (reminder) dengan waktu kurang tepat, widget foto yang tak menampilkan konten sampai perangkat yang menolak diisi daya secara nirkabel. Sudah hadir sejak pagi tadi, disarankan untuk menggunakan koneksi Wi-Fi stabil serta punya daya baterai dan memori yang cukup ya.