Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Layanan Apple One Hadir di Indonesia, Berikut Benefit & Harganya

3 1.531

Diperkenalkan pertama kali pada saat peluncuran iPhone 12 series, Apple mencoba untuk berikan penawaran terbaik bagi konsumennya untuk menikmati seluruh layanan Apple. Bermaksud agar tak perlu membayar secara individu untuk masing-masing layanan, Apple One hadir sebagai solusi ringkas nan terjangkau, hadir dalam beberapa opsi paket menarik.

Selang beberapa minggu kemudian, Apple baru resmikan layanan Apple One secara global, termasuk Indonesia. Ini cocok bagi Gizmo friends yang memang menggunakan beragam layanan seperti Apple Music, Apple TV+, Apple Arcade dan penyimpanan cloud dari Apple, bakal terasa jauh lebih murah daripada harus berlangganan satu persatu.

Apple One sendiri sebetulnya hadir dalam tiga opsi berbeda; Individual, Family atau keluarga, dan Premier. Baik Individual dan Family sama-sama meliputi empat layanan Apple (Music, TV+, Arcade & iCloud), sementara Premier punya tambahan seperti News+ dan Fitness+ (yang baru hadir di penghujung tahun 2020).

Baca juga: Mengenal Fungsi MagSafe, Fitur Baru di iPhone 12 Series

Pilihan Paket Apple One di Indonesia

Paket Apple One Indonesia

Nah, di Indonesia, pilihan yang tersedia hanya paket perorangan dan keluarga (hingga total lima pengguna). Masing-masing dibanderol seharga Rp115 ribu & Rp155 ribu per bulannya, diklaim bakal lebih hemat Rp87 ribu & Rp103 ribu. Dengan Apple One, pengguna bisa memanfaatkan kapasitas iCloud hingga 50GB (atau 200GB khusus untuk paket keluarga, yang dibagi sampai total enam orang).

Ketika kita memutuskan untuk “berinvestasi” ke dalam ekosistem Apple, tentu saja berlangganan layanan dari perusahaan asal Cupertino tersebut menjadi esensial. iCloud tentu saja dibutuhkan untuk menyimpan dokumen maupun backup media serta data seperti dari aplikasi WhatsApp.

Sementara Apple Arcade jadi solusi praktis berlangganan gim premium, tanpa harus membayar tiap judul gim maupun in-app purchase, dan sudah tersedia lebih dari 100 judul gim. Layanan tersebut juga bersifat lintas platform, sehingga tak perlu membayar dobel untuk menikmati layanan yang sama, baik dari iOS, iPad maupun macOS.

Untuk hiburan visual, Apple TV+ juga miliki daya tarik sendiri, dengan beberapa judul film maupun seri orisinil seperti The Morning Show, yang diperankan oleh aktris ternama yaitu Jennifer Anniston. Bisa dinikmati ke TV yang mendukung lewat Apple AirPlay. Dan Apple Music dengan lebih dari 70 juta lagu, ribuan playlist serta podcast termasuk lirik yang dapat berjalan secara real-time.

Apple Berikan Uji Coba 30 Hari Apple One

Apple One

Ingin mencoba terlebih dahulu? Sama seperti layanan dari Apple pada umumnya, Apple One juga bakal dihadirkan dalam versi percobaan selama 30 hari, sebelum konsumen memutuskan apakah ingin lanjut berlangganan atau tidak. Untuk langganan berjenis keluarga, tentu akunnya akan tetap masing-masing, alias tidak tercampur satu dengan lainnya.

Nah, bagaimana dengan harga layanan Apple One yang ada di Indonesia? Apakah Gizmo friends berencana untuk mencoba sistem satu tagihan ini, atau memilih untuk berlangganan layanan tertentu saja?