Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Mengenal Fungsi MagSafe, Fitur Baru di iPhone 12 Series

1 3.099

Ketika iPhone 12 series diperkenalkan, ada sebuah fitur baru yang belum pernah hadir di generasi-generasi smartphone Apple sebelumnya. Saat didemokan pada gelaran acara Apple October Event kemarin, nama fitur ini mengingatkan kita, terutama pengguna MacBook lama, dengan sebuah “kemewahan” yang sudah ditiadakan di lini MacBook terbaru.

Ya, bagi yang sudah familiar, MagSafe – atau fitur yang pernah ada di MacBook – kini dihidupkan kembali lewat iPhone 12 series. MagSafe yang hadir di iPhone memang tidak sama persis teknologinya seperti yang sudah diluncurkan di laptop Apple sejak 2006 lalu, namun konsepnya masih sama; bisa mengisi daya secara nirkabel memanfaatkan kekuatan magnet.

Baca juga: Apple Resmikan iPhone 12 & 12 Mini, Smartphone 5G Paling Mungil

MagSafe Pertama Kali Digunakan Untuk Isi Daya MacBook

MagSafe MacBook
Konektor MagSafe pada pengisi daya MacBook lawas. (Sumber: Wikipedia)

Sedikit mundur ke beberapa tahun lalu, perangkat laptop seperti MacBook Air dan MacBook Pro gunakan port khusus dengan ujung tembaga dan bantuan magnet. MagSafe sendiri merupakan sebutan dari konektor magnetik pada ujung aksesoris charger perangkat Mac, mampu alirkan daya mulai 45 watt hingga 85 watt untuk MacBook Pro 15 inci.

Kelebihannya? Dengan magnet, kita dapat “menempelkan” ujung konektor lebih mudah pakai satu tangan. Dan jika kabel terinjak atau tercabut secara tidak sengaja, laptop tidak akan jatuh alias aman, berbeda dari penggunaan port seperti USB-C yang bisa menarik laptop terjatuh dari meja atau permukaan lain.

Namun kemudian, fitur ini hadir di perangkat MacBook terbaru. Apple sendiri tidak menjelaskan alasan MagSafe dihapus. Bisa jadi, Apple memilih port yang lebih multifungsi seperti USB-C. belum lagi port MagSafe yang cenderung lebar, mungkin akan kurang pas atau memakan tempat untuk laptop tipis Apple seperti MacBook Air terbaru.

Dibawa ke iPhone 12, MagSafe Punya Fungsi Lebih Banyak

iPhone 12 MagSafe

Selang beberapa tahun kemudian, Apple membawa konsep MagSafe ke iPhone 12 series. Seluruh smartphone Apple terbaru 2020 ini bakal memiliki ring magnet, berada di balik casing belakangnya, seolah mengitari area wireless charging plate-nya. Lewat MagSafe, ada cukup banyak keuntungan yang bisa dihadirkan oleh Apple.

Yang pertama, pengisian daya nirkabel kini bisa berjalan lebih cepat. Bila sebelumnya hanya 7,5 watt, nantinya aksesori yang dilengkapi dengan magSafe dapat alirkan daya hingga 15 watt. Apple sendiri tidak mendetilkan kenapa hanya aksesori wireless charger dengan MagSafe saja yang bisa alirkan daya 15 watt. Besar kemungkinan, pihak ketiga harus bekerja sama membuat sertifikasi khusus seperti aksesori berstandar MFI (Made for iPhone).

Aksesori MagSafe Belkin

Dengan adanya magnet secara built-in, iPhone 12 nantinya bisa diisi daya pada aksesori seperti standing wireless charger, salah satunya milik Belkin seperti gambar di atas. Hal tersebut tidak dimungkinkan sebelumnya, kecuali kita menempelkan perekat khusus atau modul magnet di belakang iPhone. Seperti yang ada pada aksesori case sekarang ini, termasuk untuk car mount.

Aksesori iPhone 12

Benefit lainnya adalah aksesori yang lebih fleksibel. Sedikit diperlihatkan juga saat peluncuran, case iPhone baru nantinya, sepertinya tidak punya ujung sekitar layar yang membungkus bagian depan. Dengan MagSafe, case akan menempel erat dan juga mudah dilepas, mengurangi risiko ujung bezel baret karena lepas pasang case konvensional.

Aksesorinya juga bisa dipadu padankan satu dengan yang lain. Case silicone resmi Apple dengan MagSafe, bisa ditempelkan dengan leather wallet—ya, sekarang nggak perlu beli dari penyedia aksesori pihak ketiga. Apple sendiri sudah membuat “kantong” untuk menyimpan kartu di belakang bodi iPhone. Meski harganya cukup mahal, masing-masing USD49 (Rp720 ribu) & USD59 (Rp871 ribu).