Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Grab Salurkan Bantuan untuk Jaring Pengaman Sosial Covid-19

0 1.171

Untuk meringankan beban masyarakat Indonesia akibat pandemi, pemerintah menggelar program Jaring Pengaman Sosial Penanganan Covid-19. Pemerintah menggandeng Grab untuk berperan serta dalam penyaluran paket sembako sebagia bagian dari Bantuan sosial untuk 1,2 juta keluarga di DKI Jakarta.

Selain wilayah Jakarta, bantuan akan disalurkan kepada 600 ribu keluarga di Bodetabek, seperti yang telah diumumkan oleh Presiden Joko Widodo Senin (20/4) lalu. Bersama Kementerian Sosial RI melalui kerja sama dengan PT. Pos Indonesia, Grab mengerahkan ribuan armada GrabExpress yang tersebar di seluruh Indonesia, agar masyarakat dapat menerima bantuan tersebut.

“Kami terus mengamati situasi terbaru dari kasus ini, dan dengan sigap beradaptasi terhadap perubahan yang terjadi,” kata Tyas Widyastuti, Head of GrabExpress, Grab Indonesia lewat sebuah rilis yang kami terima. Tyas mengaku bahwa Grab Indonesia dan seluruh mitra Grab sangat senang dapat berkontribusi langsung dengan mendukung pemerintah dalam penyaluran bantuan sosial ke masyarakat.

Dukungan Grab Indonesia Atasi Krisis Covid-19

Bantuan Sosial Grab & Pemerintah Indonesia

Meski situasi masih tidak menentu, Grab Indonesia akan terus berkomitmen untuk bisa ambil bagian dan mengatasi krisis bersama. Bagi Grab, kesempatan ini adalah amanah dan tanggung jawab tersebut akan dijalankan dengan sebaik-baiknya. “Sejalan dengan misi GrabForGood, kami ingin membawa dampak positif dari teknologi untuk masyarakat Indonesia,” jelas Tyas.

Dengan Kementerian Sosial RI dan Pos Indonesia, Grab melakukan proses penyaluran bantuan sosial melalui beberapa tahap. Pos Indonesia akan melakukan bulk order lewat web booking dan GrabForBusiness, kemudian armada GrabExpress akan mengambil paket bantuan di kantor pos yang tertera di aplikasi. Lalu paket bantuan akan diantar menuju masyarakat dengan proses bukti terima bila paket benar-benar telah sampai ke tujuan.

Pada saat yang sama, keselamatan serta kebersihan tetap menjadi prioritas utama. “Mitra pengemudi kami adalah garda terdepan dalam pandemi ini, sehingga tanggung jawab kami untuk memastikan keselamatan mereka,” tambah Tyas. Seluruh mitra pengemudi akan melalui prosedur kesehatan yang cukup, serta melengkapi mereka dengan pembersih tangan dan masker. Grab juga melakukan pengiriman tanpa kontak untuk menghindari kontak langsung, sesuai dengan kebijakan pemerintah.

Baca juga: Grab dan Good Doctor Gelar Rapid Test Covid-19 dan PCR Gratis untuk Tenaga Kesehatan

Grab akan terus berkomitmen dalam mendukung pemerintah yang sedang berjuang lawan Covid-19. Selain itu, kerja sama dengan Kementerian Pertanian dan mitra bisnis lain dilakukan untuk memastikan masyarakat Indonesia memiliki akses ke pasokan makanan selama pandemi. Beberapa waktu lalu, GrabHealth yang didukung oleh Good Doctor juga telah berikan tes gratis kepada petugas kesehatan serta pengemudi Grab dan mitra pengiriman, yang berperan penting dalam menjaga pergerakan ekonomi saat ini.