Grab dan Good Doctor Gelar Rapid Test Covid-19 dan PCR Gratis untuk Tenaga Kesehatan

0 3.568

Penyebaran virus Covid-19 menjadi masalah serius di berbagai belahan dunia. Presiden Joko Widodo juga telah menginstruksikan untuk segera meningkatkan kapasitas tes Covid-19 di Indonesia. Menanggapi hal tersebut, layanan GrabHealth didukung oleh Good Doctor sebagai platform kesehatan digital di Indonesia, berinisiatif memberikan rapid test dan PCR test secara gratis kepada beberapa pihak yang memerlukan.

“GrabHealth powered by Good Doctor telah ditunjuk menjadi mitra resmi pemerintah, yakni Kementerian Kesehatan dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam memerangi wabah Covid-19,” jelas Danu Wicaksana, Managing Director Good Doctor Technology Indonesia.

Dijelaskan lebih lanjut, terhitung sejak bulan Februari, kapasitas pelayanan di platformnya telah ditingkatkan lebih dari 4x lipat, mulai tanya jawab secara daring hingga layanan skrining risiko lewat telekonsultasi.

Baca juga: Ini yang Dilakukan Tokopedia, OVO dan Grab untuk Lawan COVID-19

Good Doctor & Grab Berikan Rapid Test & PCR Test Gratis

Selain kepada tenaga kesehatan sebagai profesi yang paling rentan terpapar virus, rapid test dan PCR test Good Doctor juga akan diberikan secara gratis kepada mitra pengemudi dan pengantaran Grab yang memiliki peran penting dalam pergerakan perekonomian Indonesia.

Kegiatan ini adalah bagian dari kampanye #BaikBersama yang dilaksanakan Good Doctor sebagai bentuk komitmen berkelanjutan dari perusahaan, dalam melawan pandemi Covid-19 di Indonesia. Good Doctor adalah penyedia layanan kesehatan terpadu berbasis teknologi, menjadi mitra resmi Grab dalam hadirkan layanan kesehatan lewat GrabHealth.

Fase pertama program ini dimulai dengan memberikan rapid test kepada 1000 tenaga kesehatan serta mitra pengemudi dan pengantaran Grab. Jika nantinya mendapat hasil positif, akan dijalankan pengujian PCR untuk konfirmasi lebih lanjut. Rapid test gratis ini diberikan untuk mitra pengemudi GrabCar dan GrabBike di area Jakarta, sedangkan rapid test dan PCR test Covid-19 lebih untuk para tenaga kesehatan.

Cara Akses Layanan Rapid Test Good Doctor dan GrabHealth

Layanan gratis ini dimulai sejak 15 April hingga 30 April 2020, terbuka untuk seluruh mitra pengemudi Grab dan tenaga kesehatan di area Jakarta. Pihak tersebut dapat masuk ke aplikasi Grab dan mengakses layanan GrabHealth untuk berkonsultasi dengan mitra Good Doctor sebelum dilakukan rapid test. Hanya yang berisiko sedang atau tinggi dapat mengikuti program tes gratis ini, sepenuhnya ditanggung oleh Grab, Good Doctor dan Solidaritas Berantas COVID-19 (SBC).

Penyelenggaraan rapid test akan dilakukan secara drive-through, diharuskan untuk datang ke lokasi dengan menggunakan kendaraan. Sedangkan untuk PCR test akan dilakukan dengan sistem walk-in atau datang langsung ke rumah sakit yang telah ditentukan. Pihak Good Doctor dan Grab Indonesia memastikan semua tahap rapid test dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat, sesuai arahan pemerintah untuk menjaga jarak fisik (physical distancing).

Ke depannya, Good Doctor akan terus bekerja erat dengan lembaga pemerintah maupun pihak terkait lainnya, guna menekan penyebaran Covid-19. Hal ini merupakan inisiatif #BaikBersama, wujud upaya Good Doctor memerangi virus korona, dengan meyakini bahwa pandemi ini dapat dilawan dengan sinergi dari berbagai pihak, baik pemerintah, swasta termasuk juga masyarakat.