Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Google Batasi Penyimpanan Gratis untuk Photos dan Drive Mulai Juni 2021

2 3.737

Dari semua penyedia layanan backup berbasis cloud, saya dan mungkin Gizmo friends selama ini lebih memilih untuk unggah foto dan video ke Google Photos dibandingkan iCloud, OneDrive dan lainnya. Bagaimana tidak, karena Google berikan unlimited storage untuk hal tersebut, tak perlu memakan kapasitas penyimpanan Google Drive.

Nah, sayangnya, kesenangan ini harus berakhir pada pertengahan tahun depan. Pasalnya, mulai masa tersebut, Google akan menghilangkan fasilitas unlimited storage gratis. Hal tersebut dirasa harus dilakukan oleh Google, mengingat pengguna Google Photos saat ini sudah jauh lebih banyak. Juga dengan banyaknya fitur yang diberikan seperti edit foto dan album otomatis.

Lewat sebuah rilis pada laman blog resmi Google, Shimrit Ben-Yair, Vice President dari Google Photos menyebutkan bila ini sudah ada lebih dari empat trilyun foto yang disimpan di layanan penyimpanan media berbasis cloud tersebut. Dan tiap harinya, ada lebih dari 28 milyar foto dan video yang diunggah masing-masing penggunanya.
Baca juga: Google Photos Hadir dengan Tampilan & Fitur Baru, Khusus untuk Pixel

Unggah Gratis Unlimited Google Photos Bakal Berakhir 21 Juni 2021

Dihilangkannya fitur gratisan tersebut dilakukan demi kelanjutan layanan Google Photos ke depannya, agar tetap bisa beri layanan terbaik bagi pengguna yang terus bertambah. Dan Google terus berkomitmen agar seluruh informasi yang diunggah ke Google Photos, tak diberikan atau dijual ke pihak periklanan. Peraturan ini efektif mulai dari 1 Juni 2021 mendatang.

Setelah tanggal tersebut, seluruh media yang diunggah ke Google Photos bakal ‘memakan’ kapasitas dari Google Drive—15GB bagi pengguna gratisan, atau sesuai kapasitas yang Gizmo friends bayar lewat layanan Google One. “Kami tahu ini adalah perubahan besar dan mungkin mengejutkan, jadi kami ingin memberi tahu sebelumnya dan memberi Anda sumber daya untuk membuatnya lebih mudah,” tambah Shimrit.

Lantas bagaimana dengan puluhan ribu foto yang mungkin sudah Gizmo friends unggah selama beberapa tahun belakangan? Tak perlu khawatir, karena semuanya bakal aman. Foto dan video yang sudah diunggah sebelum 1 Juni 2021 tidak akan memakan kapasitas penyimpanan Google Drive.

Foto Lama di Google Photos Tetap Aman, Tak Perlu Dihapus

Google Photos Limit

Jadi nggak perlu khawatir untuk harus melakukan migrasi atau melakukan proses hapus media yang sudah ada. Termasuk foto dari beberapa smartphone Google Pixel yang mendapatkan fitur gratis unggah media kualitas original, bakal mengikuti tanggal sesuai yang tertera di masing-masing smartphone.

Setidaknya, Google berikan aba-aba yang cukup jauh, dan solusinya pun cukup fair. Beberapa tahun lalu, layanan unggah foto Flickr juga melakukan hal serupa. Bedanya, saat itu sedikit lebih ‘jahat’, hanya menampilkan beberapa foto terbaru, sementara foto-foto lama disembunyikan dan harus membayar untuk ambil atau menampilkan seluruh foto.

Nantinya ketika layanan gratisan sudah dihapus, Google juga bakal meluncurkan sebuah fitur baru khusus untuk bersih-bersih media. Foto yang tampak blur atau gelap, serta video berukuran besar bakal ditampilkan untuk saran pembersihan, supaya bisa lebih hemat kapasitas Google Drive.