Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Google Photos Hadir dengan Tampilan & Fitur Baru, Khusus untuk Pixel

0 1.286

Tidak hanya cocok sebagai penampil foto di smartphone, aplikasi buatan Google yang satu ini miliki banyak sekali fitur bermanfaat. Hadir secara preloaded di seluruh smartphone Android terbaru, Google Photos juga bisa mengunggah foto secara otomatis dan menghapus file yang ada di memori, cocok untuk perangkat bermemori cekak.

Ketika merilis duo Pixel 5 dan Pixel 4a 5G beberapa waktu lalu, Google juga perbarui aplikasi penyimpan foto mereka, berikan tampilan edit foto baru yang lebih segar serta tools untuk edit foto lebih lengkap. Juga dihadirkan fitur foto yang sebelumnya dipopulerkan di lini seri terbaru iPhone, yaitu Portrait Lightning.

Sebelumnya, Google Photos dikenal dengan fitur edit fotonya yang secara otomatis memberi saran pencahayaan dan cropping secara otomatis, memanfaatkan machine learning. Menambahkan fitur baru, Zachary Senzer, Product Manager, Google Photos lewat postingan resmi menyampaikan, “sekarang, kami membangun ide itu dan menerapkannya untuk memudahkan pengeditan, dengan Google Photos melakukan sebagian besar pekerjaan berat.”

Baca juga: Google Luncurkan Pixel 5 & Pixel 4a 5G dengan Snapdragon 765G

Fitur Edit Foto Baru di Google Photos

Google Photos

Saat mengakses sebuah foto dan mengklik tombol edit, Google Photos akan menampilkan opsi untuk mengubah tone warna menjadi lebih hangat (warm) atau dingin (cold), selain Enhance yang sudah hadir sejak versi-versi sebelumnya. Ke depannya, bakal ada opsi untuk ubah foto menjadi potret hitam putih dan Color Pop.

Kedua fitur tersebut dapat membuat foto yang diambil tanpa mode potret, menjadi blur di bagian latarnya, sepenuhnya memanfaatkan algoritma machine learning. Google juga bakal berikan fitur tambahan khusus untuk perangkat Google Pixel, mampu tingkatkan foto pemandangan (landscape) dan foto matahari terbenam.

Layout baru di menu edit juga mudahkan pengguna untuk mengatur setiap parameter yang ada di dalamnya, seperti efek vignette, kecerahan, saturasi dan lainnya. Menggunakan slider bar yang mirip seperti tools edit foto di galeri bawaan iOS. Yang menjadi bintang adalah fitur Portrait Light, baru hadir di Pixel 4a (5G) Pixel 5 dan seri Pixel lainnya di masa mendatang.

Bawa Efek Potrait Light, Populer di Perangkat iPhone

Portrait Light Google Photos

Google sendiri belum memberikan detil apakah seri Pixel lama seperti Pixel 1,2 dan 3 bakal dapat. Yang cukup mengesankan dari fitur ini, efek penambahan cahaya potret tak hanya bisa ditambahkan di foto baru, melainkan foto lawas yang tidak diambil dengan mode potret. Sumber cahaya juga bisa diatur sesuai keinginan penggunanya.

Tampilan baru Google Photos ini sudah mulai digulirkan di beberapa perangkat Android yang mendukung. Saat artikel ini dibuat, sudah tersedia baik di Pixel 3 dengan Android 11 maupun OPPO Reno4 Pro dengan Android 10. Sementara di iOS, tampilan barunya belum tersedia.

Sebelumnya, Google telah perbarui aplikasi ini dengan logo baru, dan fitur dimana pengguna dapat menjelajah foto berdasarkan lokasi. Juga fitur-fitur nostalgia dimana aplikasi akan tampilkan foto lama dari masa-masa tertentu, membuat kolase secara otomatis memanfaatkan kecerdasan buatan (AI).