Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Harga iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X Bikin Melongo? Cek Dulu Speknya!

Jika melihat spesifikasi yang diusung, apakah harga yang ditawarkan tetap dianggap mahal?

Sudah bisa ditebak, Apple selalu bikin siapa saja melongo ketika mengumumkan iPhone terbaru. Bukan cuma dari speknya, soal harga smartphone besutan vendor Cupertino ini selalu dapat reaksi “Wow”. Kali ini iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X juga kembali bikin melongo.

Saat diluncurkan kemarin, Selasa (12/9/2017) waktu California, iPhone 8 sudah bisa dipesan 15 September mulai dari US$ 699 atau sekitar Rp 9 jutaan, iPhone 8 Plus US$ 799 atau sekitar Rp 10,5 juta. Sementara itu, iPhone X (disebut iPhone Ten), banderol harganya US$ 999 atau sekitar Rp 13 juta untuk versi 64 GB dan US4 1.149 atau sekitar Rp 15 juta untuk versi 256 GB.

Terlepas dari brand Apple yang membuatnya mahal, tentu ada faktor lain. Apalagi jika bukan karena spesifikasinya? Yuk, kita bahas satu per satu, Gizmolovers!

iPhone 8

Di antara ketiganya, iPhone 8 punya tampilan yang lebih ringan dan ramping, dengan dimensi 38,4 x 67,3 x 7,3 mm dan bobot 148 gram. Smartphone ini memiliki layar 4,7 inci LED-backlit Retina HD beresolusi 1.334 x 750 piksel dan kerapatan piksel 326 ppi.

Pada dapur pacunya, iPhone 8 ditenagai chipset 6-core A11 Bionic dengan arsitektur 64-bit, dan RAM 2 GB. Untuk fitur kameranya, smartphone ini mengusung kamera belakang 12 MP dengan bukaan lensa F/1.8 dan kamera depan 7 MP dengan bukaan F/2.2.

iPhone 8 Plus

Bisa ditebak, iPhone 8 Plus tentunya punya tampilan yang lebih bongsor dan berat, di mana dimensinya adalah 158,4 x 78,1 x 7,5 mm dan berat 202 gram. Layarnya seluas 5,5 inci Retina HD beresolusi 1920 x 1080 piksel dan kerapatan piksel 401 ppi.

iPhone 8 Plus ditenagai chipset yang sama dengan iPhone 8, namun punya kapasitas RAM yang lebih besar, yakni 3 GB. Untuk kameranya juga berbeda, di mana terdapat dual-camera (12 MP wide + 12 MP tele) dan kamera depan 7 MP.

iPhone X

Menjadi yang termahal, tentu membuat iPhone X juga punya desain yang lebih menarik daripada iPhone 8 dan 8 Plus. Berbeda dengan kedua saudaranya yang mengusung frame alumunium, smartphone berdimensi 143,6 x 70,9 x 7,7 mm dan bobot 174 gram ini menggunakan material stainless steel surgical grade yang tentunya lebih kuat.

Related Posts
1 daripada 403

iPhone X hadir dengan layar OLED yang resolusinya paling tinggi yakni 2.436 x 1.125 piksel dan kepadatan piksel 458 ppi. Selain itu, smartphone ini juga diperkuat dengan fitur HDR dan Dolby Vision yang membuatnya berlayar paling tajam dibandingkan iPhone yang pernah ada saat ni.

Selain itu, iPhone X juga punya desain yang lebih radikal perubahannya dibandingkan iPhone 8 dan 8 Plus yang masih membawa fitur TouchID sehingga tidak jauh berbeda dari iPhone 7 dan 7 Plus. Smartphone ini tampil dengan layar bezel-less dan meniadakan TouchID, sehingga pada bagian depannya tidak memiliki satu tombol apapun.

Untuk dapur pacunya, iPhone X tidak berbeda dengan iPhone 8 dari sisi prosesor dan RAM. Begitupun dengan kameranya yang sama-sama mengusung dual-camera. Hanya saja, smartphone ini dihadirkan dengan format vertikal, sedangkan iPhone 8 horizontal.

Persamaan

iphone 8Kita mulai dulu dari desainnya, di mana kesemuanya mengusung bodi berbalut kaca di bagian belakang. Dipilihnya material ini dikarenakan ketiganya telah mengusung fitur terbaru yakni wireless charging.

Apa hubungannya? Hal ini dikarenakan teknologi ini menggunakan kumparan kawat yang mentransfer arus dalam jarak yang pendek, di mana tidak akan berfungsi melalui logam. Makanya, tidak heran jika smartphone yang menggunakan teknologi ini seperti Samsung S8 dan LG G6 punya bodi belakang dengan material kaca.

Selain itu, ketiganya memiliki teknologi True Tone pada layarnya untuk menyesuaikan tingkat brightness. Hanya saja, dari desain, material layar, dan resolusi, iPhone X paling unggul di antara yang lainnya. Untuk durabilitas, ketiganya telah memiliki sertifikasi IP67 yang membuatnya tahan terhadap air dan debu.

Pada fitur kamera, kesemua iPhone terbaru ini bisa merekam video 4K hingga 60pfs dan slow motion hingga 230 fps. Untuk kamera depannya juga bisa merekam video hingga resolusi 1080p.

Yang terakhir, mungkin agak menyebalkan buat sebagian orang, di mana ketiganya sama-sama meniadakan audio jack 3,5mm buat headphone. Untuk penempatan tombol, ketiganya sama-sama memiliki tombol power di kanan, volume di kiri, dan ada port Lightning di bagian bawah diapit oleh grill speaker.

Nah, dengan mengetahui spesifikasi dan fitur yang dihadirkan, apakah menurut kamu ketika iPhone anyar ini harganya tetap bikin melongo?

 

This post is also available in: enEnglish (English)