Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Hasil Foto Google Pixel 4a Diadu dengan Redmi Note 7

0 1.006

Sampai saat ini, Google Pixel 4a tak kunjung dirilis resmi meski bocorannya sudah beredar sejak lama. Mulai dari foto render, iklan pada papan billboard sampai kemasan boksnya. Smartphone ini sebelumnya diperkirakan bakal dirilis bersamaan di acara tahunan Google I/O 2020, yang tak hanya diundur, tetapi ditiadakan tahun ini karena ada pandemi virus Covid-19.

Namun lagi-lagi, informasi baru mengenai Pixel versi murah terus berdatangan. Kali ini dari seorang jurnalis teknologi, Julio Lusson, yang sebelumnya juga telah merilis video review dari smartphone yang belum dirilis tersebut di channel YouTube pribadinya. Kini Julio mencoba menunjukkan hasil kamera Google Pixel 4a dan dibandingkan dengan Redmi Note 7.

Ya, memang keduanya tidak benar-benar sekelas. Redmi Note 7 adalah smartphone kelas menengah Xiaomi dengan banderol harga lebih murah, sudah dirilis sejak 2018 lalu. Namun untuk chipset, keduanya tak jauh berbeda secaraa benchmark, dimana Redmi Note 7 mengusung chipset Qualcomm Snapdragon 660 sementara Google Pixel 4a dengan Snapdragon 730 yang lebih baru.

Baca juga: Ini Bocoran Terbaru Spesifikasi Google Pixel 4a

Komparasi Kamera Pixel 4a & Redmi Note 7

Dan di atas kertas, Redmi Note 7 punya besaran resolusi yang jauh lebih tinggi di 48MP. Kamera tersebut dapat menggabungkan empat piksel individu menjadi satu piksel besar dengan teknologi pixel binning, yang secara teknis dapat meningkatkan intensitas cahaya, mengurangi noise dan menambah ketajaman foto. Berbeda dengan Pixel 4a yang masih ‘konservatif’ dengan sensor kamera 12MP saja.

Tapi tentunya, senjata Google dalam menghasilkan foto bagus lewat kamera smartphone Google Pixel bukanlah sensor yang digunakan, melainkan olah foto dari tangkapan sensor. Dengan teknologi fotografi komputasi, Google memanfaatkan seluruh data yang dimiliki menggunakan machine learning dan AI. Seluruh foto pengguna Google Photos juga dianalisa (tenang, tetap aman kok, karena data dienkripsi dan yang diambil hanyalah informasi tertentu), untuk meningkatkan kemampuan deteksi objek dan lainnya.

Hasilnya bisa dilihat sendiri dari keempat foto yang diunggah oleh Julio, dalam dua kondisi pencahayaan berbeda. Foto pertama diambil dalam kondisi pencahayaan cukup dengan jarak objek dekat. Redmi Note 7 hasilkan foto dengan detil yang kurang, serta warna yang sedikit pucat dan noise lebih terlihat. Sementara Google Pixel 4a terlihat sangat tajam dan warna vivid.

Begitu juga dengan hasil foto outdoor, foto milik Pixel 4a terlihat lebih hidup dan dengan dynamic range lebih baik. Salah satu senjatanya adalah fitur HDR+ milik Google Camera yang handal dalam urusan menambah dynamic range serta ketajaman foto. Maka tak heran, banyak smartphone lain yang bahkan sampai di-root maupun unlock bootloader hanya supaya dapat memasang Google Camera, demi hasil foto bagus melalui HDR+ serta mode Night Sight.

Spesifikasi Google Pixel 4a

Google Pixel 4a
Foto render digital Google Pixel 4a dari @onleaks.

Google Pixel 4a dikabarkan bakal punya layar 5,81 inci full HD+ dengan kamera punch-hole, alternatif yang terdengar lebih menarik daripada kakaknya sendiri, Pixel 4 dengan bezel atas tebal berkat peletakan sensor kamera untuk fitur motion gesture. RAM-nya ditingkatkan menjadi 6GB, namun memori penyimpanan masih sama di 64GB. Kapasitas baterai 3.080 mAh mendukung fast charging Power Delivery.

Rumor terbaru dari Jerman menyebutkan jika smartphone ini akan dirilis pada 22 Mei mendatang, diduga informasi didapatkan dari salah satu operator telekomunikasi Jerman, Vodafone. Dengan hadirnya smartphone Apple murah, iPhone SE (2020), Google harus segera rilis Pixel 4a akan bisa bersaing secara langsung dan merebut daya tarik perangkat terbaru Apple tersebut.