Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Hisense A7 5G, Smartphone 5G Pertama di Dunia dengan Layar E-ink

Kalau mendengar merk yang satu ini, mungkin Gizmo friends lebih familiar dengan produk televisinya. Atau tidak pernah dengar sama sekali? Hisense sendiri adalah perusahaan multinasional asal China yang memproduksi beragam jenis elektronik, dan jenis lainnya termasuk smartphone. Mereka baru saja merilis sebuah produk yang cukup unik, yaitu Hisense A7 5G.

Bukan, yang menjadi nilai keunikan bukanlah kemampuan 5G-nya. Melainkan teknologi layar yang diusungnya. Hisense A7 5G adalah smartphone pertama di dunia yang pakai teknologi layar E-ink & mendukung jaringan 5G. Sebelumnya, Hisense telah produksi smartphone dengan layar sama lewat seri A, namun yang baru dirilis ini tentu lebih canggih.

Teknologi layar E-ink sendiri sebelumnya lebih umum digunakan pada smartwatch serta e-book reader atau tablet yang dikhususkan untuk membaca buku. Pebble dan Kindle merupakan salah satunya, di mana kedua perangkat bisa memanfaatkan panel tersebut untuk menghemat konsumsi daya. Lantas bagaimana bila digunakan di smartphone?

Baca juga: Review Samsung Galaxy Tab A7: Tablet Terjangkau Multifungsi

Hisense A7 5G Gunakan Prosesor Dari Unisoc

Hisense A7 5G

Mari kita bedah spesifikasi umum Hisense A7 5G terlebih dahulu. Smartphone ini hadir dengan profil yang sangat sederhana. Seperti yang terlihat di sisi depannya, bezel atas dan bawah relatif tebal, dengan kamera depan yang bisa dimanfaatkan untuk fitur face unlock.

Sementara di belakang, hanya terdapat satu kamera yang ditemani LED flash. Bodinya terbuat dari plastik berwarna hitam, menggunakan tekstur matte anti-glare. Sensor sidik jari disematkan di bodi belakangnya. Sementara tombol power dan tombol pintasan AI ada di sisi kanan dan kirinya.

Tak menggunakan chipset dari Qualcomm maupun MediaTek, Hisense A7 5G ditenagai prosesor milik UNISOC, seri Tiger T7510, yang dipasangkan dengan RAM 6GB dan penyimpanan internal 128GB. Selain gunakan teknologi layar yang anti-mainstream, smartphone layar hitam putih ini dilengkapi jack audio 3.5mm plus DAC khusus, membawa dukungan Hi-Res Audio.

Layar E-ink Hisense A7 5G Mendukung Dynamic Refresh Rate

Hisense A7 5G

Lalu bagaimana dengan layarnya? Dimensi layar E-ink pada Hisense A7 5G mencapai 6,7 inci, dengan kerapatan piksel 300 ppi. Layar ini mendukung dynamic refresh rate mulai dari 136ms hingga 688ms, yang cukup lebih halus terutama bila dibandingkan dengan layar Kindle.

Benefit dari layar E-ink adalah panel ini tidak menghabiskan daya sama sekali bila menampilkan konten secara konstan. Namun minusnya ada ketika kita beralih konten, semisal sedang scroll feed Instagram. Setiap kontennya berubah, layar harus me-refresh ulang (ghosting), dan proses jedanya cukup terlihat.

Meski memang secara refresh rate lebih tinggi, tingkat kemulusannya tak bakal sama dengan panel LCD atau OLED pada umumnya. Sehingga smartphone seperti ini bakal lebih cocok digunakan untuk kebutuhan membaca atau tampilan statis lainnya. Sistem operasinya berbasis Android 10, namun dikustomisasi oleh Hisense. Baterainya cukup besar di 4,770 mAh, dan sudah mendukung fast charging 18 watt.

Hisense sendiri menyebutkan bila smartphone ini bakal hadir secara eksklusif di China. Harganya sendiri mencapai 1,999 Yuan, atau sekitar Rp4,3 jutaan. Harganya cukup mahal untuk sebuah smartphone yang hadir dengan target segmentasi yang sangat terbatas. Meski memang tergolong unik, punya layar E-ink dan mendukung jaringan 5G.

Tinggalkan komen