alexa

Keunggulan MediaTek Dimensity 1100 5G, Chipset Kencang di POCO X3 GT

Jakarta, Gizmologi – Baru-baru ini, merek smartphone POCO yang awalnya merupakan bagian dari Xiaomi, baru saja merilis sebuah perangkat yang punya performa kencang setara flagship dengan harga terjangkau yaitu POCO X3 GT. Hal tersebut dimungkinkan berkat penggunaan chipset bertenaga, MediaTek Dimensity 1100 5G di dalamnya.

Tak hanya POCO X3 GT saja yang baru diperkenalkan secara global, cip MediaTek tersebut juga termasuk rilisan terbaru, alias baru diperkenalkan di tahun 2021. Berkat system-on-chip (SoC) tersebut, POCO mampu berikan produk dengan performa kencang. Ideal untuk para anak muda yang gemar bermain gim maupun konsumsi konten hiburan.

Baca juga: Review POCO X3 GT: Performa Turbo Serba Kencang

Data dari Counterpoint Research menyebutkan bila MediaTek telah berhasil menjadi vendor chipset smartphone terbesar pada Q3 2020. Lewat seri Dimensity, vendor ini sudah kirimkan lebih dari 45 juta SoC 5G sepanjang tahun 2020.

Selain clock speed kencang, ada beberapa bagian dari MediaTek Dimensity 1100 5G yang bisa dikulik lebih dalam, sebagai salah satu chipset yang juga hemat daya. POCO berikan kesempatan untuk membahasnya secara virtual, langsung bersama Cedric Chang, Deputy Director Corporate Sales of Southeast Asia, MediaTek.

MediaTek Dimensity 1100 Dihadirkan dengan Performa Flagship

MediaTek Dimensity 920

Sejatinya, MediaTek Dimensity 1100 5G dulunya diperkenalkan bersama dengan seri Dimensity 1200. Lebih besar angka, tentu lebih baik. Namun perbedaan keduanya tergolong minor, alias hanya berbeda clock speed pada satu inti CPU terkencangnya saja.

Masing-masing chipset memiliki CPU 8 inti, terdiri dari 4 inti ARM Cortex-A78 serta 4 inti ARM Cortex-A55. Khusus pada seri Dimensity 1200, satu inti A78-nya punya clock speed hingga 3GHz. Sementara di MediaTek Dimensity 1100, keempatnya sama-sama berkecepatan 2,6GHz.

CPU tersebut dipasangkan dengan GPU ARM Mali-G77 9-inti, beroperasi dalam clock speed 836MHz, untuk berikan kemampuan olah grafis terbaik. Dengan kombinasi yang powerful, chipset ini mampu raih skor tertinggi mencapai 686 ribu poin, lewat aplikasi pengujian paling populer yaitu AnTuTu Benchmark versi 9.0.5.

“Kami turut bangga karena telah dipercayai oleh POCO Indonesia untuk membawa chipset flagship kami ke pasar Indonesia untuk pertama kalinya melalui smartphone POCO X3 GT,” jelas Cedric. Ia juga menjelaskan bila cip tersebut telah dirancang agar lebih efisien daya, salah satunya berkat proses fabrikasi 6nm.

Pada smartphone POCO terbaru ini, tak hanya dari sisi chipset-nya saja yang berikan performa tinggi sekaligus hemat daya. MediaTek Dimensity 1100 yang digunakan, dipadukan dengan teknologi pendinginan LiquidCool Technology 2.0. Ditujukan agar suhu tetap terjaga dingin, hingga 11 derajat Celsius lebih rendah.

POCO X3 GT Juga Mendukung Dual 5G

POCO X3 GT

Dalam kesempatan yang sama, Andi Renreng, Head of Marketing POCO Indonesia mengatakan bila pihaknya berikan apresiasi tinggi terhadap MediaTek, dengan komitmen untuk hadirkan performa tinggi pada seluruh tech enthusiast Tanah Air. “Hal ini yang menjadi latar belakang POCO dalam menyematkan chipset kelas premium, MediaTek Dimensity 1100 para produk terbaru kami, yaitu POCO X3 GT.”

Selain performa unggul, tentunya smartphone ini sudah mendukung jaringan 5G yang bakal hadir secara merata di Indonesia. Ketika ditanya terkait dukungan resmi, POCO Indonesia tak bisa menjawab, mengingat hal tersebut lebih diperuntukkan bagi para operator seluler Tanah Air.

Namun dalam diskusi yang disampaikan oleh Cedric, disampaikan sebuah fakta menarik bila MediaTek Dimensity 1100 sudah mendukung True Dual 5G. Artinya, bila ada dua kartu dengan operator yang mendukung, maka keduanya siap mendapatkan 5G secara simultan.

Andi percaya bila cip flagship tersebut mampu jadikan produk barunya sebagai jawaban dari kebutuhan pengguna smartphone akan perangkat dengan performa Go Turbo. Mulai hari ini (2/9), konsumen sudah bisa mendapatkan POCO X3 GT baik secara daring maupun luring, di seluruh Mi Partner yang tersebar di Indonesia.

Dengan harga mulai Rp4,399 juta, Gizmo friends sudah bisa dapatkan smartphone dengan performa kencang, serta baterai besar 5,000 mAh yang dipasangkan dengan teknologi fast charging 67W, membuat proses isi dayanya hanya dalam kisaran waktu 42 menit saja. Plus, layar 120Hz yang sudah terlindungi oleh Gorilla Glass Victus.

Tinggalkan komen