Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

HMD Berikan Tambahan Masa Garansi 60 Hari untuk Seluruh Ponsel Nokia

0 1.186

Sebagai pemegang tunggal lisensi brand ponsel Nokia, HMD Global memberikan sedikit kelonggaran untuk konsumen pengguna ponsel Nokia, baik smartphone serta feature phone yang masih laris di beberapa negara berkembang. Kelonggaran yang dimaksud adalah dalam hal perbaikan ponsel dalam masa garansi.

Dalam situasi pandemi Covid-19 yang sedang melanda saat ini, pusat perbaikan ponsel Nokia tentunya terkena dampak dalam hal pengantaran maupun lama perbaikan ponsel. Agar dapat memenuhi janji yang diberikan kepada konsumen, HMD menambahkan masa garansi seluruh ponsel Nokia mereka.

Baca juga: Nokia 4.2 Resmi Mendapat Pembaruan Android 10

Lewat akun Twitter resminya pada minggu lalu (16/4), Nokia memberikan perpanjangan masa garansi hingga 45 hari. Namun tak lama kemudian, dua hari lalu (20/2) Nokia menambahkan masa perpanjangan hingga 60 hari, alias tambahan waktu 15 hari.

Penambahan Masa Garansi Ponsel Nokia

Masa perpanjangan tersebut bukan tanpa terkecuali ya. Tambahan masa garansi ini hanya khusus untuk perangkat ponsel Nokia bergaransi resmi yang masa garansinya berakhir pada rentang tanggal 15 Maret sampai 15 Mei 2020. Jika ponsel Nokia yang kamu gunakan genap berusia satu tahun diantara tanggal tersebut, maka selamat, kamu mendapat perpanjangan garansi sampai dua bulan berikutnya.

Peraturan ini berlaku secara global. Khusus konsumen yang berlokasi di wilayah Eropa serta Amerika Serikat, Nokia menyediakan layanan perbaikan daring lewat situs khusus, nokia.ebuilder.com. Sementara di Indonesia, kamu dapat menghubungi rekanan perbaikan resmi ponsel Nokia, yaitu Unicom Care Indonesia.

Jika kamu membutuhkan bantuan perihal layanan purnajual, kamu dapat menghubungi pihak Unicom lewat akun Twitter resminya, @UnicomCareID. Kamu juga bisa mendapatkan informasi cabang pusat perbaikan terdekat, ataupun memanfaatkan layanan antar untuk mempermudah proses purnajual.

Hal tersebut merupakan langkah yang patut diapresiasi, meskipun kiprah HMD Global di Indonesia sudah hampir tidak terdengar. Smartphone Android terakhir yang mereka rilis secara resmi adalah Nokia 2.2, yang sudah berukur sekitar delapan bulan lamanya. Walaupun begitu, HMD tetap tidak main-main untuk memuaskan pelanggan dan selalu menepati janji dalam hal pembaruan perangkat lunak.

Jadwal pembaruan Android 10 Nokia
Jadwal pembaruan perangkat lunak Android 10 untuk smartphone Android Nokia.

Selain pembaruan keamanan bulanan, hampir semua smartphone Nokia terbaru yang dirilis resmi di Indonesia sudah mendapatkan pembaruan Android 10 sesuai jadwal, termasuk Nokia 2.2 dan Nokia 4.2.  Hanya tersisa beberapa seri saja, yaitu Nokia 3.1 Plus serta Nokia 5.1 Plus yang kebetulan keduanya menggunakan chipset MediaTek. Selain itu, Nokia 1 yang termasuk seri Android Go juga dijanjikan bakal mendapat pembaruan ke Android 10, meski menjadi varian yang paling murah.