Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Nokia 4.2 Resmi Mendapat Pembaruan Android 10

0 2.266

Ponsel Android Nokia rilisan HMD Global memang dikenal dengan pembaruan perangkat lunaknya yang rutin, bahkan salah satu yang tercepat serta bisa dibandingkan dengan Google Pixel. Setelah Nokia 2.2, kini giliran Nokia 4.2 yang mendapat pembaruan ke Android 10, versi terbaru Android dari Google.

HMD memang terus berkomitmen untuk hadirkan software plus pembaruan keamanan terbaru tiap bulannya, untuk semua seri ponsel Nokia yang tergabung dengan program Android One, baik kelas entri sampai seri flagship mereka, tidak terkecuali.

Beberapa pekan lalu, Chief Product Officer HMD Global, Juho Sarvikas sempat merilis roadmap jadwal pembaruan Android 10 yang sedikit direvisi berkat adanya pandemi global Covid-19. Lewat sebuah tweet dari akun pribadinya, selambat-lambatnya pembaruan Android 10 hadir di kuartal 2 tahun 2020.

Cara Update Android 10 di Nokia 4.2

https://twitter.com/sarvikas/status/1248177324840742912

Nah, untuk Nokia 4.2 sendiri, pembaruan Android 10 hadir sedikit melebihi jadwal yang sudah ditentukan, hadir tanggal 9 April 2020 alias 9 hari lewat dari kuartal pertama. Update tersebut sudah hadir lewat OTA, dan kamu bisa langsung cek di menu Settings – System – System Update. Berukuran 1,38GB, disarankan agar kamu menggunakan koneksi WiFI supaya pembaruan berjalan dengan lebih cepat dan lancar ya.

Pembaruan ini membawa segudang fitur-fitur baru dari Android 10, membuat Nokia 4.2 kamu terasa seperti ponsel baru. Beberapa diantaranya seperti Dark Mode, mode gestur navigasi layar penuh, smart reply dan peningkatan performa sistem secara keseluruhan. Mengingat ini adalah major update, akan lebih baik jika dilakukan reset secara menyeluruh setelah melakukan proses pembaruan, dan jangan lupa untuk mencadangkan data lebih dulu ya.

Dengan hadirnya Android 10 di Nokia 4.2, hanya dua ponsel Nokia yang hadir resmi di Indonesia dan belum mendapat update, yaitu Nokia 5.1 Plus dan Nokia 1. Keduanya akan dapat pembaruan di kuartal 2 ini, semoga tidak lama lagi ya. Seri terbaru yang juga sudah dirilis resmi, Nokia 2.2, lebih dulu mendapatkan Android 10 pada bulan kemarin.

Baca juga: Review Nokia 2.2: Berbasis Android One Meski Kurang Rupawan

Spesifikasi & Harga Terbaru Nokia 4.2

Nokia 4.2 indonesia

Nokia 4.2 sendiri hadir resmi di Indonesia pada Mei 2019 lalu. Desainnya sangat kompak dengan layar 5,71 inci HD+, material kaca depan belakang serta metal di bagian dalam, nyaman untuk penggunaan satu tangan. Kamera belakangnya beresolusi 13MP + 2MP, sementara di depan ada kamera 8MP yang berada di dalam waterdrop notch.

Secara performa memang bukan yang terbaik, mengingat Nokia 4.2 hanya menggunakan prosesor Snapdragon 439 octa-core dengan RAM 3GB dan memori 32GB. Kapasitas baterainya juga hanya 3.000 mAh, meski bisa dibilang masih cukup mengingat dimensi layar yang kecil.

Tetapi yang menarik, ponsel ini punya sensor yang lengkap, mulai dari sensor sidik jari sampai NFC untuk top-up kartu e-money. Diluncurkan dengan harga Rp2,5 juta, saat ini kamu bisa menemukan Nokia 4.2 di e-commerce lokal dengan harga hanya Rp1,8 jutaan saja. Menjadi alternatif terbaik untuk kamu yang mencari ponsel pure Android dengan desain kecil, material bagus plus memiliki sensor NFC.


Beli smartphone Nokia secara online di:

JD.ID Shopee Eraspace