Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Honor 10X Lite, Smartphone Mid-range dengan NFC Rp3 Jutaan

0 4.760

Merek smartphone yang masih menjadi bagian dari Huawei, Honor baru saja merilis produk mid-range terbarunya di Arab Saudi. Ya, segmen kelas menengah memang nampaknya menjadi salah satu yang paling ramai menarik konsumen. Diperkenalkan Honor 10X Lite, yang sesuai namanya, merupakan varian yang lebih sederhana dari seri 10X dan 10X Max.

Fitur kunci yang diunggulkan oleh Honor adalah memori penyimpanannya yang luas, setup kamera 48MP di belakang serta dukungan fast charging. Menjadi varian lite, smartphone ini belum dilengkapi dengan dukungan jaringan 5G.

Baca juga: Review Honor Choice TWS: Earphone Nirkabel Murah Terbaik

Keunggulan Honor 10X Lite

Honor 10X Lite

Secara desain maupun dimensi, Honor 10X Lite terlihat mirip seperti smartphone mid-range mainstream lainnya. Bobotnya capai 206 gram, dengan ketebalan 9,26mm. Sementara dari segi desain, miliki setup empat kamera dengan bingkai yang juga sudah umum. Selain itu, hanya ada logo Honor di bawah, sementara sensor sidik jari diletakkan menyatu bersama tombol power.

Setidaknya pada bagian depan, desain kameranya sudah gunakan punch-hole, terletak di bagian tengah layar dan beresolusi 8MP. Layarnya sendiri berdimensi cukup luas di 6,67 inci, gunakan panel IPS dengan rasio 20:9 dan resolusi full HD+. Keempat bezelnya juga terlihat cukup tipis untuk penggunaan panel IPS.

Di bagian belakang, ada sensor kamera utama CMOS beresolusi 48MP dengan bukaan f/1.8. Sensor tersebut dipasangkan dengan sensor 5MP ultra wide-angle, untuk menangkap foto dengan sudut pandang yang lebih lebar. Lalu ada dua sensor 2MP lainnya, yang masing-masing bertugas untuk hasilkan foto objek dekat (makro) serta foto dengan efek bokeh (depth sensor).

Prosesor yang digunakan juga bisa dibilang cukup berumur, sudah digunakan oleh beberapa smartphone Huawei maupun Honor sejak 2018. Yaitu Kirin 710 octa-core dengan RAM 4GB serta penyimpanan internal 128GB—masih bisa ditambah lewat slot kartu microSD. Untuk konektivitas, selain dukungan dual 4G VoLTE, juga hadir sensor NFC.

Lalu keunggulan yang ditonjolkan lainnya adalah dukungan fast charging 22,5 watt. Hal ini cukup penting, mengingat kapasitas baterai Honor 10X Lite yang cukup besar di 5,000 mAh. Melalui port USB-C, mengisi daya hingga 46% hanya butuh waktu 30 menit saja. Honor juga masih sediakan jack audio 3,5mm untuk penggunaan earphone kabel universal.

Juga Menjalankan Huawei Mobile Services

Honor 10X Lite

Dan sama seperti smartphone Huawei maupun Honor baru lainnya, Honor 10X Lite bakal absen dari penggunaan Google Mobile Services. Alias menjalankan Magic UI 3.1 berbasis Huawei Mobile Services (HMS), dengan toko aplikasi AppGallery dan ragam aplikasi lain untuk gantikan milik Google.

Honor 10X Lite hadir dalam tiga opsi warna, yaitu Icelandic Frost, Midnight Black serta Emerald Green. Sudah tersedia di Arab Saudi, harganya dibanderol SAR 799 (Rp3,1 jutaan). Ke depannya, smartphone menengah Honor ini juga bakal hadir di Rusia, menyusul beberapa wilayah Eropa lainnya.