Honor Tablet X7, Tablet 8 Inci Khusus Edukasi Anak Harga Rp2 Jutaan

Akhir pekan lalu (7/5), merek perusahaan yang dulunya hadir sebagai sub-brand merek daring dari Huawei, Honor baru saja mengadakan konferensi pers secara daring untuk merilis produk terbarunya. Bukan smartphone, melainkan tablet yang difokuskan untuk keperluan edukasi. Yaitu Honor Tablet X7 yang hadir dengan harga terjangkau.

Kebutuhan akan perangkat jenis satu ini kian meningkat semasa pandemi, ketika metode pembelajaran anak dilakukan dari jarak jauh alias school from home (SFH). Kalau layar smartphone kekecilan dan laptop agak merepotkan, tablet menjadi solusi yang paling praktis. Tablet layar besar banyak dicari, karena bisa dimanfaatkan pula sebagai media hiburan.

Honor Tablet X7 hadir dengan desain yang lebih kompak, unggulkan portabilitas. Tak seperti kebanyakan tablet terjangkau yang punya bezel tebal di keempat sisi, bezel kiri dan kanan tablet 8 inci yang satu ini punya ketebalan hanya 4,9mm saja, tergolong ramping. Begitu pula dengan bobotnya yang hanya 325 gram, tak sampai 500 gram.

Baca juga: Honor Play 20 Gunakan Chipset Unisoc, Punya Desain Mirip iPhone 12

Spesifikasi Honor Tablet X7

Honor Tablet X7

Bobotnya yang ringan serta desain ramping ditujukan agar tablet ini tetap nyaman digunakan untuk anak, target konsumen utama dari Honor Tablet X7. Di sisi depan, terdapat sebuah layar yang cukup besar berdimensi 8 inci, sudah gunakan panel IPS beresolusi 800p. Berkat bezel tipis, konten yang tertampil bakal terlihat lebih imersif.

Hadir dalam edisi khusus anak, Honor berikan sejumlah aplikasi khusus yang dirancang untuk keperluan edukasi. Terdapat sebuah aplikasi ‘education center’ di mana sang anak bisa akses beragam keperluan edukasi yang dibutuhkan. Namun sepertinya aplikasi tersebut hanya dirancang untuk penggunaan di China saja.

Menjalankan Android 10 dengan Magic UI, tak ada informasi apakah tablet anak satu ini bakal mendapat pembaruan ke Android 11 atau tidak. Seharusnya, Honor kini sudah bebas untuk kembali menggunakan layanan Google dalam produk seperti smartphone maupun tablet Android-nya, karena sudah seutuhnya terpisah dengan Huawei. Namun mengingat Honor Tablet X7 rilis di China, hal tersebut tidak terlalu dibutuhkan.

Honor Tablet X7

Selain untuk edukasi anak, tablet 8 inci dari Honor satu ini juga dilengkapi dengan mode E-Book khusus, agar lebih nyaman digunakan sebagai perangkat membaca buku digital. Prosesornya sendiri menggunakan MediaTek Helio P22T yang lebih fokus akan efisiensi daya. Dipadukan dengan RAM 3GB dan penyimpanan internal 32GB.

Bila dirasa terlalu cekak, terdapat slot kartu microSD untuk menambahkan kapasitas hingga 512GB. Lalu untuk kameranya sendiri, resolusinya cukup modis; 2MP disematkan di depan, dan sensor 5MP di belakang yang mendukung autofocus tanpa adanya bantuan lampu kilat.

Sementara meski bobotnya ringan dengan layar 8 inci, untuk ukuran tablet kecil terjangkau, Honor Tablet X7 punya kapasitas baterai cukup besar di 5,100 mAh. Sayangnya, port pengisian daya masih gunakan interface microUSB, dengan dukungan arus hanya 10W saja tanpa fast charging.

Harga Honor Tablet X7

Honor Tablet X7

Dijual di negara asalnya, Honor Tablet X7 tersedia dalam tiga varian yang berbeda. Dimulai dari varian yang termurah yaitu Wi-Fi only sehaarga CNY899 (Rp1,9 jutaan), lalu ada juga versi khusus anak di CNY999 (Rp2,2 jutaan). Versi tersebut hadir dengan case silikon khusus plus stylus dengan warna sama.

Sementara varian termahalnya mendukung jaringan 4G, dibanderol seharga CNY1,199 atau sekitar Rp2,6 jutaan. Belum ada informasi terkait ketersediaannya di luar China.

Tinggalkan komen