alexa

Honor Play 20 Gunakan Chipset Unisoc, Punya Desain Mirip iPhone 12

Setelah lepas kepemilikan dari Huawei, brand smartphone serta AIoT Honor kini tetap rajin untuk merilis perangkat baru. Kabarnya, pasca berdiri sendiri, Honor berhak merilis smartphone dengan layanan Google. Namun dari perangkat-perangkat barunya, termasuk Honor Play 20 yang satu ini, masih belum dapat ditemukan adanya GMS.

Pasalnya, Honor lebih sering merilis smartphone dari berbagai segmen khusus untuk pasar negara asalnya, yaitu China. Di sana, keberadaan layanan Google tak terlalu diutamakan, karena masyarakat lebih banyak mengakses aplikasi dari sumber lain. Lebih difokuskan pada fitur-fitur esensial lainnya.

Honor Play 20 sendiri hadir sebagai smartphone termurah Huawei di awal semester 2021 ini. Bila dilihat dari desainnya, ada yang menarik pada beberapa foto yang bisa ditemukan pada situs resminya. Kalau desain bingkai kamera kotak dengan sensor kamera bersebelahan, mungkin sudah biasa ya. Sebuah tren yang sudah banyak diikuti produsen lain.

Namun yang menarik, bila ditilik lebih dekat, Honor Play 20 punya bingkai atau bodi samping yang dibuat dengan sudut tajam, alias rata. Otomatis mengingatkan kami terhadap desain dari bodi samping iPhone 12 series yang juga serupa. Meski opsi warnanya berbeda, di mana selain warna hitam dan putih, terdapat dua opsi lain yang hadir berikan efek gradasi menarik.

Baca juga: Honor V40 5G, Flagship Pertama Pascapisah dari Huawei

Spesifikasi Honor Play 20

Honor Play 20

Honor Play 20 dipersenjatai dengan layar lebar 6,5 inci, gunakan rasio 20:9. Resolusinya memang masih HD+, dan desain notch pada kamera depannya juga sedikit tertinggal. Namun layar tersebut sudah tersertifikasi oleh TUV Rheinland, sehingga bakal aman meski dipandang berlama-lama.

Di dalam notch pada layar depannya, disematkan sebuah kamera 5MP untuk keperluan swafoto. Sementara di belakang, sensornya bukan empat. Melainkan hanya dua karena dua lainnya hanyalah lampu kilat dan logo AI saja. Sensor utamanya 12MP, ditemani dengan sensor 2MP untuk hasilkan efek bokeh maupun potret.

Honor Play 20

Walaupun merupakan smartphone baru, sayangnya tak diimbangi dengan cip yang baru pula. Yang diusung adalah cip Unisoc T610 octa-core, di mana ini merupakan versi lawas dari Unisoc T700 yang ada pada Moto G20. Meski setidaknya sudah melalui proses fabrikasi 12nm agar lebih hemat daya.

Meski chipset-nya agak kentang, pilihan kapasitas RAM-nya cukup lega hingga 8GB. Sementara penyimpanan internalnya 128GB, masih bisa diekspansi lewat kartu microSD hingga 512GB. Kapasitas baterainya juga tak kalah besar, mencapai 5,000 mAh.

Jalankan Magic UI, Harga Honor Play 20 Mulai Rp2 Jutaan

Honor Play 20

Sayangnya tak diimbangi dengan hadirnya dukungan fast charging, alias hanya bisa dalam arus 10 watt saja menggunakan port USB-C. Sistem operasinya juga bukan yang terbaru, yaitu Android 10 dengan tampilan antarmuka Magic UI 4.0.

Saat ini, Honor Play 20 sudah bisa dibeli di China dalam empat warna berbeda; hitam, putih, biru dan gradasi silver serta pink. Harganya mulai dari CNY899 atau Rp2 jutaan untuk varian paling murah, dengan harga varian terbaiknya mencapai CNY1,399 (Rp3,1 jutaan).

Tinggalkan komen