Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Honor V40 5G, Flagship Pertama Pascapisah dari Huawei

0 5.966

Sekitar akhir tahun lalu, Huawei akhirnya melepas sub-brand yang awalnya fokus hadirkan smartphone terjangkau secara daring, yaitu Honor. Diakuisisi oleh sebuah konsorsium, hal tersebut dilakukan untuk menyelamatkan kedua pihak. Kini, Honor baru saja rilis smartphone flagship pertamanya, Honor V40 di negara asalnya.

Hadir secara eksklusif di China, Honor V40 5G adalah smartphone pertama yang ditelurkan oleh Honor pascalepas dari Huawei. Konsumen pun penasaran dengan seberapa bedanya produk dari Honor saat sudah berdiri sendiri. Terutama dari rumor yang bermunculan dalam beberapa hari belakangan, mengatakan bila produk Honor nantinya bakal dilengkapi dengan Google Play Services.

Hal tersebut memang sangat mungkin terjadi, karena Honor sudah tidak tersangkut dengan Huawei sama sekali. Dan jika memang benar, ini bakal menjadi senjata Honor untuk masuk ke pasar Amerika Serikat serta negara lainnya dengan mudah. Konsumen tak perlu lagi “berkorban” untuk menggunakan ekosistem Huawei, walaupun sudah jauh bertumbuh pesat.
Baca juga: Resmi, Honor Bakal Lepas dari Kepemilikan Huawei

Spesifikasi Honor V40, Punya Kamera 50MP

Honor V40

Lalu bagaimana dengan spesifikasi yang ditawarkan oleh Honor V40? Bodi depan dan belakangnya sama-sama terbuat dari kaca, di mana Honor berikan lapisan anti-fingeprint pada bodi belakang. Layar depannya cukup luas di 6,72 inci, gunakan panel 3D OLED dan sudah mendukung refresh rate 120Hz, plus touch sampling rate 300Hz.

Resolusinya sendiri full HD+, dan Honor berikan dua sensor berbentuk punch-hole di bagian atas kiri. Selain sensor 16MP, di sebelahnya terdapat 3D ToF sensor untuk akurasi efek bokeh tinggi. Sementara di belakang, disiapkan tiga sensor kamera utama yang punya spesifikasi cukup prima.

Sensor utamanya beresolusi 50MP, dengan dimensi fisik sensor cukup besar 1/1,56 inci dan filter berjenis RYYB (Red-Yellow-Yellow-Blue). Filter jenis tersebut mungkinkan penangkapan cahaya lebih maksimal, terutama dalam kondisi kurang cahaya. Sementara dua sensor lainnya adalah ultra-wide 8MP dan macro 2MP.

Honor berikan beberapa fitur kamera menarik seperti AI RAW super portrait engine, mode malam hand-held, 4K HDR timelapse sampai perekaman video super slow motion 1920fps. Semuanya dimungkinkan dengan chipset terbaik MediaTek di tahun 2020, yaitu Dimensity 1000+. Dengan RAM 8GB LPDDR4x dan penyimpanan internal 128/256GB berjenis UFS 2.1.

Sayangnya, Honor V40 belum dilengkapi dengan Google Play Services. Menjalankan Maguic UI 4.0 berbasis Android 11, smartphone ini hadir dengan Huawei App Gallery untuk mengunduh aplikasi. Namun situasi ini kelak bisa berubah, ketika smartphone ini rilis secara global. Diduga, namanya bakal berubah menjadi Honor V40 View.

Teknologi pengisian dayanya pun masih gunakan milik Huawei, mendukung 66W fast charging dan 50W wireless charging. Kapasitas baterai 4,200 mAh yang dibawa Honor V40 dapat terisi penuh dalam 35 menit saja. Dan untuk kemampuan gaming, disematkan dual linear motor serta dukungan akselerator GPU Turbo X dan Hunter Boost.

Harga Honor V40 di China

Honor V40

Smartphone ini hadir dalam tiga opsi warna; Magic Night Black, Titanium Silver dan Rose Gold. Harga Honor V40 sendiri mulai CNY3,599 untuk memori 128GB, dan CNY3,999 untuk kapasitas 256GB. Sudah dapat dibeli bagi konsumen di China.

Bila sesuai dengan rumor, varian global dari Honor V40 bakal rilis pada kuartal kedua mendatang. Hadir tanpa Huawei App Gallery dan digantikan dengan layanan milik Google, yang sudah dinanti-nanti oleh konsumen. Kita nantikan saja kebenarannya ya.