Huawei Developer Day 2021 Tarik Minat Pengembang Aplikasi Lokal

Jakarta, Gizmologi – Sebagai salah satu perusahaan teknologi terkemuka dunia, Huawei memiliki visi untuk ciptakan ekosistem yang luas dan lengkap melalui serangkaian jenis perangkat yang saling terhubung. Tentunya juga perlu diimbangi dengan software atau perangkat lunak mumpuni. Maka dari itu, Huawei Developer Day 2021 kembali diadakan pada tahun ini.

Huawei Developer Day 2021 adalah sebuah platform rancangan Huawei demi komunikasi yang lebih mendalam dengan para pengembang (developer). Hadir sebagai wadah untuk tingkatkan kemampuan, juga untuk berikan pelayanan dan mendekatkan mereka dengan tren industri terbaru. Lewat acara tersebut, juga diberikan pembaruan informasi terkait pengembangan di dalam ekosistem Huawei.

Terutama bagaimana perkembangan di Indonesia yang diselaraskan dengan HarmonyOS, sistem operasi terbaru yang bakal diimplementasikan pada seluruh perangkat Huawei. Selain itu, pengembang juga bisa merancang aplikasinya agar majukan gaya hidup cerdas pengguna perangkat.

Baca juga: Pre-order Huawei MateBook D14 Reborn Dimulai, Dapat Potongan Harga Rp2 Juta

Sudah Tersedia 141 Ribu Aplikasi di AppGallery

HUAWEI Developer Day 2021 (1)

Dalam sebuah acara virtual yang diadakan secara daring (10/9), Patrick Ru, Country Head Huawei CBG Indonesia mengatakan, “Sebagai brand yang terus berusaha memberikan terobosan terbaru, Huawei telah melangkah untuk berperan dalam memberdayakan developer dan memfasilitasi mereka dengan kemampuan yang diperlukan dalam membangun ekosistem yang cerdas.”

Lewat acara Huawei Developer Day 2021, topik pembahasan berpusah pada ekosistem HarmonyOS serta Huawei Mobile Services (HMS). Saat ini, ekosistem HMS sendiri menduduki peringkat ke-3 di dunia, dengan lebih dari 550 juta pengguna aktif, 4,5 juta pengembang terdaftar, serta lebih dari 141 ribu aplikasi yang sudah terintegrasi di dalamnya.

Huawei paparkan HMS Core 6.0 yang didukung oleh HarmonyOS2, memiliki kapabilitas terbuka yang mendukung pengembang untuk hasilkan pengembangan efisien, cepat serta monetisasi yang fleksibel. Ada 7 lingkup domain utama yang ditawarkan, beberapa di antaranya seperti 3D Modelling, AV Pipeline, Audio Editor, Video Editor serta 5G Modern.

Pada Huawei Developer Day 2021, juga diberikan informasi terbaru mengenai Huawei AppGallery, tempat pengguna perangkat Huawei dapat menemukan aplikasi dari pengembang. Sebagai aplikasi terbesar ketiga global, hingga kuartal kedua 2021, AppGallery sudah meraih 550 juta pengguna aktif bulanan.

Beberapa Aplikasi Lokal Raih Jumlah Unduhan Tinggi

HUAWEI Developer Day 2021 (1)

Saat ini, pihak Huawei mengajak para pengembang lokal untuk berkolaborasi dengan beberapa sistem seperti peramban, Petal Search, Petal Map serta asisten bawaan perangkatnya. Beberapa partner seperti BCA, Vidio dan Bluebird juga ikutan berbagi pengalaman di Huawei Developer Day 2021.

Aplikasi BCA Mobile sendiri telah hadir di AppGallery sejak Februari 2020, dan mengadopsi HMS Kit satu bulan setelahnya. Hingga Desember tahun lalu, jumlah pemasangannya sudah mencapai 1 juta unduhan. Menunjukkan kapabilitas HMD untuk mendapatkan audiens yang luas.

Sementara untuk aplikasi Vidio, telah mengalami peningkatan 1,8 juta tayangan setiap bulanya di AppGallery. Jumlah rata-rata pengunduhan setiap bulan naik 30 kali, sementara tingkat konversi juga meningkat hingga 969%. Ke depannya, Huawei bakal jalin kampanye terintegrasi, termasuk pada Huawei Vision (Smart TV) yang dikabarkan akan meluncur resmi.

“Melalui inisiatif ini, kami berharap dapat menciptakan dunia yang sepenuhnya terhubung dan cerdas bagi pelanggan kami di Indonesia, di mana mereka dapat menikmati efisiensi dan kenyamanan yang dibawa oleh kehidupan AI yang mulus,” tutup Patrick.

Tinggalkan komen