Huawei Mobile Services Gelar Kompetisi Aplikasi AppsUP 2021 Asia Pasifik

Kegunaan fungsi smartphone dalam penuhi kebutuhan sehari-hari tak lepas dari ketersediaan aplikasi di dalamnya. Beragam aplikasi kita akses berkali-kali sepanjang hari, untuk beragam kebutuhan seperti komunikasi maupun bekerja. Untuk hadirkan aplikasi inovatif, Huawei Mobile Services (HMS) kembali gelar AppsUP 2021, sebuah kompetisi tahunan berskala global.

Dengan semakin banyaknya pengembang atau developer aplikasi dalam rentang umur berbeda-beda, masing-masing dari mereka memiliki potensi hebat untuk kembangkan sebuah aplikasi yang bermanfaat bagi masyarakat. Untuk itu, kompetisi sejenis AppsUP 2021 diadakan, demi mengasah bakat dan keahlian mereka. sekaligus merebutkan hadiah total senilai USD200 ribu.

Hadiah tersebut tersedia untuk para pengembang aplikasi di level Asia Pasifik. Sementara tujuan dari kompetisi ini untuk menginspirasi dan membantu pihak pengembang aplikasi untuk gunakan dan integrasikan HMS Core Kits dalam pembuatan aplikasinya. Selain Asia Pasifik, juga diadakan di Eropa, Amerika Latin, Tiongkok Daratan, Timur Tengah dan Afrika.

Baca juga: Pada 2022 Seluruh Perangkat Huawei Sudah Gunakan Harmony OS

Cara Huawei Ajak Para Pengembang Tingkatkan Ekosistem HMS

Huawei AppsUP 2021

Catherine Chen, Senior VP & Member of the Board, Huawei turut hadir dalam acara pembukaan Huawei AppsUP 2021, menyampaikan pidato pembuka serta berbagi studi kasus demi mendorong lebih banyak pengembang dalam mengejar impiannya. Termasuk berbicara tentang program Huawei Women Developers, supaya semua memiliki kesempatan yang sama untuk berekspresi dan tunjukkan eksistensi sesuai kemampuan.

“Di beberapa kesempatan, saya telah menyampaikan bahwa kita telah memasuki dunia yang cerdas dan hidup di masa yang penuh dengan aplikasi. Aplikasi telah membuat hidup dan pekerjaan lebih mudah dari sebelumnya, dan ini adalah berkat kerja keras dan kontribusi dari puluhan ribu pengembang,” tambah Catherine dalam sebuah rilis yang diterima Gizmologi (14/6).

Ia menambahkan, pihaknya sebagai platform selalu memikirkan akan bagaimana cara menyederhanakan pekerjaan para pengembang, cara mereka dapat membantu pengembang dan mungkinkan lebih banyak dari mereka untuk berinovasi  Pertanyaan tersebut dijawab melalui ekosistem HMS, yang menjadi pembahasan dalam acara AppsUP 2021 ini.

Sudah Banyak Pengembang yang Terdaftar di HMS

Huawei AppGallery

Saat ini, Huawei AppGallery (toko aplikasi yang tersedia di seluruh perangkat Huawei terbaru) sudah tersedia di lebih dari 170 negara dan wilayah. “Melalui jaringan yang luas ini, kami ingin setiap aplikasi dan layanan inovatif dapat menjangkau dan memberi manfaat kepada setiap pengguna perangkat di seluruh penjuru dunia,” jelas Catherine.

Ekosistem HMS juga berhasil menempati posisi ketiga sebagai ekosistem aplikasi seluler terbesar di dunia. Sementara sejak akhir Desember 2020, lebih dari 4 juta pengembang sudah terdaftar di HMS. Lebih dari 134 ribu aplikasi di antaranya sudah terhubung ke HMS Core.

“Di Huawei, kami ingin membangun masyarakat digital yang sangat inklusif dan menyediakan akses teknologi bagi semua pihak,” terang Shane Shan, Director, APAC Huawei Consumer Cloud Service. Jumlah aktegori penghargaan pada AppsUP 2021 ditambah dua kali lipat, dipersembahkan untuk para pengembang dari kalangan pelajar, perempuan dan pemula yang baru gunakan ekosistem perangkat seluler HMS.

Ragam Benefit Kompetisi Aplikasi AppsUP 2021

Shane Shan - Huawei AppsUP 2021

Tentunya, bukan hanya nilai hadiah uang tunainya saja yang menggiurkan. Peserta AppsUP 2021 juga bisa mendapat akses cepat untuk manfaatkan ekosistem perangkat Huawei. Ketika aplikasi mereka diluncurkan di Huawei AppGallery, maka bakal langsung tersedia ke lebih dari 730 juta pengguna smartphone Huawei di seluruh dunia.

Tak hanya itu, para finalis juga nantinya bisa menerima fasilitas promosi media global dan aktivitas pemasaran dari Huawei. selain memperoleh beragam jenis dukungan teknis, termasuk lokakarya yang dibimbing para ahli dari tim Huawei maupun juri kompetisi.

Terbuka untuk seluruh pengembang dan pemilik aplikasi seluler, AppsUP 2021 bisa diikuti baik oleh kalangan pelajar, profesional, usaha rintisan atau perusahaan. Persyaratannya adalah harus berbasis di Asia Pasifik, dan telah mendaftarkan aplikasi yang terintegrasi dengan sedikitnya satu HMS Core Kit.

Kamu dapat mengikuti kompetisi ini secara perorangan maupun satu tim beranggotakan tiga orang. Dibuka hingga 20 Agustus 2021, informasi lebih lanjut dapat diakses pada tautan berikut ini.

Tinggalkan komen