alexa
Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Pada 2022 Seluruh Perangkat Huawei Sudah Gunakan Harmony OS

Ketika terjadi perselisihan antara Amerika Serikat dan Tiongkok pada 2019, Huawei sebagai brand Tiongkok harus meninggalkan Android milik Google sebagai basis sistem operasi perangkatnya. Dengan beralih ke EMUI, yang sebenarnya masih berakar ke Android juga. Sampai akhirnya kini Huawei bersiap hijrah ke sistem baru bernama Harmony OS. Sebuah sistem operasi yang sepenuhnya dikembangkan oleh pabrikan Tiongkok tersebut.
Huawei akan memberikan upgrade untuk 100 lebih tipe perangkat mereka dari sistem EMUI yang saat ini masih digunakan. Perangkat tersebut akan dominan diisi daftar dari smartphone dan tablet di rilisan masa lalu. Beberapa bahkan termasuk rilisan lama, seperti Mate 9 ( rilis 2016) dan P10 (2017). Huawei berkomitmen memberi upgrade untuk dua perangkat tersebut beserta perangkat lain yang bisa dibilang ‘usang’ di pasaran.

Rencananya seluruh perangkat aktif milik Huawei akan selesai mendapat upgrade pada pertengahan tahun 2022 mendatang. Sehingga Huawei tidak akan memberikan update EMUI lagi untuk perangkat yang beralih ke Harmony OS. Meskipun begitu, Huawei belum memberikan keterangan resmi mengenai mekanisme upgrade sistem operasi ini. Apakah akan langsung berlaku secara global atau dimulai dari negeri Tiongkok terlebih dahulu. Atau bahkan terbatas di negara tersebut.

Baca juga: Huawei Akan Hadirkan Tablet Khusus Anak-anak: MatePad T10 Kids Edition

Harmony OS Akan Bentuk Ekosistem Huawei

harmony os
Huawei Watch 3 yang rilis awal Juni ini, sudah menggunakan sistem Harmony OS di dalamnya.
Harmony OS sendiri telah dikembangkan oleh Huawei sejak tahun 2019 lalu saat masih menggunakan nama Hongmeng. Richard Yu, CEO Consumer Business Group Huawei, menjanjikan bahwa sistem operasi tersebut memilik kemampuan integrasi cross-device. Mulai dari TV, smartphone, smartglasses, sampai wearable device dapat terhubung menjadi satu.
Membentuk ekosistem perangkat seperti itu memang dibutuhkan di tengah perkembangan konsep Internet of Things saat ini. Dimana seluruh perangkat saling tersinkronisasi satu sama lain. Yang baik dari sisi marketing, sebab konsumen diarahkan untuk menggunakan satu brand yang sama untuk seluruh perangkat teknologi mereka. Huawei pun cukup pede dengan Harmony OS meski nantinya tidak dilengkapi dengan aplikasi yang dikembangkan Google seperti weather, calendar, dan layanan Google lainnya. Akan menjadi tantangan untuk mereka agar implementasi dan adaptasi pasar berjalan dengan baik.
Beberapa perangkat Huawei yang telah menggunakan Harmony OS antara lain  Watch 3, Watch 3 Pro dan MatePad Pro. Serta beberapa seri smartphone flagship terbaru yang akan segera meluncur, dan nantinya akan langsung mendapatkan versi update Harmony OS 2.0. Hadirnya Harmony OS juga dapat menjadi momentum kebangkitan bagi Huawei menghadapi kekuatan perangkat berbasis Android dan iOS di seluruh dunia.
Tinggalkan komen