Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Huawei IdeaHub dan Cloud Meeting Permudah Rapat Virtual

0 598

Tren bekerja secara remote atau remote working semakin banyak dijalankan oleh banyak organisasi maupun perusahaan. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah persebaran virus Covid-19, supaya lebih aman. Sehingga kegiatan seperti rapat lebih sering dilakukan secara virtual, dari kantor atau kota masing-masing, tak lagi berkumpul dalam satu tempat.

Dengan begitu, setiap kantor atau perusahaan memerlukan sebuah perangkat yang memadai untuk melakukan rapat virtual. Diperkenalkan sejak Juni kemarin, Huawei Indonesia perkenalkan produk canggih mereka, yaitu Huawei IdeaHub. Sebuah endpoint cerdas yang dapat mendukung beragam skenario yang dibutuhkan oleh perusahaan, hadirkan banyak fungsi dalam sebuah perangkat.

Diperkenalkan secara virtual kepada media pada Selasa (8/12), Jason Zhang, President of Huawei Indonesia Cloud & AI Business Group, perkenalkan produk terbarunya ini bersama dengan layanan Huawei Cloud Meeting. Menurutnya, kedua produk tersebut hadir untuk berikan platform meeting ang sesungguhnya, dengan teknologi canggih yang mampu ditawarkan oleh Huawei.
Baca juga: Huawei IdeaHub, Perangkat Kantor Cerdas yang Mendukung Skenario Kolaborasi Jarak Jauh

Huawei IdeaHub Permudah Proses Rapat Virtual

Huawei IdeaHub

Dalam acara tersebut, ditampilkan video singkat mengenai kemampuan perangkat Huawei IdeaHub apabila dibandingkan dengan alat rapat konvensional sebelumnya. Ditambahkan oleh Galuh Purnama, Product Manager, Huawei Cloud & AI Business Group, Huawei IdeaHub memangkas keperluan akan beragam perangkat yang diperlukan dalam sebuah ruang rapat.

Kalau biasanya memerlukan beragam perangkat seperti monitor, kamera, proyektor dan kabel seperti HDMI, Huawei IdeaHub menggabungkan semuanya ke dalam sebuah perangkat ringkas. Sudah termasuk dengan mikrofon, speaker dan lainnya, karyawan tak perlu ragi kerepotan untuk memulai sebuah sesi rapat. Fiturnya pun juga tak kalah lengkap nan canggih.

Saat melakukan panggilan video, Huawei IdeaHub otomatis mendeteksi sumber suara yang ada dalam satu ruangan. Dengan kegitu, kamera akan secara langsung memperbesar peserta rapat yang sedang berbicara. Pengguna juga tak perlu khawatir akan adanya noise mengganggu, karena sudah ada fitur noise reduction otomatis.

Layarnya sendiri sudah mendukung input sentuh dengan tingkat presisi sampai 1mm. Bila kedua pihak melakukan rapat dengan Huawei IdeaHub, mereka dapat berkolaborasi dalam satu “kanvas virtual” yang ada di layar, cocok ketika sedang merancang gambar tertentu atau lainnya. Untuk ilustrasikan kualitas input sentuhnya, Huawei sampai demokan penggunaan virtual piano yang berjalan dengan baik.

Kompatibel dengan Beragam Aplikasi Pihak Ketiga

Huawei IdeaHub

Dirancang untuk komunikasi yang kolaboratif, Huawei IdeaHub bisa digunakan bersama dengan aplikasi pihak ketiga seperti Microsoft Teams sampai Zoom. Di dalamnya, terdapat toko aplikasi App Gallery untuk menambahkan aplikasi lainnya ke dalam perangkat.

Untuk ketersediaannya sendiri, Huaweu Indonesia membawa tiga varian lengkap, mulai dari Huawei IdeaHub S, IdeaHub Pro dan IdeaHub Enterprise. Ketiganya punya spesifikasi yang sedikit berbeda, meski fungsi utamanya sama.

Selama masa promosi yang berlangsung lama hingga 31 Juni 2021 mendatang, Huawei berikan bonus berlangganan Huawei Cloud Meeting selama satu tahun, tiap pembelian perangkat Huawei IdeaHub S atau Pro. Sementara untuk pelanggan baru Huawei Cloud Meetings di wilayah Asia Pasifik, dapat mengklaim kupon bernilai USD100 pada tautan yang sama di atas.