Huawei LEQI, Skuter Elektrik Berbasis HarmonyOS

Shenzen, Gizmologi – Huawei terus mendorong lini produk mereka dengan meluncurkan skuter elektrik bertajuk LEQI smart electric scooter pada Kamis (11/11) lalu. LEQI akan mendapatkan dukungan dari perangkat lunak HarmonyOS sekaligus menambah deretan produk dalam ekosistem Huawei. Menambah daftar produk yang mengaplikasi sistem tersebut setelah smartphone, smartwatch, serta smart TV.

Dengan sesama HarmonyOS, Huawei LEQI membutuhkan bluetooth pada smartphone untuk mengaktifkan fitur unlock pada kemudi yang sudah dilengkapi display digital dan lampu LED. Pada sektor permesinan, Huawei menggunakan model brushelss motor untuk menghasilkan tenaga dorong hingga 25 km per jam. Sementara baterai berukuran 10.4Ah lithium, mampu memberi daya elektrik mencapai angka 350 watt hingga 630 watt pada tingkat toleransi kemiringan permukaan jalan berkisar 15%. Daya tahan baterainya snediri mampu digunakan sejauh 40 km.

Huawei LEQI juga dijejali dengan fitur gyroscope di dalamnya. Skuter ini juga sudah dibekali beberapa fitur seperti pendeteksi kemiringan, anti-flying, dan deteksi kecepatan sesuai regulasi yang berlaku. Sehingga penggunaan dapat terpantau dalam batas ideal. Apabila pengguna berinisiatif untuk melewati batas wajar dari sistem maka secara otomatis mesin pada skuter akan mati.

Baca juga: Huawei Seeds for the Future 2021, Cari Talenta Digital Berbakat Indonesia

Daya Tahan Huawei LEQI  

Huawei LEQI

Tampilan yang futuristik nan mungil dari Huawei LEQI mungkin membuat orang tidak menyangka bahwa skuter elektrik ini mampu menahan berat hingga 2 ton. Itu dapat dicapai berkat kualitas frame yang mengintegrasikan teknologi alumunium berkualitas dengan standar otomotif terkini. Membuat skuter ini memiliki potensi untuk menjadi alat angkut barang yang ergonomis.

Huawei LEQI di Tiongkok dibanderol seharga 2399 yuan atau sekitar US$375. Jika dibulatkan dalam kurs rupiah sekitar Rp 5 juta. Jika nantinya dijual di Indonesia dengan kisaran harga serupa, rasanya itu cukup sesuai dengan teknologi dan fitur yang dimiliki.

Skuter Huawei LEQI dapat menjadi pesaing serius untuk produk lain yang lebih dulu hadir. Seperti dari Ducati Pro-III maupun Xiamoi Mijia yang memiliki model cukup mirip LEQI.

Tinggalkan komen