Acer Swift X, Laptop Tipis & Ringan dengan GPU NVIDIA RTX 3050

Dari beragam lini seri yang diluncurkan oleh Acer, seri Swift ditargetkan bagi mereka yang inginkan sebuah laptop ringan dan tipis, alias punya portabilitas tinggi. Dalam gelaran “Next @ Acer” yang diadakan beberapa waktu, Acer Swift X diperkenalkan secara resmi ke publik. Bawa sebuah fitur kunci yang sangat menarik,

Umumnya, laptop tipis dan ringan tidak diimbangi dengan performa yang tinggi, terutama komputasi grafisnya. Namun Acer berhasil menyematkan sebuah kartu grafis yang tak main-main, yaitu NVIDIA GeForce seri RTX. Sehingga sangat cocok untuk para kreator konten professional, hingga pekerja lain seperti pebisnis atau streamer.

Kemampuan tersebut membuat seri laptop premium terbaru Acer satu ini punya daya tarik tersendiri. Tak seperti laptop gaming, konsumen bisa memiliki laptop yang tetap stylish. James Lin, General Manager untuk perangkat notebook, IT Products Business, Acer Inc. menyebutkan bila para profesional kini membutuhkan perangkat yang tampak bersih, ringan dibawa sepanjang hari, namun kuat untuk jalankan beragam program yang butuh daya tinggi.

Bila dibandingkan dengan seri Swift lainnya, Acer Swift X memang sedikit lebih berat di 1,39 kilogram, memiliki profil yang masih cukup tipis di 17,9mm. Melebihi seri lain seperti Acer Swift 5, namun lagi-lagi, laptop ini dilengkapi dengan discrete GPU.

Baca juga: Review Acer Swift 5 Antimicrobial: Laptop Tipis Bertenaga Bebas Bakteri

Acer Swift X Punya Layar dengan Akurasi Warna Tinggi

Acer Swift X

Supaya bisa tampil lebih personal nan tidak kaku, Acer sediakan tiga opsi warna; dua di antaranya memiliki warna cerah. Di balik panel berwarnanya, terdapat sebuah layar 14 inci beresolusi full HD+. Gunakan panel IPS dengan bezel tipis, memiliki rasio layar ke bodi mencapai 85,7%.

Memiliki kecerahan maksimum hingga 300 nits, Acer Swift X bakal cukup nyaman digunakan di luar ruangan. Sementara akurasi warna standar 100% sRGB cocok bagi para fotografer maupun editor video profesional. Agar durable, Acer gunakan material sasis yang terbuat dari metal. Sensor sidik jari tak lupa disematkan di bagian bawah keyboard.

Acer Swift X

Tak gunakan cip dari Intel, Acer Swift X ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen terbaru, yaitu Ryzen 5000 series. Varian paling tingginya menggunakan seri Ryzen 7 5800U, dengan kapasitas RAM maksimal 16GB. Sementara untuk manajemen penyimpanannya, laptop tipis Acer satu ini mampu dipasangkan dengan SSD berkapasitas 2TB.

Dipasangkan dengan kartu grafis NVIDIA RTX 3050 Ti, selain performa yang tinggi, sistem pendinginan juga sangat penting terutama pada sebuah laptop yang tipis. Disematkan sebuah kipas dengan 59 bilah kipas setebal 0,3mm, lalu ditambahkan sepasang pipa penyalur panas dengan bahan perunggu D6, untuk optimalkan efisiensi suhu panas.

Daya Tahan Baterai Acer Swift X Sangat Awet

Acer Swift X

Untuk membantu kipasnya, keyboard-nya juga dirancang untuk melepaskan suhu panas dari dalam bodi hingga 10%. Acer juga berikan baterai berkapasitas cukup besar, 59 watt, dan bisa diisi daya secara cepat. Klaim dari Acer sendiri, Acer Swift X bisa digunakan hingga 17 jam penggunaan. Tentunya sangat bergantung dari aplikasi yang diakses ya.

Kelengkapan port-nya masih mirip seperti seri Swift lainnya. Sebut saja sebuah port USB-C yang juga mendukung fast charging, port USB-A hingga jack audio 3,5mm. Dan pada sektor software, Acer berikan teknologi khusus untuk mengurangi noise dalam panggilan video, serta BlueLightShield untuk mengurangi rasa lelah mata ketika memandang layar terlalu lama.

Acer Swift X bakal dijual pertama kali untuk wilayah Amerika Utara pada bulan Juni 2021, menyusul wilayah EMEA dan China pada kuartal ketiga. Harga yang dipatok mulai dari RMB6,499, atau bila dikonversikan menjadi Rp14,5 jutaan.

Tinggalkan komen