Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Huawei nova 8 Series Hadir dengan Kirin 985 5G & 66W Fast Charging

0 5.790

Setelah hadirkan flagship Mate40, Huawei kali ini memperbarui lini seri terjangkaunya yang tak kalah menarik bagi penggemar teknologi. Meluncur di China, raksasa teknologi yang masih diblokir Amerika tersebut perkenalkan seri Huawei nova 8. Ada dua produk di seri ini yaitu Huawei nova 8 dan nova 8 Pro yang membawa peningkatan performa serta pengisian daya kencang.

Berbeda dari seri nova 7 yang sudah hadir resmi di Indonesia, Huawei nova 8 series membawa desain kamera belakang yang cukup unik. Smartphone ini hadir dalam rentang enam bulan dari generasi sebelumnya, mengikuti jejak beberapa produsen lainnya. Dan sama seperti smartphone Huawei lainnya, hadir tanpa layanan Google di sisi software-nya.

Dari segi desain, Huawei nova 8 series terlihat jauh lebih premium. Desain bodi kaca depan dan belakangnya dibuat sedikit melengkung di kedua sisi kiri dan kanannya, sementara opsi warnanya cukup banyak, dengan beragam warna yang berubah-ubah sesuai tangkapan cahaya.

Baca juga: Huawei Mate40 Pro Hadir di Indonesia, Flagship dengan Kamera 50MP

Spesifikasi Huawei nova 8

Huawei nova 8

Jadi varian yang lebih sederhana, Huawei nova 8 hadir dengan layar 3D curved dengan dimensi 6,57 inci. Resolusinya full HD+ dan gunakan panel OLED, memiliki sensor sidik jadi yang terbenam di atas layar. Kamera depannya berjenis punch-hole beresolusi 32MP, diletakkan di tengah. Sementara refresh rate-nya sudah 90Hz, mendukung reproduksi warna 10-bit dan DCI-P3 color gamut.

Di belakang, ada setup empat kamera dengan desain elliptical, plus sebuah lampu kilat. Sensor utamanya 64MP, ditemani sensor 8MP ultra-wide dan dua sensor 2MP, masing-masing untuk macro dan depth sensor. Chipsetnya cukup bertenaga, gunakan Kirin 985 5G dengan prosesor octa-core dan fabrikasi 7nm. Dipadukan dengan RAM 8GB dan penyimpanan internal 128/256GB.

Untuk sebuah smartphone yang powerful dengan layar besar, kapasitas baterainya tergolong kecil yaitu 3,800 mAh. Namun setidaknya, sudah mendukung pengisian daya kencang 66 watt. Mengisi daya hingga penuh hanya memerlukan waktu 35 menit saja.

Huawei nova 8 Pro Miliki Dua Kamera Depan

Huawei nova 8 Pro

Lalu untuk penawaran yang lebih baik, ada Huawei nova 8 Pro. Dimensi layarnya sedikit lebih besar di 6,72 inci, dengan refresh rate yang lebih tinggi di 120Hz. Meski lebih besar, bezelnya lebih tipis sehingga secara dimensi tak terpaut jauh berbeda. Setup kamera belakangnya masih sama persis, yang beda justru ada di bagian depan.

Huawei nova 8 Pro miliki dua sensor kamera depan, yaitu 16MP sensor utama dan 32MP sensor ultra-wide untuk group selfie yang lebih mudah. Sisanya pun sama persis, kecuali kapasitas baterai yang lebih besar di 4,000 mAh. Kedua smartphone sama-sama menjalankan EMUI 11 dengan Huawei Mobile Services. Mungkin aman-aman saja di negara asal, namun bagi yang banyak menggunakan layanan Google, bakal menjadi kekurangan tersendiri.

Huawei nova 8

Baik Huawei nova 8 & nova 8 Pro hadir dalam empat warna yaitu silver, ungu, hijau dan hitam. Huawei nova 8 dijual seharga CNY3,299 dan CNY3,699 (Rp7,1 jutaan & Rp8 jutaan), masing-masing untuk opsi memori 128GB & 256GB. Sementara varian Pro di harga CNY3,999 & CNY4,399 (Rp8,6 jutaan & Rp9,5 jutaan).

Keduanya mulai dijual di China pada tanggal 30 Desember nanti. Dan Huawei belum menginformasikan ketersediaannya secara global di masa mendatang. Dari spesifikasi yang ditawarkan, perlukah Huawei Indonesia memasukkan duo smartphone 5G ini ke Tanah Air?