Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Huawei nova 7, Smartphone Kelas Menengah 5G Hadir di Indonesia

0 7.394

Lewat sebuah peluncuran yang diadakan secara daring, Huawei Consumer Business Group (CBG) Indonesia hari ini (13/7) telah umumkan peluncuran dari Huawei nova 7. Smartphone terbaru dari Huawei tersebut diluncurkan bersamaan dengan dua jenis perangkat lainnya, yaitu tablet Huawei MatePad dan earphone TWS FreeBuds 3i. Ketiganya dirilis untuk penuhi kebutuhan generasi muda Indonesia.

Menurut Huawei, konsumen membutuhkan perangkat berkualitas tinggi untuk mendukung kehidupan sehari-hari. Lo Khing Seng, Deputy Country Director Huawei Consumer Business Group Indonesia mengatakan jika seri Huawei nova telah dikenal dengan keunggulannya yang gabungkan desain stylish serta performa mumpuni, terutama di kalangan anak muda.

“Huawei nova 7 bakal menunjukkan kualitas dari inovasi teknologi Huawei, yang dihadirkan pada tiap produk yang hadir di pasar. Walaupun termasuk kategori mid-range, seri smartphone ini mampu membuktikan kualitasnya yang setara perangkat kategori flagship,” ujar Lo Khing Seng.

Baca juga: Huawei MatePad Diresmikan, Tablet Premium Harga Rp4 Jutaan

Keunggulan Huawei nova 7 5G

Huawei nova 7 Midsummer Purple

Huawei nova 7 memang miliki desain yang menarik, selain fitur-fitur flagship yang dibawa ke kelas menengah. Dari segi desain, bagian belakang Huawei nova 7 miliki desain lengkungan 3D di sisi pinggirnya. Profilnya cukup tipis di 7,96mm dengan bobot hanya 180 gram. Termasuk ringan, mengingat dimensi layarnya yang cukup besar, yaitu OLED 6,53 inci dengan resolusi full HD+. Dimensi kamera punch-holenya 23% lebih kecil dari seri nova 5T sebelumnya.

Huawei gunakan permukaan Color-Material-Finish (CMF) 3D baru, dibuat dengan melapiskan dua membran berwarna dan beberapa lapisan optik skala nano untuk ciptakan efek sorotan kilauan khusus. Hadir dalam dua warna menarik, yaitu Space Silver dan Midsummer Purple yang punya aksen logo nova penuh pada bagian belakang.

Untuk performa, Huawei nova 7 menggunakan chipset Kirin 985 5G, dipasangkan dengan RAM 8GB dan penyimpanan internal 256GB, tanpa slot kartu eksternal. Chipset ini dibuat dengan proses fabrikasi 7nm, dengan clockspeed tertinggi mencapai 2,58GHz. Dan juga sudah mendukung 5G, meski saat ini fungsinya masih terkunci hingga regulasi jaringan tersebut sudah dibuat di Indonesia.

Baik kemampuan kamera depan maupun belakangnya sama-sama diunggulkan. Kamera depannya miliki resolusi tinggi 32MP f/2.0, lengkap dengan AI beautification yang juga bisa aktif saat merekam video. Tak hanya kamera belakang, kamera depannya bisa rekam hingga resolusi 4K 30fps, juga didukung EIS untuk hasil yang stabil. Huawei juga berikan fitur Portrait Skin Optimisation yang bisa hasilkan selfie optimal di malam hari.

Sementara kamera belakangnya miliki sensor utama 64MP f/1.8—pertama kalinya di smartphone Huawei, serta kamera ultra-wide 8MP f/2.4, telefoto 8MP f/2.4 (3x optical, 20x digital) dan kamera makro 2MP f/2.4. Lewat bantuan Kirin ISP 5.0, Huawei nova 7 punya fitur seperti BM3D (block-matching & 3D filtering) yang bisa mengurangi noise pada gambar maupun video, tingkatkan kualitas shooting di malam hari.

Saat merekam video, Huawei nova 7 juga punya fitur baru, dual-view yang rekam dari dua sisi kamera secara split screen 50:50. Pengguna bebas memilih ingin gunakan kamera wide, ultra-wide maupun telefoto untuk sisi belakangnya, dan mendukung resolusi sampai 1080p. Baterai 4.000 mAh di smartphone ini hanya perlu waktu 30 menit untuk mencapai 75%, dengan Huawei SuperCharge 40 watt.

Tanpa layanan Google, Huawei tetap pede dengan Huawei Mobile Services yang kini sudah dilengkapi dengan jauh lebih banyak aplikasi, termasuk aplikasi lokal seperti perbankan dan operator telekomunikasi. Pengguna dapat memanfaatkan Petal Search Widget untuk menemukan atau unduh jutaan aplikasi favorit di Huawei nova 7, mulai dari gim hingga aplikasi media sosial.

Harga Huawei nova 7 di Indonesia

Huawei nova 7 5G

Di Indonesia, Huawei CBG menjual Huawei nova 7 dengan harga resmi Rp6,899 juta. Selama masa pre-order yang berlangsung mulai 15 Juli sampai 24 Juli 2020 mendatang, akan ada bonus senilai total Rp1,6 juta, berupa powerbank 6,700 mAh, casing tambahan serta smartband Huawei Band 3e. Ada juga promo cashback tambahan sampai Rp500 ribu dari bank terpilih, dan promo trade-in dengan cashback bernilai sama.

“Kami berharap hadirnya perangkat Huawei nova 7 dapat memberi dukungan kepada generasi muda yang membutuhkan teknologi dengan kualitas tinggi, untuk mendukung kegiatan sehari-hari. Mereka dapat memperoleh pengalaman yang sangat memuaskan dengan digabungkannya teknologi dan desain dalam produk ini,” tutup Khing Seng.

Spesifikasi Huawei nova 7 5G

Prosesor: Kirin 985 octa-core 7nm (up to 2,58GHz)
GPU: Mali G77
OS: EMUI 1.01 (berbasis Android 10)
RAM: 8GB
Memori Internal: 256GB (tanpa slot eksternal)
Kamera Belakang: 64MP f/1.8 + 8MP f/2.4 (ultra-wide) + 8MP f/2.4 (telefoto, 3x optical) + 2MP f/2.4 (macro)
Perekaman video: 4K 30fps (depan belakang)
Kamera Depan: 32MP f/2.0
Baterai: 4.000 mAh, mendukung Huawei SuperCharge 40W
Layar: 6,53 inci OLED, full HD+, DCI-P3
Harga: Rp6,899 juta

Cek harga smartphone Huawei di:

SHOPEE BLIBLI LAZADA ERASPACE JD.ID