Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Mengikuti Jejak Clubhouse, Facebook Kembangkan Fitur Obrolan Langsung Berbasis Audio

0 408

Setelah beberapa media sosial mengumumkan fitur percakapan berbasis audio ala Clubhouse, seperti Twitter, Fireside, dan Telegram. Kali ini Facebook akan turut meramaikan persaingan. Menurut The New York Times pada bulan Februari, perusahaan milik Mark Zuckerberg ini akan mengembangkan fitur percakapan audio layaknya Clubhouse. Saat ini, fitur masih dalam tahap pengembangan awal dan sewaktu-waktu dapat terjadi perubahan.

Pada foto-foto yang telah dibagikan oleh seorang pengembang seluler dan insinyur rekayasa mesin, Alessandro Paluzzi Facebook telah siap dalam membuat produk audionya. Sekilas tampilan fitur baru ini, menunjukan siaran audio langsung yang akan terhubung dengan Ruang Messenger yang ada di Facebook.

Beberapa Fitur Pada Live Audio Room

Facebook
Tampilan dari Facebook Live Audio Room (Tech Crunch/Alessandro Paluzzi)

Terdapat ruang obrolan audio pribadi yang akan menjadi tempat untuk melakukan obrolan suara dengan sekelompok teman, sedangkan ruang audio langsung akan menjadi ruang khusus pengguna dapat menyiarkan obrolan Anda ke kelompok pendengar yang lebih luas.

Tampilan Live Audio Room yang dimiliki Facebook sangat mirip dengan Clubhouse. Speaker ditampilkan di bagian atas ruangan. Mereka akan diwakili dengan foto profil melingkar yang lebih besar, sementara pendengar (followed by speakers) hanya akan muncul di bagian bawahnya.

Baca juga: Facebook Kembangkan Fitur Pelacakan Wajah pada Headset VR

Untuk mempromosikan hal tersebut, pengguna dapat membuat tautan yang kemudian dapat dibagikan oleh pembicara di seluruh Facebook seperti melalui, messenger, postingan, atau dalam grup komunitas.

Perusahaan telah mengonfirmasi kepada Tech Crunch, gambar-gambar yang mengungkapkan banyak hal tentang fitur tersebut, tidak sepenuhnya akurat. Walaupun begitu, setidaknya hal ini dapat membantu pengguna untuk melihat tampilan teranyar dari obrolan berbasis audio langsung.

Tak Perlu Tampil Menarik Depan Kamera

Facebook Connectivity
(Sumber: connectivity.fb.com)

Kepala Eksekutif Facebook, Mark Zuckerberg mengakui tertarik dengan bentuk komunikasi audio. Ia memuji Clubhouse atas apa yang telah dikerjakan selama ini. Dirinya yakin percakapan melalui audio memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan format lain. Sebelumnya, ia telah muncul di Clubhouse beberapa kali dan baru-baru ini berbicara tentang potensi audio sosial di Ruang Clubhouse yang diselenggarakan pada minggu lalu.

Baca juga: Facebook Luncurkan Fitur Pelacak Lokasi dan Informasi Vaksinasi Covid-19

Melalui fitur percakapan audio ini, seseorang tidak harus tampil bagus dan menarik. Pengguna dapat berjalan-jalan dengan lebih mudah. Selain itu seseorang tidak harus melihat layar gadget dan melakukannya di latar belakang saat melakukan hal lain.

“Pekerjaan yang kami lakukan dalam hal ini pada dasarnya mencoba membangun sekumpulan alat di seluruh spektrum tentang bagaimana orang ingin menggunakan audio. Saya sangat bersemangat tentang ini,” tutupnya.

Tinggalkan komen