Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Clubhouse Rilis Program Akselerator untuk Para Kreator

0 7.000

Selama 1 – 2 minggu belakangan ini, apakah Gizmo friends masih aktif menggunakan platform obrolan daring Clubhouse? Selain diskusi dari sesama pengguna, Clubhouse juga secara rutin mengadakan ‘pertemuan’ mingguan untuk berikan informasi terbaru bersama seluruh penggunanya. Yang terbaru, Clubhouse Creator First bakal dihadirkan untuk para kreator.

Mungkin sebagian sudah mulai jenuh menggunakan aplikasi ini, sementara sebagian lainnya baru saja join atau mencoba versi portingan non-resmi di Android. Meski begitu, menurut hasil prediksi putaran pendanaan seri B pada akhir Januari kemarin, Clubhouse dinilai punya nilai valuasi hingga 1 milyar dolar. Berdasarkan pengetahuan empat orang yang berpartisipasi dalam diskusi tersebut.

Namun sebagai platform berbagi, untuk para kreator, akan lebih menarik bila kegiatan yang mereka lakukan di Clubhouse bisa ikut menghasilkan. Untuk itu, dari hasil diskusi pada Town Hall mingguan malam (14/3), akan diluncurkan sebuah program akselerator kreator konten pertamanya, yang disebut Clubhouse Creator First.

Baca juga: Muncul Isu Blokir Clubhouse, Kominfo: “Warganet Tak Perlu Khawatir

Selain Dukung Kreator, Juga Tingkatkan Keamanan Platform

Clubhouse invite
Kini mengirim undangan Clubhouse tak mewajibkan akses kontak. (Via: twitter/wongmjane)

Dimulainya program ini disampaikan langsung oleh sang CEO Clubhouse, Paul Davison dalam sebuah town hall room tersebut. Nantinya, Clubhouse Creator First bakal membantu para host atau inisiator room di aplikasi untuk membangun audiens mereka. Serta menghubungkan mereka dengan para brand ternama, dan tentunya untuk memonetisasi kegiatan di dalam platform.

Pengumuman ini cukup spesial karena disampaikan jelang ulang tahun pertama Clubhouse, yang jatuh pada tanggal 17 Maret mendatang. Kehadiran aplikasi ini menimbulkan efek yang cukup signifikan, hingga platform media sosial lainnya ikut-ikutan merilis versi serupa masing-masing. Seperti Twitter dengan Twitter Spaces yang sudah diwacanakan akhir tahun lalu, serta isu baru dari Facebook yang konon bakal ikut berpartisipasi.

Selain umumkan Clubhouse Creator First, Paul juga umumkan beberapa pembaruan fitur yang sudah banyak diminta penggunanya. Yaitu kemampuan untuk membagikan link, filter room sesuai dengan Bahasa, serta metode undangan baru. Kini pengguna tak lagi wajib membagikan akses kontak di smartphone, alias bisa input nomor secara langsung.

Terkait kontak, dikabarkan bila nantinya pengguna bisa mengirim permintaan untuk menghapus kontak yang sudah diunggah sebelumnya (mungkin supaya tak muncul notifikasi mengganggu bila ada yang baru join, ya), bakal hadir dalam waktu dekat. Belum ada informasi baru terkait ketersediaan Clubhouse untuk Android.

Pendaftaran Clubhouse Creator First Dibuka Sampai 31 Maret

Clubhouse

Ingin mencoba untuk mendaftarkan diri sebagai kreator? Pada masa awalnya, Clubhouse bakalan menerima 20 kreator untuk tergabung ke program Clubhouse Creator First. Pendaftaran bakal dibuka hingga 31 Maret 2021, dan kamu bisa mengisi data diri pada laman berikut ini.

Data yang perlu diisi adalah data pribadi seperti nama, email, username dan lokasi. Clubhouse juga menanyakan platform apa saja yang biasa kamu gunakan untuk membuat konten, serta capaian atau perkiraan jumlah reach. Bila kamu hadir sebagai tim, disediakan input nama co-host pada bagian bawah form.

Nantinya, kreator yang terpilih untuk masuk ke dalam program Clubhouse Creator First bakal diberikan sumber daya yang memadai untuk mengadakan obrolan berkualitas di dalam platform. Termasuk kemungkinan untuk mendapat penghasilan dari sana.

Tapi sebelum itu, rasanya Clubhouse juga harus memikirkan cara mudah agar influencer tersebut bisa ditemui. Selain dari harus mencari lewat username dan mendengarkan obrolannya satu persatu, dan baru memutuskan untuk follow atau mengikuti sebuah profil.

Tinggalkan komen