Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Mengenal Fireside, Platform Podcast Generasi Baru Kombinasi Anchor dan Clubhouse

0 3.412

Saat ini aplikasi podcast hanya bersifat satu arah yang tidak bisa melakukan interaksi real-time. Para podcaster biasanya memanfaatkan aplikasi Anchor dalam proses perekaman suara, editing, serta memasukkan bumper audio. Kini ada aplikasi podcast generasi baru yang menawarkan interaktivitas real-time yakni Fireside.

Secara umum, aplikasi ini akan menggabungkan konsep antara Anchor dan Clubhouse. Saat ini, aplikasi masih dalam uji coba dengan versi beta di iOS.

Fireside Memfasilitasi Para Podcaster

Tampilan Fireside
Tampilan Fireside (The Verge)

Dikutip dari The Verge, Fireside menampilkan obrolan antar pengguna yang dapat dilihat oleh siapa saja, bahkan non-pengguna, melalui browser. Meskipun memprioritaskan percakapan langsung, seperti Clubhouse, aplikasi ini mencoba membuat percakapan langsung terdengar lebih profesional.

Sebagaimana Anchor, pengguna dapat menyelenggarakan acara mereka serta mendistribusikannya melalui umpan RSS ke Spotify, Apple Podcasts, Google Podcast dan pemutar podcast lainnya.

Berdasarkan percakapan yang terjadi di aplikasi, Fireside dapat membantu podcaster memonetisasi pekerjaan mereka melalui percakapan eksklusif. Aplikasi ini mendorong partisipasi pendengar lebih dari Clubhouse, karena pengguna dapat bereaksi terhadap percakapan dengan mengetik komentar atau pertanyaan.

Keunggulan Aplikasi Fireside

Fireside
Tampilan Fireside (The Verge)

Pada tampilan desktop, terdapat informasi seperti profil pengguna akan mencakup foto, bio, dan jumlah pengikut. Anda juga dapat melihat ruang yang dihosting pengguna, serta ruang yang mereka ikuti. Fireside juga dapat merekam percakapan asli, sehingga Anda dapat mendengarkan obrolan sebelumnya dari desktop.Tak hanya itu, pada bagian bawah layar terdapat info, seperti jumlah orang yang mendengarkan dan penyelenggara dari obrolan tersebut.

Setelah masuk ke obrolan, pengguna dapat menekan tombol putar di percakapan. Anda akan mendengar musik seperti tampilan di awal berasal dari bot Fireside yang disebut waitBOT. Bot ini berfungsi dalam memainkan musik untuk menunggu orang untuk bergabung.

Terdapat tombol “jump” yang memungkinkan pengguna melompat ke bagian percakapan yang disorot oleh pihak penyelenggara. Saat pembicara melakukan percakapan, Anda akan melihat foto profil dan nama mereka.

Menampilkan Fitur-Fitur Obrolan

fireside 2
Tampilan profil di Fireside (The Verge)

Anggota dalam obrolan juga dapat memilih emoji dan mengetik komentar tanpa langsung memulai percakapan. Komentar dan emoji ini akan muncul di atas kepala peserta dengan bentuk gelembung pikiran. Moderator atau tuan rumah kemudian dapat mengetik kembali atau menanggapi komentar selama obrolan. Jika peserta yang ingin bergabung dengan live chat, mereka dapat meminta untuk bergabung panggung dengan mengetuk emoji mikrofon dan mengirimkan permintaan tertulis.

Nantinya untuk melambangkan moderator akan digambarkan dengan palu, sedangkan pembicara dilambangkan sebagai mahkota. Moderator dan pembawa acara dapat secara otomatis membisukan dan menyambut peserta ke dalam obrolan. Anda hanya dapat melihat ikon dan nama, serta jumlah orang yang mendengarkan. Saat mikrofon seseorang aktif, fotonya sepenuhnya buram, dan jika dibisukan, transparan.

Tinggalkan komen