Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

realme 5s, Seri Upgrade dengan Kamera 48MP

Pada pertengahan 2019, realme 5 diluncurkan di Indonesia dengan mengandalkan quad-camera dan baterai besar. Konfigurasi saat itu adalah memakai kamera utama 12MP. Tak butuh waktu lama, pada akhir November kemarin, realme meluncurkan penerus realme 5. Produk yang berlabel realme 5S tersebut menghadirkan kinerja kamera lebih mumpuni, desain lebih segar melalui opsi warna baru dan dibanderol dengan harga yang sama dengan saat realme 5 diluncurkan.

Pertumbuhan realme di pasar smartphone Indonesia memang fenomenal. Hanya butuh waktu satu tahun bagi sub-brand Oppo tersebut untuk meraih posisi lima besar. Bahkan laporan terbaru dari IDC menyebutkan pada kuartal ketiga tahun 2019 realme telah berada di peringkat empat dengan pangsa pasar  sebesar 12,6% berdasarkan pengiriman produk (shipment).

Ini juga yang mungkin membuat lifecyle produknya melaju dengan cepat. Hanya butuh waktu kurang dari tiga bulan untuk menyegarkan varian produknya. Menurut pihak realme, ini karena tuntutan pengguna yang membutuhkan kinerja kamera lebih baik. Terutama pengembangan dalam teknologi mobile photography, dimana kamera resolusi sangat tinggi telah menjadi terobosan.

Fitur dan Spesifikasi realme 5S

Kamera memang menjadi fitur yang paling ditonjolkan di realme 5S. Terutama adalam kamera utama dengan resolusi 48MP yang merupakan upgrade signifikan dibanding sebelumnya yang 12MP. Dengan kamera 48MP, kita bisa mengambil foto dengan resolusi setinggi 8000×6000 piksel sehingga menghasilkan gambar yang jelas dan dengan detail halus bahkan setelah diperbesar atau di-crop.

Selain itu, realme 5s mengadopsi teknologi Tetracell, yang menggabungkan empat piksel menjadi satu piksel besar 1,6μm. Sehingga menghasilkan foto 12MP dengan gambar yang lebih jelas dan memiliki kualitas lebih tinggi dalam kondisi cahaya rendah. Tentunya hal tersebut meningkatkan kinerja keseluruhan realme 5s dalam fotografi

Kamera selanjutnya adalah ultra wide angle 8MP dengan aperture f2.25 dan sudut pandang 119° yang menghasilkan gambar dengan tampilan 4 kali lebih luas. Lensa ini juga disertai teknologi anti distorsi agar gambar tampak tidak aneh seperti terlalu melengkung. Lensa ketiga adalah portrait 13MP untuk menghasilkan efek bokeh. Terakhir, lensa keempat adalah makro 4cm dengan bukaan F2.4.

Related Posts
1 daripada 221

Smartphone ini juga mendukung fungsi pemotretan inovatif lainnya, termasuk Super Nightscape 2.0 dan Chroma Boost. Fitur-fitur ini, dikombinasikan dengan teknologi AI dan algoritma pemrosesan realme yang disetel dengan baik. Sehingga realme 5s menjadi perangkat untuk mengambil foto bagus dalam berbagai adegan dan pengaturan dengan mudah.

Pada bagian dapur pacunya, realme 5s dilengkapi prosesor Snapdragon 665 berbasis 11nm yang beroperasi pada kecepatan clock 2.0GHz. Chipset ini juga mendukung peningkatan kinerja gaming dari generasi ke-3 Qualcomm AI Engine.

Untuk mendukung aktivitas penggunanya, realme 5s dibekali baterai besar 5000 mAh untuk menikmati pengalaman hiburan ekstra lama. Dengan Snapdragon 665 dikombinasikan dengan baterai besar 5000mAh, realme memastikan kinerja yang kuat dengan masa pakai baterai yang lebih awet. Lebih dari sehari untuk penggunaan wajar.

Selanjutnya, pada bagian memori, realme 5S dibekali RAM 4GB dengan kapasitas penyimpanan 128GB.

Baca juga: Review realme X2 Pro: Smartphone Flagship Paling Terjangkau

Harga realme 5S

harga realme 5SBagian paling krusial pada sebuah produk terutama di kelas menengah adalah harga. Seperti disebutkan di atas, realme 5S dibanderol dengan harga yang sama saat realme 5 diluncurkan. Smartphone ini memiliki dua varian warna yaitu crystal red (merah) dan crystal blue (biru) dengan hanya satu pilihan memori yaitu RAM 4GB + ROM 128GB.

Bagi yang tertarik memilikinya, smartphone terbaru yang diluncurkan bertepatan dengan rilis realme X2 Pro ini dipasarkan dengan harga Rp2.699.000. Khusus untuk flash sale yang digelar besok pada tanggal 4 Desember di Lazada, realme 5S dijual dengan harga Rp2.599.000 di mana konsumen akan mendapatkan bonus realme Iconic Case dan kartu perdana.