Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Review realme X2 Pro: Smartphone Flagship Paling Terjangkau

Realme kian tak terbendung.  Betapa tidak, pada Q3-2019 lembaga riset IDC menempatkannya di posisi keempat dari Top 5 Smartphone Brand di Indonesia. Ini menjadikan realme sebagai merek smartphone paling cepat berkembang di Indonesia. Untuk semakin memperkuat posisinya, menjelang akhir tahun ini mereka mengeluarkan jurus pamungkasnya: realme X2 Pro.

Mengapa jurus pamungkas? Karena ini produk terakhir yang mereka rilis di tahun 2019 ini. Kemudian baik secara fitur dan spesifikasi juga yang paling tinggi dari produk yang dikeluarkan realme sebelumnya. Padahal, merek smartphone yang berawal dari sub-brand Oppo ini baru setahun beroperasi di Indonesia. Tetapi sudah mencatatkan pencapaian gemilang.

Begitupun dengan produk terbarunya realme X2 Pro yang menurut saya juga menjadi pencapaian gemilang. Karena telah membawa smartphone dengan fitur dan spesifikasi kelas flagship, namun dibanderol dengan harga miring seperti ponsel kelas menengah. Penasaran seperti apa? Simak review realme X2 Pro selengkapnya berikut ini.

Desain

realme x2 pro featurerealme X2 Pro tampil menawan dengan bodi luar terbungkus logam atau kaca. Ponsel ini tersedia dalam dua pilihan warna yaitu Lunar White (putih) dan Neptune Blue (biru). Sudah menjadi ciri khas smartphone realme memberikan sentuhan unik pada bodi bagian belakang. Di realme X2 Pro, terdapat garis-garis halus dan indah diukir di kaca dengan presisi. Garis ini memberi efek dengan tekstur unik seperti menciptakan aliran cahaya di bagian belakang perangkat.

Baik bagian depan maupun belakang pada ponsel ini terlapisi dengan Gorilla Glass 5 yang kokoh untuk melindungi ponsel dari goresan. Namun jika masih merasa sayang, bisa mewadahinya dengan jelly case transparan yang sudah tersedia pada paket penjualan. Dibanding ponsel high-end Oppo dan Vivo aksesori casingnya keren, menurut saya jelly case realme X2 Pro ini terlalu biasa. Jika ingin yang lebih bagus, bisa membeli aksesori casing realme x2 Pro terpisah.

realme X2 Pro juga punya desain kaca melengkung 3D yang memanfaatkan proses pelengkungan panas untuk membentuk empat sisi secara elegan, memberikan cengkeraman yang lebih baik. Secara keseluruhan, desain ponsel flagship ini terlihat cukup apik. Bezel minimal, ultra-sempit, dan desain dasar tipis 3,65mm mempertinggi kesan bergaya pada perangkat. Secara bobot, realme X2 Pro sangat ringan, tipis, dan mudah dipegang.

Walaupun memang jika dilihat dari jauh, nyaris mirip dengan realme XT. Mungkin ini terkait dengan bahasa desain yang dijadikan ciri khas. Namun akan lebih baik jika realme X2 Pro sebagai smartphone flagship memiliki nuansa yang lebih premium. Oh iya, sebagai tambahan ponsel ini juga sudah splas-proof. Artinya tahan terhadap percikan air. Jadi ketika kehujanan, tidak perlu khawatir ponsel akan rusak.

Layar

Smartphone ini memiliki layar waterdrop Super AMOLED 6,5 inci yang besar. Konsepnya masih sama dengan seri realme XT mapun realme 5 series dengan layar waterdrop alias ada poni kecil di bagian atasnya. Entah kenapa, konsep full view display seperti yang ada di realme X sudah tidak dipakai lagi di generasi penerusnya.  Mungkin saja untuk menekan biaya, karena kamera depan dengan motor penggerak seperti itu pasti biaya yang tidak murah.

Layar waterdrop realme X2 Pro tampil elegan mencakup kamera depan dan sensor yang diposisikan di bagian atas bodi. Screen-to-body sebesar 91,7% yang membuat bezel pada bodi ponsel terlihat sangat tipis. Bagian depan ponsel ini juga telah dilapisi dengan panel pelindung Gorilla Glass 5 yang membungkus permukaan layar.

Secara teknis, kaca terdiri dari bahan luminescent E3 baru menawarkan kecerahan hingga 1.000 nits dan rasio kontras 2 juta, sekaligus mencapai pengurangan daya sebesar 5%. Panel ini juga dilengkapi mode pelindung mata stroboskopik cahaya rendah dan filter cahaya biru, mengurangi sinar cahaya sebesar 37,5% dibandingkan dengan bahan E2.

Tapi yang paling menarik dari display ini adalah realme X2 Pro memiliki panel Super AMOLED Ultra Smooth dengan kecepatan refresh 90Hz. Ini adalah layar paling halus yang dimiliki realme sejauh ini dan sebagai layar 90Hz pertama di Indonesia.

Dibandingkan dengan ponsel lain yang beredar di pasar, frame rate realme X2 Pro menawarkan peningkatan 50% dengan nol lag, sehingga gambar pada layar terlihat mulus seperti sutra. Performa ini lebih dari sekadar memenuhi persyaratan frame rate 90Hz dari game yang kompleks, memungkinkan pengguna untuk bermain tanpa jeda atau gangguan.

realme X2 Pro lebih lanjut mendukung HDR10+ dan 100% gamut warna DCI-P3, visibilitas layar luar ruang, mode pelindung mata malam hari, dan efek visual ultra-jelas untuk pengalaman menonton yang lebih nyaman dan jelas. Perangkat ini dilengkapi dengan Full Care Display Certification oleh TÜV Rheinland.

Kamera

Fotografi masih menjadi andalan realme X2 Pro. Di mana modal dasarnya mirip seperti yang ada di smartphone sebelumnya realme XT. Ponsel ini menawarkan set-up quad camera, yang terdiri dari kamera utama 64MP, lensa telefoto 5x Hybrid Optical Zoom, lensa ultra-wide angle 115°, dan lensa potret.

Kamera utama realme X2 Pro menggunakan sensor Samsung GW1 64MP 1/1,72 inci, aperture besar f/1,8, dan lensa 6P. Sensor ini secara teksnis menanamkan mekanisme binning piksel cerdas 4-in-1 Quad Bayer yang menggabungkan empat piksel yang berdekatan menjadi satu pixel besar 1,6μm. Sehingga meningkatkan resolusi dan kualitas gambar yang diambil bahkan dalam pengaturan cahaya rendah dan menyempurnakan berbagai detail yang kaya.

Selanjutnya lensa ultra wide-angle 115 °. Dengan bukaan f/2,2, resolusi 8MP, dan dukungan PDAF, pengguna bisa mengambil bidikan dengan bidang pandang seluas 115 °, yang menghasilkan piksel berukuran 1,4μm-besar melalui binning piksel yang cerdas. Saat beralih ke mode sudut lebar, pengguna bisa menangkap gambar lanskap, arsitektur, dan foto grup yang bagus. Lensa ini juga mendukung pemotretan super makro 2,5cm, menghasilkan gambar yang lebih jernih.

Kamera ketiga adalah lensa potret. Di mana sistem filter warna yang baru memungkinkan lensa potret untuk mendeteksi beragam cahaya yang lebih luas, membantu lensa utama untuk menangkap cahaya dengan lebih baik, meningkatkan kontras gambar, membuat gambar bergaya retro, dan menambahkan tekstur pada potret.

Kamera keempat adalah telefoto dengan kemampuan hybrid optical zoom 5x. Selain itu juga memiliki kemampuan zoom hingga 20 kali. Lensa memiliki resolusi 13MP dengan aperture besar f/2,5 dan dukungan PDAF.

Fitur kamera secara umum sama dengan yang ditawarkan pada realme XT maupun realme 5 Pro. Seperti fitur Nightscape 2.0, Chrome Boost, dan sebagainya. Tapi yang lebih menarik adalah di seri ini ada hal baru. Jika sebelumnya lebih fokus ke foto saja, sekarang realme X2 Pro juga merambah ke video dengan pemutaran yang lebih baik.

Kamera belakang realme X2 Pro mendukung video resolusi 4K yang sudah menjadi standar di smartphone kekinian. Namun, ponsel ini memiliki fitur Ultra Steady yang berdasarkan algoritma UIS super anti-shake baru dikombinasikan dengan giroskop built-in. Fitur ini sangat sensitif mengoreksi guncangan tangan secara real-time, sedemikian rupa sehingga dapat dibandingkan dengan kamera olahraga profesional. Baik kamera depan dan belakang mendukung stabilisasi video EIS.

Selain itu, kamera realme X2 Pro menawarkan banyak cara berbeda untuk bermain dengan video, memberikan kedalaman bidang yang meniru pengaburan tingkat DSLR secara real-time. Sementara itu, lensa ultra wide-angle dapat menangkap video 360% dan video gerakan lambat 960fps / 720P. Lebih jauh, fitur pengeditan video memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan kecepatan video dan menerapkan filter, teks, pengaruh musik, dan banyak lagi, sementara fungsi tema bahkan dapat mengubah video sesuai dengan estetika yang dipilih, menghasilkan video dengan satu klik untuk memudahkan berbagi.

Bagaimana untuk kamera depannya? realme X2 Pro memiliki kamera depan 16MP dengan aperture f/2,0 dan lensa konsentrasi tinggi 5P. Dilengkapi dengan teknologi Quad Bayer intelligent four-in-1 pixel, dapat mensintesis piksel besar 2,0μm, dengan kemampuan untuk mengambil selfie spektakuler bahkan dalam cahaya rendah, menangkap warna alami kulit serta detail.

Kamera dilengkapi dengan AI Intelligent Beauty yang mengidentifikasi 296 titik deteksi fitur unik untuk memberikan 8 juta solusi kecantikan. realme X2 Pro juga mendukung Selfie Nightscape dengan algoritma yang mengoptimalkan pemotretan potret dalam fotografi malam dan paparan layar seimbang.

Hasil kamera realme X2 Pro

Hasil foto siang hari
M akro
Related Posts
1 daripada 34
Foto interior malam hari dengan mode Auto tanpa zoom
Ultra wide angle
Foto interior perbesaran 2x
Makro
Foto malam
Hasil foto malam hari dengan mode auto
Foto malam hari dengan mode nightscape

Audio

realme X2 Pro adalah perangkat ponsel realme pertama dengan speaker ganda ultra- linier. Speaker ini mendukung suara surround Dolby Atmos dan Hi-Res Sound Quality. Bekal speaker ini menawarkan pengalaman mendengarkan yang lebih baik.

Kualitas audio di ponsel ini makin sempurna saat saya mencoba mendengarkan melalui realme Buds Wireless. Ini adalah earphone nirkabel yang menawarkan suara, desain, dan kualitas komponen terbaik di kelasnya. Suara bassnya terasa mendalam saat mendengarkan musik. Paling enak sambil mendengarkan musik Alan Walker. Karena memang DJ ini pula yang menyetel konfigurasi dengan driver bass boost 11.2mm.

realme Buds Wireless menghadirkan respons bass kencang dan akurat berkat DBB (Dynamic Bass Boost) dan diafragma komposit multi-layer dipadukan dengan Japan Daikoku Voice Coil. Dari informasi yang saya peroleh, realme Buds Wireless terbuat dari gel silika berkualitas tinggi dan logam memori yang terbuat dari paduan nikel-titanium. Sehingga beratnya hanya 30 gram dan memberikan pengalaman penggunaan yang baik.

Fitur

Smartphone ini dibekali fitur yang melimpah. Salah satu yang benar-benar baru dan paling ditunggu adalah NFC. Akhirnya, realme memiliki smartphone yang mendukung NFC. Fitur ini sekarang memang dibutuhkan oleh warga perkotaan, terutama yang setiap hari naik angkutan umum seperti TransJakarta, KRL Commuter Line, MRT, hingga bayar tol. Karena dengan smartphone yang mendukung NFC, bisa cek saldo sekaligus top-up melalui aplikasi yang tersedia.

Ponsel ini juga makin kekininan dengan in-display fingerprint, pengenalan dan pembukaan kunci sidik jari G3.0 terbaru, yang telah menggandakan area sensitif sentuhan dan meningkatkan intensitas sinyal hingga 40%. Kecepatannya membuka akes layar meningkat hanya 0,23 detik, diklaim sebagai in-display fingerprint tercepat yang ada pada saat ini di pasar.

Kualitas penerimaan sinyal juga ditingkatkan. Karena realme X2 Pro mendukung jaringan data, akselerasi jaringan cerdas Wi-Fi ganda, dan akselerasi jaringan Wi-Fi ganda, serta mode rel dan elevator berkecepatan tinggi. Ponsel ini 4*4 Antena dual-game MIMO “Anti-Lock” yang mana sinyal koneksi jaringan data tetap stabil meski tertutup saat posisi tangan sedang bermain game.

Bagi para gamers, ponsel ini dirancang memiliki VC liquid cooling. Sistem pendingin cair ini mencakup hingga 1393 milimeter persegi, atau 100% dari luas permukaan termal utamanya. Temperatur dapat dikurangi berkat serat karbon superkonduktor superimposis, lembaran multi-layer grafit, dan bahan pembuangan panas yang sangat efisien lainnya.

realme X2 Pro juga menghadirkan Tactile Linear Motor yang menambahkan daya dan perasaan bertekstur pada umpan balik getaran. Sangat berguna bagi para gamers karena mendukung mode getaran khusus skenario untuk permainan ponsel populer. Terlebih, fitur andalan HyperBoost juga ditingkatkan fiturnya ke versi 2.0 dengan Game Space, Game Assistant, Frame Boost 2.0 dan Touch Boost 2.0.

Performa

Hal menonjol lainnya di realme X2 Pro adalah penggunaan chipset flagship. Ponsel ini ditenagai  Qualcomm Snapdragon 855 Plus SoC 7nm, yang mengintegrasikan delapan-core Kyro CPU dan Adreno 640 GPU. Bahkan dibanding Snapdragon 855 saja, ada peningkatan 5% untuk inti CPU tunggal dan peningkatan 15% untuk kinerja rendering GPU.

Lebih lanjut SoC ini mendukung Snapdragon Elite Gaming dan tampilan Quad HD+ untuk pengalaman gaming yang luar biasa dan ditingkatkan. Chip pemrosesan AI juga tiga kali lebih cepat dari generasi sebelumnya, tangkas dan cerdas menjalankan operasi inti. Dalam hal performa, tidak diragukan lagi realme X2 Pro menawarkan performa yang ngebut.

realme X2 Pro hadir dalam konfigurasi 12GB RAM dengan 256GB ROM. Dengan RAM LPDDR4X untuk membawa kinerja ke tingkat berikutnya, memori 256GB menerapkan teknologi UFS 3.0. Sayangnya, tidak disertakan slot micro SD. Walau untuk storage sebesar ini, rasanya sudah tidak perlu lagi karena sangat lapang.

Baterai

realme X2 Pro dilengkapi dengan baterai 4000mAh standar industri yang kuat, yang mendukung teknologi manajemen baterai AI untuk secara proaktif memprediksi aplikasi yang kurang aktif, membekukan aplikasi yang tidak aktif dengan cepat, mengurangi caching berlebih, dan mencegah aplikasi dibuka untuk penghematan daya maksimum.

Teknologi 50W SuperVOOC Flash Charge tingkat-lanjut membuat baterai Anda penuh dalam 35 menit. Kecepatan pengisian luar biasa ini dilindungi oleh sistem chip lima inti yang cerdas yang menyediakan pemantauan real-time dari arus listrik. 50W SuperVOOC Flash Charge berarti Anda tidak perlu menghentikan permainan, mengisi daya hingga 80% dari baterai hanya dalam 30 menit saat Anda bermain – peningkatan besar 4x melebihi system pengisian cepat 9V / 2A 18W. Dukungan untuk pengisian daya PD dan QC juga berarti bahwa X2 Pro dapat memanfaatkan teknologi pengisian cepat yang kuat.

Kesimpulan

Smartphone flagship dengan spesifikasi kelas dewa, performa andal dan fitur melimpah. Kemampuan kameranya sangat mumpuni dengan pengisian baterai cepat. Saat artikel ini ditulis, pihak realme belum memberikan harga resmi karena memang belum diluncurkan. Namun dari informasi yang kami peroleh, realme X2 Pro dibanderol di kisaran harga Rp7 jutaan. Jika benar, maka realme X2 Pro adalah smartphone paling murah dibanding flagship lainnya.

Tertarik untuk memiliki smartphone flagship realme X2 Pro ini? Kamu bisa membelinya di official store realme di Blibli.com

Spesifikasi realme X2 Pro

General

  • Device Type
    Smartphone
  • Model / Series
    Realme X2 Pro
  • Released
    27 November, 2019
  • Status
    Available

Platform

  • 7nm Qualcomm Snapdragon 855 Plus
  • CPU
    7nm CPU technology CPU up to 2.96GHzfrequency
  • GPU
    Adreno 640
  • RAM (Memory)
    12 GB(LPDDR4X)
  • Storage
    256GB UFS 3.0
  • Operating System
    Android 9 (Pie), upgradable to Android 10
  • User Interface
    Color OS 6, upgradable to ColorOS 7

Design

  • Dimensions
    161×75.7mm × 8.7 mm
  • Weight
    199 gram
  • Design Features
    Warna: Lunar White and Neptune Blue
    Splash proof
  • Battery
    4000 mAh
    50W SuperVOOC Flash Charge

Network

  • Network Frequency
    GSM, WCDMA, TD-LTE, FDD-LTE
    GSM: 850/900/1800/1900MHz WCDMA: Bands 1/5/8 FDD-LTE: Bands 1/3/5/8 TD-LTE: Bands 38/40/41
  • SIM
    Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • Data Speed
    4G LTE

Display

  • Screen Type
    Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors, 90Hz Ultra Smooth Display
  • Size and Resolution
    6.5 inch, 2400×1080, 500 nit
  • Touch Screen
    Yes
  • Features
    402 PPI
    Corning Gorilla Glass 5

Camera

  • Multi Camera
    Yes (Rear)
  • Rear
    Main camera 64MP Samsung GW1 sensor Ultra Clear f/1.8 6P lens 1/1.72 sensor size, 0.8um 78.3° 10x digital zoom Portrait 2MP f/2.4 1.75um, 6 portrait style Macro 2MP f/2.4 1.75um 4cm shooting distance
  • Front
    16MP/0.8 µm (single pixel size)/F2.0Sony IMX471, 79° wide angle, 5p lens
  • Flash
    Yes
  • Video
    4K, 30fps 1080P, 30/60fps 720P, 30/60fps 1080P Slow-mo, 120fps 720P Slow-mo, 960fps EIS, stabilisasi gambar elektronik Photographing delay
  • Camera Features
    Dual Pixel Fast Focusing
    Flash/Soft Light: Back LED Flash
    Nightscape
    Ultra HD
    Chroma Boost
    Portrait Mode
    Expert Mode
    HDR

Connectivity

  • Wi-fi Wi-Fi is a popular wireless networking technology using radio waves to provide high-speed network connections that allows devices to communicate without cords or cables, Wi-Fi is increasingly becoming the preferred mode of internet connectivity all over the world.
    802.11b/g/n, 2.4GHz
  • Bluetooth Bluetooth is a wireless communications technology for exchanging data between mobile phones, headsets, computers and other network devices over short distances without wires, Bluetooth technology was primarily designed to support simple wireless networking of personal consumer devices.
    v5,0, A2DP, LE, Supports aptX, aptX HD and LDAC
  • USB
    USB Type C
  • GPS GPS The Global Positioning System is a satellite-based radio navigation system, GPS permits users to determine their position, velocity and the time 24 hours a day, in all weather, anywhere in the world, In order to locate your position, your device or GPS receiver must have a clear view of the sky.
    GPS, aGPS, GLONASS, sistem navigasi Beidou
  • HDMI HDMI (High-Definition Multimedia Interface) is a compact audio/video interface for transferring uncompressed video data and compressed or uncompressed digital audio data from a HDMI-compliant source device to a compatible computer monitor, video projector, digital television, or digital audio device.
    No
  • Wireless Charging Wireless Charging (Inductive Charging) uses an electromagnetic field to transfer energy between two objects. This is usually done with a charging station. Energy is sent through an inductive coupling to an electrical device, which can then use that energy to charge batteries or run the device.
    No
  • NFC NFC (Near field communication) is a set of standards for smartphones and similar devices to establish peer-to-peer radio communications with each other by touching them together or bringing them into proximity, usually no more than a few inches.
  • Infrared Infrared connectivity is an old wireless technology used to connect two electronic devices. It uses a beam of infrared light to transmit information and so requires direct line of sight and operates only at close range.
    No

Smartphone Features

  • Multimedia Features
    - MP4/H.264/FLAC player
    - MP3/eAAC+/WAV player
    - Document viewer
    - Photo viewer/editor
  • FM Radio
    Yes
  • Web Browser Web Browser => a web browser is a software application used to locate, retrieve and display content on the World Wide Web, including Web pages, images, video and other files, The primary function of a web browser is to render HTML, the code used to design or markup webpages.
    HTML5
  • Messaging
    SMS(threaded view), MMS, Email, Push Email, IM
  • Sensors Sensors are electronic components that detects and responds to some type of input from the physical environment. The specific input could be light, heat, motion, moisture, pressure and location, The output is generally a signal that is converted to use in computing systems, a location sensor, such as a GPS receiver is able to detect current location of your electronic device.
    Light sensor, distance sensor, geomagnetic sensor, gyroscope, acceleration sensor
  • Other
    realme X2 Pro, pengisi daya, kabel USB type-C untuk mengisi daya, sinkronisasi dan transfer file, pelontar kartu SIM, panduan pengguna, jelly case
87%
Awesome!

Review realme X2 Pro

Smartphone flagship dengan spesifikasi kelas dewa, performa andal dan fitur melimpah. Kemampuan kameranya sangat mumpuni dengan pengisian baterai cepat.

Beli di Blibli
Beli realme X2 Pro
  • Design
  • Display
  • Camera
  • Battery
  • Performance
  • Features
  • Value for money