Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Menguak Rahasia realme Memikat Pasar Smartphone di Indonesia

Salah satu pencapaian sebuah vendor smartphone adalah jika berhasil masuk ke dalam daftar peringkat 5 besar. Mayoritas pasar smartphone di suatu negara diisi oleh beragam vendor. Mereka saling bersaing untuk mendapatkan bagian terbesar di pasar. Sama seperti di Indonesia, pasar Tanah Air sedang diramaikan dengan gempuran vendor-vendor asal Tiongkok.

Berdasarkan laporan terbaru dari Canalys, untuk periode Q2 2019, realme sebagai pemain dari Negeri Tirai Bambu berhasil mengisi posisi kelima sebagai “Top Smartphone Vendors”. Meski belum memiliki data pertumbuhan per tahun, karena memang baru sekitar setahun bermain di pasar Tanah Air, realme sudah berhasil meraup 7% unit share.

Kepuasan konsumen adalah segalanya bagi brand yang memang berfokus untuk memberikan yang terbaik ke pasar. Seperti realme yang tidak hanya ingin sekadar menjual produknya di sini.

realme baru saja merilis smartphone XT di Indonesia. Mereka merilis smartphone tersebut sebagai gebrakan era baru mobile photography melalui kamera resolusi super besar 64MP.

Sebagai ponsel berfokus ke fotografi, realme XT turut membawa tiga kamera lain dengan fungsi terdedikasi. Sebut saja kamera dengan lensa ultra-wide angle, lensa potret, dan lensa ultra-macro. Menjadikan realme XT sebagai anggota baru dari keluarga Quad Camera.

Baca juga:Review realme XT: Smartphone Kamera 64MP untuk yang Serius di Fotografirealme x lifestyle

Related Posts
1 daripada 12

Selain melalui teknologi mutakhir di sektor kamera, alasan lain mengapa realme bisa menjadi pengisi posisi 5 besar manufaktur smartphone Indonesia adalah stok yang terjamin. Sebab mau sebagaimana menariknya sebuah smartphone, akan membuat pasar kecewa jika barangnya sulit ditemukan di pasar.

realme juga sadar bahwa harga yang kompetitif adalah kunci. Oleh karena itu mereka memiliki strategi khusus untuk dapat mengontrol harga di pasaran. Usaha itu dilakukan guna memastikan konsumen bisa mendapatkan produk sesuai dengan harga yang dijanjikan saat peluncuran.

Permainan harga dan stok bisa menyebabkan perubahan harga. Stok produk yang menipis di pasar dan permintaan yang besar dapat ditebak berujung ke harga yang memuncak. Hal ini karena permintaan yang tidak sejalan dengan pasokan.

realme memiliki peraturan ketat tentang harga produk di pasar, itulah sebabnya harga yang bisa didapat pelanggan selalu merupakan harga yang sebenarnya. realme bekerja keras pada jaringan distribusi yang mungkin tidak begitu banyak pelanggan mengetahuinya.

realme ambisius untuk menjadi yang terbaik dan membuktikannya dalam pengabdian nyata di pasar ponsel. Tidak “ghoib” dan harga sesuai janji adalah komitmen dasar bagi realme.

realme turut menjaga kualitas dan selalu menawarkan layanan purnajual terbaik. Sebagai contoh, hanya dalam satu tahun, realme kini telah memiliki 116 pusat layanan purnajual yang tersebar di seluruh Indonesia,. Ini berarti pelanggan di setiap sudut negeri dapat dengan mudah mendapatkan layanan purnajual dalam jangkauan.

Semenjak berdiri, pihak realme terus bekerja keras dalam memahami karakter pasar Indonesia. Dimulai dari penelitian yang intensif akan target pasar yaitu anak muda dan menyelaraskannya dengan keterjangkauan harga. Dua kunci tersebut menjadi magnet besar pasar yang kini dipenuhi oleh generasi milenial atau anak muda secara keseluruhan.