Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Rode Wireless Go II, Mikrofon Nirkabel Stereo Serba Bisa Harga Rp4 Jutaan

0 718

Selain tampilan gambar yang baik, dalam sebuah vlog maupun konten video juga tak kalah penting untuk memiliki kualitas audio yang prima. Baik menggunakan kabel atau wireless, pemilihan mikrofon cukup krusial demi kualitas konten yang tinggi. Untuk itulah mikrofon seperti Rode Wireless Go II diluncurkan.

Rode sendiri memang sudah dikenal sebagai penyedia beragam jenis mikrofon berkualitas, yang utamanya menjadi sahabat kamera kompak hingga DSLR sekalipun. Lewat Rode Wireless Go II, Rode ingin permudah para kreator untuk rekam audio dengan jernih. Meski desainnya sama, peningkatan dari generasi sebelumnya cukup signifikan.

Yaitu dukungan untuk merekam audio dari dua sumber sekaligus dalam satu waktu. Hal ini sangat membantu para kreator yang sering membuat konten video dengan partisipan lebih dari satu orang. Alih-alih gunakan alat terpisah yang kemudian harus digabungkan lewat olah software, proses tersebut bisa dihapus dengan mikrofon mungil yang satu ini.

Ya, secara desain, hampir tak ada beda bila Rode Wireless Go II dibandingkan dengan Wireless Go pertama. Punya desain kotak, perangkat ini bisa dikaitkan secara mudah di celana maupun baju penggunanya. Yang baru adalah dukungan konektivitasnya, dengan input yang bertambah di bagian receiver.

Baca juga: Razer Kiyo Pro, Webcam Canggih Berkemampuan HDR Harga Rp2 Jutaan

Rode Wireless Go II Bisa Rekam dari Dua Sumber Audio Sekaligus

Rode Wireless Go II

Hadir lebih mahal, dalam paket penjualannya kini terdapat dua buah transmitter. Masing-masing dilengkapi dengan mikrofon built-in, dan tentunya ada opsi untuk gunaka mic lavalier 3,5mm tambahan bila diperlukan. Nah, untuk menyambungkan ke perangkat, terdapat banyak opsi yang diberikan oleh Rode. Opsi ke 3,5mm jack tentu hadir, namun kini juga bisa lewat port USB-C.

Menjadi yang pertama dalam serinya, Rode juga menjual kabel USB-C to USB-C maupun USB-C to Lightning. Tujuannya? Tentu saja agar perangkat ini bisa digunakan dengan iPhone maupun Android. Ya, mikrofon nirkabel ini tak hanya dipasarkan untuk vlogger, namun juga mereka yang butuh mikrofon berkualitas untuk kegiatan seperti meeting virtual.

Selain kemampuan rekam audio stereo, Rode Wireless Go II juga gunakan cip transmisi generasi keempat. Dengan begitu, perangkat ini dapat tetap bekerja lancar meski berjarak 200 meter sekalipun. Serta lebih stabil di area dengan banyak aktivitas sinyal seperti pusat perbelanjaan, universitas dan area urban lainnya.

Masing-masing perangkat dilengkapi dengan baterai yang bisa bekerja maksimum hingga 7 jam perekaman suara. Yang baru lainnya dari Rode Wireless Go II adalah kemampuan untuk menyimpan file rekaman hingga 24 jam langsung ke receiver-nya sendiri, tanpa kartu SD.

Harga Mikrofon Rode Wireless Go II

Rode Wireless Go II

Dijual seharga USD299 atau sekitar Rp4,2 jutaan, Rode Wireless Go II sudah mulai bisa dibeli di pasar Amerika Serikat. Dalam paket penjualannya, disertakan tiga kabel USB-A ke USB-C, plus tiga ‘furry windshields’ atau pembungkus dari bulu agar dapat mereduksi suara angin luar.

Dengan jumlah perangkat yang bertambah, Rode juga sediakan sebuah pouch khusus utuk dibawa. Lewat perangkat ini, Rode ingin hadirkan mikrofon berkualitas tinggi untuk lebih banyak penggunaan dan jangkauan konsumen.

Tinggalkan komen