Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Razer Kiyo Pro, Webcam Canggih Berkemampuan HDR Harga Rp2 Jutaan

0 3.662

Sebuah webcam atau aksesori kamera tambahan kini semakin banyak dicari oleh masyarakat. Pasalnya, keperluan untuk tampil jelas secara virtual lebih tinggi berkat adanya sistem kerja WFH maupun pembelajaran jarak jauh. Mencoba berikan solusi terbaik, Razer merilis aksesori terbarunya, Razer Kiyo Pro yang berwujud seperti sebuah lensa kamera mini.

Razer Kiyo Pro adalah solusi terbaru dari merek yang lebih dikenal sebagai produsen aksesori khusus gaming. Tergolong premium dengan harga yang tidak murah, perangkat kamera USB ini tak hanya cocok untuk pemain gim saja, melainkan mereka yang juga sering melakukan konferensi maupun kelas daring.

Saat ini, pasar perangkat webcam sendiri masih tergolong sepi. Dari banyaknya produk yang bisa dipilih konsumen di pasaran, yang mendominasi hanya Logitech saja, dengan seri Brio yang sudah eksis sejak 2017. Kehadiran Razer Kiyo Pro tentu akan “mengganggu” pabrikan aksesori yang sudah berumur lebih dari 25 tahun tersebut, membawa beberapa fitur unggulan menarik.

Dibandingkan dengan Logitech Brio, alternatif terbaru dari Razer hadir dengan dimensi yang lebih kompak. “Ditujukan untuk konferensi video dan streaming, kualitas video yang lancar serta jelas pada kondisi cahaya apapun menjadi bagian paling penting dalam pengalaman menggunakan Razer Kiyo Pro,” jelas Alvin Cheung, Senior VP Razer divisi periferal dalam sebuah rilis yang diterima Gizmologi (23/2).

Baca juga: Razer Viper 8K, Mouse Gaming Paling Responsif di Dunia

Spesifikasi Razer Kiyo Pro

Razer Kiyo Pro

Punya desain yang mirip sebuah lensa, Razer Kiyo Pro gunakan sensor CMOS 1/2.8 inci 2.1MP f/2.0, yang punya teknologi back-illuminated pixel, STARVIS. Teknologi tersebut mungkinkan sensor untuk menangkap lebih banyak cahaya, sehingga kualitasnya tetap optimal meski di kondisi indoor dengan cahaya cukup.

Ada dua mode utama untuk kualitas video yang bisa pengguna pilih. Dengan kehalusan maksimum, bisa berikan video dengan output maksimal dalam resolusi 1080 di 60fps. Namun untuk kondisi pencahayaan yang lebih menantang seperti layar cerah di belakang pengguna, disediakan mode HDR 30fps. Bisa meratakan bagian shadow serta highlight agar terlihat lebih pas.

Fitur unggulan lainnya adalah field-of-view (FoV) yang fleksibel, di mana pengguna dapat memilih tiga tingkatan sudut pandang berbeda. Sudut paling lebar 103 derajat cocok untuk tampilkan kegiatan streamer atau group call, sementara sudut 80 derajat untuk streamer atau peserta presentasi, lebih pas dan fokus ke satu orang saja. Di antaranya, bisa pilih opsi 90 derajat.

Untuk menunjang kebutuhan panggilan video, Razer Kiyo Pro bisa diposisikan secara fleksibel dengan mounting yang serbaguna. Bisa dipasangkan di atas monitor, maupun di atas meja menggunakan tripod. Ketika sedang tidak digunakan, Razer sediakan penutup khusus demi rasa aman penggunanya. Tentunya, punya mikrofon berkualitas stereo 16 bit untuk suara yang sempurna.

Harga Webcam Razer Kiyo Pro

Razer Kiyo Pro

Lensa dari Kiyo Pro sudah dilapisi Corning Gorilla Glass 3 supaya lebih awet dan tahan lama. Sudah mendukung konektivitas USB 3.0 5GBps, sayangnya perangkat ini belum mendukung fungsi pengganti untuk Windows Hello layaknya sang kompetitor.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, harga dari perangkat ini tergolong premium, yaitu mencapai USD200 atau sekitar Rp2,8 jutaan. Fitur yang ditawarkan memang sangat kaya, sebut saja kemampuan HDR serta tiga opsi FoV berbeda. Cocok bagi kamu yang memang mencari webcam berkualitas tinggi. Perangkat ini bakal tersedia resmi bulan Maret 2021 mendatang.

Tinggalkan komen