Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Google Rilis Dua Aplikasi Baru untuk Penyandang Tuli

Teknologi terus dikembangkan untuk semua kalangan untuk membantu mempermudah mereka melakukan aktivitas sehari-hari, termasuk bagi penyandang disabilitas. Seperti dilakukan oleh raksasa internet Google yang baru saja memperkenalkan dua aplikasi untuk penyandang tuli bernama Live Transribe dan Sound Amplifier.

Pengembangan aplikasi tersebut terinspirasi dari Dimitri Kanevsky, ilmuwan riset di Google yang telah bekerja pada pengenalan suara dan teknologi komunikasi selama 30 tahun terakhir. Melalui karyanya, Dimitri -yang tuli sejak usia dini – telah membantu membentuk teknologi aksesibilitas.

Salah satunya teknologi yang dikembangkan adalah CART, yaitu layanan tempat captioner secara virtual bergabung dengan rapat untuk mendengarkan dan membuat transkripsi dialog lisan, yang kemudian ditampilkan di layar komputer. Teknologi tersebut yang kemudian menjadi dasar dari pengembangan aplikasi Live Transcribe. Sebuah aplikasi berbasis cloud untuk penyandang tuli yang mampu mengonversi suara menjadi teks seara real time dengan menggunakan mikrofon di ponsel.
Baca juga: Aplikasi Smartphone Ini Bisa Deteksi Serangan Jantung, Seperti Apa?

Aplikasi untuk Penyandang Tuli

1. Live Transcribe

Live Transcribe dan Sound AmplifierAplikasi Live Transcribe mengetik suara di dunia nyata dan menuangkannya dalam bentuk tulisan secara real-time hanya dengan memakai mikrofon smartphone. Dengan aplikasi ini, orang-orang tuna rungu atau yang memiliki gangguan pendengaran bisa tak terlalu tergantung orang lain dalam interaksinya sehari-hari.

Orang dengan gangguan pendengaran bisa lebih dekat dengan orang yang dicintai. Mereka kini dapat dengan mudah berkomunikasi dengan anak-anaknya tanpa bantuan dari anggota keluarga yang lain.

Pengalaman serupa juga dialami mitra di Gallaudet University, universitas premier dunia bagi tuna rungu dan orang dengan gangguan pendengaran. Para mitra tersebut juga membantu Google dalam merancang dan mengesahkan apakah Live Transcribe memenuhi kebutuhan komunitas mereka.

Live Transcribe tersedia dalam lebih dari 70 bahasa dan aksen. Aplikasi ini juga memungkinkan percakapan dua arah melakui keyboard ketik bagi pengguna yang tak bisa atau tak ingin bicara. Perangkat juga bisa dihubungkan dengan mikrofon eksternal untuk meningkatkan keakuratan transkripsi.

Related Posts
1 daripada 306

Untuk menggunakan Live Transcribe, aktifkan terlebih dahulu pada Accessibility Settings. Kemudian buka aplikasi Live Transcribe ini dari tombol accessibility pada bar navigasi. Peluncuran aplikasi ini akan dilakukan secara bertahap dalam versi beta terbatas ke pengguna di seluruh dunia melalui Play Store. Aplikasi ini juga sudah diinstal pada perangkat Pixel 3.

Kamu bisa mendaftar pada tautan ini untuk pemberitahuan jika aplikasi sudah tersedia lebih luas.

Sound Amplifier, Aplikasi untuk Memperjernih Suara

Semua orang bisa menggunakan sedikit penguat audio dari waktu ke waktu, terutama pada situasi yang begitu bising. Google pun meluncurkan Sound Amplifier yang telah diumumkan pada Google I/O tahun lalu.

Aplikasi untuk penyandang tuli ini dapat memperjernih suara dan lebih mudah didengar. Anda bisa menggunakan Sound Amplifier pada smartphone Android dengan headphone kabel untuk menyaring dan menguatkan suara di lingkungan Anda.

Kerja aplikasi ini adalah dengan meningkatkan suara yang kecil dan tidak terlalu memperkuat suara yang keras. Anda dapat menyesuaikan pengaturan peningkatan suara dan menerapkan pengurang kebisingan untuk meminimalkan suara latar yang mengganggu dengan menggeser bar.

Sound Amplifier tersedia di Play Store dan mendukung Android 9 Pie atau yang lebih baru. Aplikasi ini juga sudah terpasang pada Pixel 4.

Aplikasi Live Transcribe dan Sound Amplifier dapat membantu ratusan juta orang yang tuna rungu atau sulit mendengar agar bisa berkomunikasi lebih jelas.

Agar lebih memahami seperti apa aplikasi untuk penyandang tuli tersebut, kamu bisa menonton tayangan video di bawah ini. (bda)