Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Huawei nova 8 SE, Smartphone 5G Rp5 Jutaan dengan 66W Fast Charging

0 6.285

Sekitar bulan April lalu, Huawei telah merilis smartphone kelas menengah yang miliki keunggulan di sektor kamera serta kecepatan pengisian dayanya. Masuk dalam seri nova, smartphone tersebut jadi opsi murah untuk mereka yang inginkan konektivitas 5G. Mungkin bukan untuk Indonesia, melainkan pasar lain di wilayah luar negeri.

Selang lebih dari enam bulan, Huawei hadirkan pembaruan lewat Huawei nova 8 SE. Desainnya kini dibuat jauh lebih manis, yang mungkin juga mengingatkan Gizmo friends kepada flagship terbaaru iPhone 12 series. Terutama dari segi desain bezel samping, serta modul kamera utamanya. Terdapat setup empat kamera belakang dengan lampu LED di antara empat sensor.

Yang berbeda dari iPhone 12, adalah bobotnya yang jauh lebih ringan. Dengan ketebalan hanya 7,46mm, bobot Huawei nova 8 SE sangat ringan di 178 gram. Meski begitu, bentang layarnya masih relatif besar di 6,53 inci. Dan walaupun membawa embel-embel “SE”, panel yang digunakan cukup berkualitas.

Baca juga: Huawei Indonesia Bawa Watch GT 2 Pro dan Kacamata Pintar Canggih

Huawei nova 8 SE Gunakan Chipset MediaTek Dimensity

Huawei nova 8 SE

Berjenis OLED dengan waterdrop notch, Huawei sudah sematkan sensor sidik jari yang dibenamkan di bawah layar (under-display). Tak hanya itu, juga nyaman untuk digunakan saat menonton serial atau film dari Netflix, berkat dukungan konten HDR10. Sementara di sektor dapur pacu, smartphone ini hadir dengan dua opsi.

Varian standar Huawei nova 8 SE gunakan chipset MediaTek Dimensity 720, sementara ada juga varian “High Edition” dengan MediaTek Dimensity 800U, hadir untuk mereka yang inginkan performa lebih kencang. Keduanya memiliki kapasitas RAM 8GB, dengan penyimpanan internal 128GB. Dan masih sama seperti smartphone Huawei lain, jalankan EMUI 10.1 berbasis Android 10 tanpa layanan Google.

Salah satu alasan mengapa smartphone ini punya bobot yang ringan meski layarnya besar, adalah kapasitas baterainya yang cukup pas-pasan. Ya, hanya 3,800 mAh, di bawah standar baterai smartphone masa kini yang berada di rentang 4,000 – 5,000 mAh. Tapi proses pengisian dayanya hanya butuhkan waktu 35 menit, berkat pengisi daya 66 watt.

Kamera depannya beresolusi 16MP f/2.0. Sementara di bagian belakang terdapat empat sensor dengan sensor utama 64MP f/1.9. Lalu ada sensor 8MP ultra wide-angle, dan dua sensor 2MP f/2.4 yang masing-masing berfungsi sebagai kamera makro dan depth sensor untuk efek bokeh. Selain 10x digital zoom, bisa rekam video hingga resolusi 4K.

Konektivitas Lengkap, Hadir Dalam Empat Warna Menarik

Huawei nova 8 SE

Untuk sektor konektivitas, cukup lengkap termasuk jack audio 3,5mm. Khusus untuk varian High Edition dengan Dimensity 800U, kedua slot SIM mendukung jaringan 5G. Sementara varian standar hanya dukung 5G di slot kartu utama saja.

Saat ini, penjualan Huawei nova 8 SE sudah dimulai secara pre-order di negara asalnya yaitu China, dan mulai tersedia 11 November mendatang. Ada empat warna yang bisa dipilih; Deep Sea Blue, Magic Night Black, Silver Moon Stars dan Sakura Snow Clear Sky. Harga masing-masing CNY2,599 (Rp5,6 jutaan) & CNY2,699 (Rp5,8 jutaan) untuk standard edition & high edition.