Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Sony WH-1000XM4 Dirilis, Tingkatkan Kemampuan Noise Cancelling

0 1.757

Sebelum adanya perangkat earphone true wireless stereo (TWS), wireless headphone atau headphone nirkabel lebih populer di kalangan penikmat audio. Bahkan hingga saat ini, tertutama untuk mereka yang menginginkan kualitas audio terbaik. Secara dimensi memang lebih besar, namun hal tersebut memungkinkan perangkat untuk memiliki driver audio lebih besar juga, demi bass yang lebih nendang, misalnya.

Salah satu produsen wireless headphone yang dikenal dengan kualitas audio dan kenyamanan terbaiknya adalah Sony. Dan kali ini, mereka telah merilis sebuah pembaruan dari headphone premiumnya, yaitu Sony WH-1000XM4. Sony tidak mengubah desain bahkan dimensi drivernya, melainkan berikan beberapa peningkatan penting untuk tingkatkan kualitasnya secara keseluruhan. Apa saja itu?

Baca juga: Sony WF-SP800N, TWS dengan Noise Cancelling untuk Olahraga

Peningkatan yang Dibawa Sony WH-1000XM4

Sony WH-1000XM4

Sama seperti seri WH-1000XM3, Sony WH-1000XM4 juga bakal teruskan kemampuan active noise cancelling yang unggul, menggunakan dua mikrofon serta chipset khusus seri QN1. Namun seri ini membawa SoC tambahan yang bisa mengolah suara musik serta suara keramaian 700 kali per detik. Dengan data dan algoritma baru, perangkat ini lebih efektif redam suara noise dari luar.

Fitur Adaptive Sound Control juga hadir dalam headphone nirkabel canggih satu ini. Lewat aplikasi dari smartphone, perangkat dapat mempelajari pengaturan mode suara sesuai dengan lokasi yang sering dikunjungi. Dengan begitu, Sony WH-1000XM4 tidak akan menyumbat suara luar di lokasi tertentu seperti ketika sedang di moda transportasi umum.

Fitur deteksi otomatis juga kini dihadirkan, agar satu kelas dengan perangkat earphone TWS premium. Memanfaatkan sensor proximity serta akselerometer, perangkat akan otomatis menghentikan lagu ketika sedang dilepas dari telinga atau kepala, layaknya Apple AirPods atau Samsung Galaxy Buds.

Dan ketika ingin berbicara, fitur Speak-to-Chat akan secara otomatis aktif dan menghentikan lagu. Jika setelah 30 detik tidak terdeteksi suara obrolan dari pengguna, secara otomatis lagu akan kembali diputar. Fitur ini sangat praktis, sehingga kita tidak perlu melepasnya dan memasang kembali hanya untuk berbicara sejenak.

Dengan standar protokol Google Fast Pair, perangkat ini dapat muncul secara otomatis di smartphone Android terdekat yang mendukung, siap untuk dipasangkan secara mudah. Sony WH-1000XM4 juga bisa disambungkan hingga ke dua perangkat sekaligus, dan bakal otomatis berpindah ke salah satu peringkat untuk menerima telepon.

Desain & Harga Sony WH-1000XM4 Masih Sama

Sony WH-1000XM4

Sementara desain, daya tahan baterai 30 jam serta kualitas audionya masih serupa. Sony hanya beri peningkatan pada audio processing untuk mikrofon, sehingga dapat menangkap suara pengguna lebih jernih. Serta fitur Edge-AI yang dikombinasikan dengan DSEE Extreme, untuk tingkatkan cegah detail audio yang hilang dari kompresi digital.

Perangkat yang mendukung efek suara 360 Reality Audio ini sudah mulai dapat dipesan di Amerika Serikat melalui sistem pre-order. Dijual seharga USD349,99 (Rp5,1 jutaan) alias sama dengan harga rilis versi sebelumnya, Sony WH-1000XM4 akan mulai dijual resmi pada pertengahan Agustus mendatang, menyusul di beberapa negara lainnya.


Cek harga perangkat audio Sony di official store:

Shopee.co.id Lazada.co.id