Jakarta, Gizmologi – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) menjalin kemitraan strategis bersama Google untuk meluncurkan layanan Rich Communication Services (RCS) Business Messaging pertama di Indonesia. Layanan ini hadir untuk meningkatkan layanan digital pelanggan dan UMKM yang selama ini menggunakan layanan dari kedua perusahaan.
“Kemitraan strategis ini adalah bagian dari kerja sama jangka panjang yang telah dijalin bersama Google. Kemitraan ini juga merupakan bagian dari komitmen Indosat untuk meningkatkan pengalaman pelanggan,” ujar Vikram Sinha, President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchinson.
Melalui layanan RCS Business Message pertama di Indonesia ini, pelaku UMKM dapat memanfaatkannya untuk mendorong jangkauan bisnisnya dan memberikan pengalaman lebih kepada pelanggan.
Sementara itu Google, melalui head of Business Development for Communication Products (Asia), Tan Bee Loon, mengungkapkan bahwa perusahaan senang dengan kemitraan bersama Indosat dalam layanan RCS Business Messaging.
“Kolaborasi ini juga akan membantu banyak usaha kecil dan menengah di Indonesia mempercepat upaya transformasi digital mereka dan mengakselerasi transformasi digital Indonesia secara keseluruhan,” terang Tan Bee Loon.
Baca juga: Gandeng Cisco, Indosat Berkomitmen Penuhi Kebutuhan Talenta Digital di Indonesia
Mengenal Layanan RCS dari Indosat
Layanan pesan instan telah menjadi platform populer di masyarakat. Sebanyak 88% konsumen di seluruh dunia melakukan penelusuran produk yang dapat diakses melalui aplikasi pesan dan 77% konsumen lebih berinisiatif melakukan transaksi jika memiliki akses informasi melalui aplikasi pesan.
RCS sendiri adalah protocol perpesanan dengan berbagai macam fungsi di luar yang ditawarkan layanan pesan singkat (Short Message Service/SMS), mulai dari kemampuan membaca tanda terima, berbagi dokumen, hingga foto beresolusi tinggi.
Fitur RCS Business Messaging ini akan memperkaya layanan SMS Application to-Person (A2P) yang sebelumnya hanya memungkinkan untuk mengirimkan layanan pesan singkat SMS saja ke pelanggan, kini menyertakan branding dan verifikasi bisnis, saran balasan, serta kartu pesan carousel. Dengan RCS Business Messaging, konsumen akan mendapatkan pengalaman yang aman, nyaman, dan menarik sektor usaha khususnya UMKM, untuk memanfaatkan saluran baru ini.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.




