Jakarta, Gizmologi โ Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) mencatat rata-rata omzet penjualan melalui inisiatif Hyperlocal Tokopedia. Hasilnya, indeks penjualan UMKM tercatat naik sebesar 147 persen pada 2020-2021 dibandingkan pada periode 2017-2019.
Riset ini berfokus meneliti Hyperlocal Tokopedia dan kaitannya dengan perekonomian digital di berbagai daerah. Hyperlocal Tokopedia sendiri adalah inisiatif untuk mendekatkan penjual dengan pembeli di manapun berada.
โSurabaya mengalami peningkatan indeks penjualan dan index omzet penjualan masing-masing sebesar 194 persen dan 85 persen, Bandung 27 persen dan 100 persen, sedangkan Yogyakarta 148 persen dan 64 persen,โ ujar peneliti INDEF, Nailul Huda, dalam keterangannya, Senin (12/12/2022).
Angka di atas tertuang dalam riset yang dilakukan Tokopedia bersama Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) berjudul โAnalisis Dampak Program Hyperlocal Tokopedia terhadap Kondisi Bisnis Penjualan secara Daring, Ekonomi, dan Sosial Kota-Kabupaten Program Hyperlocal.โ
Dalam riset ditemukan fakta bahwa rerata indeks penjualan di kota dengan Hyperlocal meningkat 5 kali lebih besar dibandingkan kota tanpa Hyperlocal pada 2017-2021. Selain itu, kota-kota dengan Hyperlocal memiliki tingkat kemiskinan yang lebih rendah sebesar 0,14% dibandingkan kota-kota tanpa Hyperlocal.
โInisiatif Hyperlocal Tokopedia mampu menahan peningkatan pengangguran agar tidak naik terlalu tajam imbas dari kondisi pandemi Covid-19. Secara statistik, inisiatif Hyperlocal Tokopedia mampu menahan laju peningkatan pengangguran,โ papar Huda.
Baca Juga:Inisiatif Hyperlocal & Dukung UMKM Bikin Tokopedia Jadi E-Commerce Favorit
Inisiatif Hyperlocal Tokopedia

AVP of Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia, Trian Nugroho mengatakan, UMKM lokal memegang peranan dalam peningkatan ekonomi digital, namun aktivitas ekonomi digital Indonesia saat ini masih terpusat di kota-kota besar. Sebagai gambaran, Jakarta menyumbang 17 persen. terhadap PDB Indonesia.
โDibutuhkan sinergi dari semua pihak untuk membantu UMKM di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk tumbuh dan berkembang, serta berkontribusi terhadap perekonomian. Hal ini yang melatarbelakangi Tokopedia menghadirkan inisiatif Hyperlocal sejak 2020,โ kata Trian.
Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, sektor UMKM telah berkontribusi Rp8.547 triliun terhadap PDB Indonesia. Kontribusi UMKM lokal terhadap PDB pun tercatat meningkat dari tahun ke tahun hingga mencapai 60,3 persen pada 2019.
Pemerintah di sisi lain menargetkan pertumbuhan wirausaha di Indonesia sebesar 4 persen pada 2024. โUMKM lokal juga memegang peranan dalam peningkatan ekonomi digital, tetapi aktivitas ekonomi digital Indonesia saat ini masih terpusat di kota-kota besar,โ imbuhnya.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.



