Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Tokopedia Hadirkan Sederet Inovasi Terbaru untuk Aplikasi Versi iOS

2 821

Tidak bisa dipungkiri, kehadiran aplikasi e-commerce memiliki peran yang cukup penting dalam kehidupan sehari-hari. Terutama selama masa pandemi berlangsung, mungkin beberapa dari Gizmo friends terbiasa mengaksesnya sehari-hari, baik sekadar melihat-lihat atau berbelanja kebutuhan sehari-hari dari rumah. Untuk itu, fitur dan kemudahannya selalu ditingkatkan oleh pelaku e-commerce.

Tak terkecuali salah satu e-commerce dari perusahaan teknologi Indonesia, Tokopedia, yang terus mencoba hadirkan sederet inovasi digital untuk penggunanya. Tak hanya untuk pengguna smartphone dengan sistem operasi Android, Tokopedia juga berusaha untuk memanjakan para pengguna perangkat iOS. Tujuannya agar dapat selalu berikan nilai tambah dalam penuhi kebutuhan harian para pengguna.

Inovasi yang dihadirkan dalam aplikasi Tokopedia di perangkat iOS tentunya tak lepas dari peran talenta digital muda Indonesia. Dalam sebuah konferensi pers yang diadakan secara virtual Selasa (27/10), Tokopedia mencoba menjelaskan bagaimana aplikasinya dapat berkembang. Serta fitur baru apa saja yang sudah dihadirkan, termasuk apresiasi yang sudah diberikan oleh Apple.

Baca juga: Terus Berinovasi, Tokopedia Bantu UMKM Adaptasi Selama Pandemi

Mulai Dari NFC Hingga Widget Tokopedia di iOS 14

Tonito, Head of Engineering Tokopedia.
Tonito, Head of Engineering, Tokopedia.

Head of Engineering Tokopedia, Tonito adalah salah satu software engineer yang terlibat sejak pengembangan tahap awal dibuatnya aplikasi Tokopedia untuk perangkat iOS. Berbagai inovasi telah dihadirkan, hingga saat ini aplikasi untuk smartphone iPhone tersebut dapat ‘mengejar’ fitur yang sebelumnya sudah dibawa ke iOS. Salah satunya adalah fitur NFC.

Ya, seperti yang kita ketahui, sebenarnya mulai dari seri iPhone 7 ke atas, sensor NFC telah disematkan ke iPhone. Hanya saja, akses penggunaannya tak dibuka semerta-merta, alias harus ada komunikasi khusus ke pihak Apple agar perizinan untuk gunakan sensor tersebut dibuka. Tokopedia menjadi salah satunya, bisa akses sensor NFC untuk kebutuhan top-up e-money.

Dengan begitu, pengguna iPhone dapat mengecek hingga perbarui saldo kartu uang elektronik, hanya dengan menempelkan kartu di bagian belakang atas bodi iPhone, seperti pada tutorial berikut ini. Selain itu, fitur dark mode juga hadir untuk menghemat baterai serta membantu penggunanya lebih nyaman akses aplikasi di malam hari.

Fitur ini hadir dalam versi beta, dapat diakses pada menu Settings di dalam aplikasi Tokopedia untuk iOS. Sementara bagi pengguna Apple Watch, kini versi smartwatch-nya juga sudah tersedia. “Inovasi ini memungkinkan masyarakat mengakses aplikasi Tokopedia langsung dari Apple Watch, mulai dari mencari produk, memantau status pembelian, mengecek notifikasi hingga kemudahan membuka aplikasi Tokopedia,” jelas Tonito.

Dan untuk pengguna iPhone dengan iOS 14, kini sudah bisa menggunakan widget yang disediakan oleh Tokopedia. Hadir dalam berbagai ukuran, widget tersebut dapat menampilkan proses transaksi hingga tampilan chat, baik dengan penjual maupun pembeli. Dalam kesempatan yang sama, kreator konten, Ario Pratomo juga menyampaikan apresiasinya terhadap Tokopedia.

Pengembangannya Diapresiasi Langsung Oleh Apple

Tokopedia widget iOS 14
Tampilan widget Tokopedia di iOS 14.

“Developer Tokopedia di sisi lain sangat tanggap dalam beradaptasi dengan perkembangan pesat yang ada di iOS. Misalnya, pemanfaatkan widget pada iOS terbaru yang sangat memudahkan pengguna, seperti saya, dalam bertransaksi,” terang Ario. Ia juga menunjukkan kegunaan masing-masing fitur yang telah dijabarkan di atas.

Hadirnya beragam inovasi digital yang diciptakan Tokopedia sebagai aplikasi buatan Indonesia berhasil membuatnya mendapat pengakuan dari Apple, sebagai penyedia platform global. Aplikasi Tokopedia untuk iOS telah masuk dalam kategori ‘Great on iOS 14’, ditampilkan di halaman depan App Store pada Oktober 2020.

Dan untuk menyambut Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober, Tokopedia tegaskan komitmen #SelaluAdaSelaluBisa, memfasilitasi talenta muda terbaik dalam berkarya untuk Indonesia lewat teknologi. Bakal terus berkolaborasi dengan mitra strategis seperti lewat START Summit Extension maupun Apple Developer Academy untuk asah talenta digital Indonesia.