alexa

Instagram Ganti Cara Swipe Up Stories dengan Stiker Link pada 30 Agustus

Jakarta, Gizmologi – Instagram akan menggantikan fitur ‘swipe up’ yang ada di Stories dengan stiker link. Rencananya, Instagram bakal memensiunkan cara swipe up mulai 30 Agustus 2021 mendatang.

Swipe Up sendiri merupakan fitur yang memungkinkan orang untuk mengunjungi situs web yang diinginkan dengan cara menggulir layar Stories dari bawah ke atas. Biasanya swipe up membuat selebgram atau konten kreator untuk mengarahkan pengguna Instagram menuju ke situs web suatu produk, artiel, daftar layanan atau promosi lain.

Melansir Techcrunch, sebagai ganti pengguna bisa memakai stiker link untuk menautkan situs web yang dituju pada tap dalam stories. Instagram mengungkapkan peralihan fungsi swipe up ke stiker link ini sudah diuji coba secara terbatas sejak bulan Juni.

Beberapa pengguna Instagram yang sudah memiliki akses untuk swipe up mulai menerima notifikasi soal pergantian ke stiker link ini. Salah satunya YouTuber Sam Sheffer yang mengunggah notifikasi tersebut ke Twitter.

Baca Juga: Jarang Dipakai, Twitter Matikan Fitur Fleets

Instagram mengatakan, alasan pihaknya menggantikan fitur swipe up untuk merampingkan pengalaman dalam membuat Stories. Dengan begitu, pengguna bisa merasakan lebih banyak kontrol kreatif, mengingat tampilan stiker lebih menarik ketimbang Swipe Up.

Apalagi fitur swipe up hanya bisa digunakan oleh konten kreator dan akun bisnis yang telah terverifikasi. Termasuk memiliki jumlah followers, setidaknya 10.000 pengikut agar bisa mendapatkan akses swipe up.

Dengan fitur Link Sticker, Instagram berencana memperluas akses fitur ini ke semua pengguna, tanpa ada batas minimal followers yang harus dimiliki. Meski begitu Instagram tetap akan mengevaluasi opsi tersebut, setelah digunakan lebih banyak pengguna.

“Update ini akan membantu kami menentukan apakah hal tersebut merupakan keputusan yang tepat, sebelum memperluas akses atas stiker link ke lebih banyak orang,” kata juru bicara Instagram.

Tinggalkan komen