Instagram Reels Sudah Hadir di Indonesia, Pesaing Terberat TikTok

Kalau sekarang postingan Instagram Stories dibanjiri dengan musik latar dan tampilan lirik, wajar kok. Pasalnya, fitur stiker musik memang baru hadir di Indonesia, meski sejatinya sudah rilis sejak lama. Kini, giliran Instagram Reels yang dibawa ke tampilan depan pengguna platform media sosial berbasis visual tersebut.

Pada awal kehadirannya, tak sedikit dari pengguna yang mengalami sedikit kebingungan, alias harus menyesuaikan ulang kebiasaan untuk menekan jajaran tombol yang ada di bawah. Pasalnya, sejak Instagram Reels sudah hadir, urutannya kembali diubah. Sebelumnya, tombol notifikasi yang sudah menjadi ‘korban’.

Alih-alih diletakkan di bawah, kini pintasan notifikasi dipindah ke atas kanan layar, sementara posisi lamanya digantikan dengan toko digital resmi. Alhasil, tak sedikit pengguna yang tidak sengaja mengakses Instagram Shop, di mana hal tersebut mungkin memang tujuan utamanya. Supaya pengguna berbelanja lebih banyak dari aplikasi foto & video satu ini.

Baca juga: Stiker Instagram Music Sudah Tersedia, Begini Cara Pakainya!

Instagram Reels Diluncurkan Sejak Agustus 2020

Instagram Reels

Oke, kembali ke fitur yang baru saja tersedia untuk pengguna Instagram di Indonesia. Instagram Reels sendiri sejatinya hadir bersamaan dengan Instagram Music, alias pada hari yang sama. Namun hingga saat ini, ketersediaannya masih belum merata. Sebagian sudah mendapatkannya tanpa gunakan VPN dan lainnya, sebagian masih belum bisa temukan opsi tersebut.

Dari empat akun Instagram yang ada di perangkat saya, saat ini baru satu akun saja yang memiliki fitur tersebut. Sama seperti musik, kehadiran Instagram Reels bersifat server-based. Tak melihat jumlah pengikut maupun lama aktifnya sebuah profile. Sehingga bagi kamu yang tak kunjung mendapatkannya, harap bersabar dulu ya.

Instagram Reels sendiri pertama kali diluncurkan awal Agustus 2020 lalu. Ketersediaannya diluncurkan secara bertahap, dan Indonesia baru kebagian setelah 10 bulan kemudian. Tingkat kreativitas penggunanya bakal lebih ‘diuji’, berikan kreativitas yang lebih tinggi untuk beragam jenis konten video.

Cara Penggunaannya Mirip TikTok

Tampilan menu Instagram Reels

Lantas mengapa Instagram Reels digadang-gadang sebagai pesaing TikTok? Karena cara penggunaannya yang memang serupa. Caranya adalah dengan menekan tombol khusus selayaknya mengakses dan membuat postingan untuk Instagram Stories, sejajar dengan opsi Instagram Live.

Durasinya 15 detik, namun bisa digabungkan dari beberapa klip pendek serta dari video yang sudah tersimpan. Ada banyak efek yang bisa diberikan, audio, timer saat merekam hingga pengaturan transisi tiap potongan video sampai kecepatan video. Bisa dibilang lengkap, dan, mirip TikTok.

Hasil karya konten Instagram Reels bakal ditampilkan pada tab khusus, “For You”, yang kini gantikan tombol untuk menambah postingan pada feed. Berada di bawah tengah layar depan, tentu saja Instagram sangat inginkan penggunanya untuk tonton dan temukan lebih banyak konten Reels dari sebelumnya.

Instagram Reels

Saat ini sudah mulai banyak kreator konten di Indonesia yang memanfaatkan Instagram Reels. Dengan kemudahan akses dari satu aplikasi, tidak menutup kemungkinan bila fitur ini bakal lebih populer di kalangan masyarakat, mengulangi kejadian di mana lebih banyak yang menggunakan Instagram Stories daripada Snapchat.

Meski memang, tak bisa dibandingkan dengan setara alias apple-to-apple. Karena saat ini posisi atau tingkat kepopuleran TikTok juga sudah sangat tinggi. Gizmo friends sendiri gimana, masih bakal tetap setia pakai TikTok atau bakal beralih ke Instagram Reels?

Tinggalkan komen