Instagram Music Sudah Tersedia di Indonesia, Begini Cara Pakainya!

Setiap harinya, pengguna platform media sosial Instagram secara rutin mengunggah kesehariannya lewat foto maupun video di Instagram Stories. Supaya terus-terusan betah untuk gunakan cara tersebut, pihak resmi selalu rutin berikan fitur tambahan supaya tak membosankan. Salah satu yang cukup populer adalah stiker Instagram Music.

Populer, tapi belum pernah mencobanya? Ya, wajar kok. Pasalnya, meski fitur ini sudah digulirkan pertama kali sejak 2018 lalu, stiker Instagram Music tak kunjung hadir secara resmi untuk pengguna Indonesia. Paling-paling, harus mengaktifkan VPN supaya bisa mengaksesnya. Namun akibatnya pengguna yang melihat postingan tanpa VPN jadi tak bisa dengarkan lagunya.

Situasi tersebut kini sudah berubah, karena hari ini (23/6) sudah banyak pengguna yang melaporkan ketersediaan fitur Instagram Stories terbaru ini pada akun pribadinya masing-masing. Dengan begitu, pengguna Instagram di Indonesia bisa lebih kreatif maupun ekspresif dalam unggah konten ke platform media sosialnya.

Baca juga: Saingi TikTok Duets, Reels Remix Hadir Untuk Bikin Duet Video di Instagram

Instagram Music Sudah Dirilis Sejak 2018

Instagram Music

Lantas seperti apa sebenarnya stiker Instagram Music? Mudahnya, ini adalah cara simpel untuk kamu memberikan latar lagu dalam setiap unggahan Instagram Stories. Kamu bebas menambahkannya baik pada konten foto maupun video. Caranya sendiri sedikit berbeda dari ketika awal diluncurkan pada tahun 2018.

Kalau dulu menggunakan button khusus dan merekam sambil diiringi latar lagu, kini caranya sama persis seperti menambahkan stiker atau ornament lain dalam sebuah unggahan. Lebih mudah dan praktis, bisa diberikan pada file media lama alias tak harus merekam atau membuatnya saat itu juga.

Tentunya, cara ini merupakan cara resmi. Alias menurunkan resiko kalau-kalau postingan kamu populer nantinya, dan tidak akan melanggar copyright. Lalu darimana sumber musiknya berasal? Pihak Instagram sendiri tak menyebutkan secara gamblang.

Namun PCMag sempat menyebutkan bila pihak Instagram mengambil sampel musik dari beragam platform streaming musik, sebut saja Spotify, Soundcloud hingga Shazam. Pengkategoriannya pun sedikit berbeda; kalau dulu tersedia berdasarkan mood hingga genre, kini dibuat lebih simpel, hanya ada dua pilihan saja.

Dalam akun yang kami miliki, stiker Instagram Music sendiri telah muncul tengah malam hari. Setelah sempat muncul, kemudian sempat hilang beberapa saat, baru di pagi (23/6) sudah mulai berfungsi penuh.

Ingin menjajalnya secara langsung? Silakan, karena fitur ini sudah muncul baik di Instagram versi iOS maupun Android. Kamu tak perlu memperbarui versi aplikasinya, karena sifatnya berbasis server-side. Bila memang belum muncul, cukup tutup aplikasinya dan buka kembali.

Cara Menambahkan Stiker Instagram Music

Instagram Music

Untuk menambahkan stiker Instagram Music, ada dua cara utama. Yang pasti, kamu perlu memilih foto atau video yang hendak diunggah. Bila sudah, dalam menu edit kamu akan menemukan logo musik di bagian atas. Bila tidak menemukannya di Android, cukup tekan logo stiker, dan cari Instagram Music di dalamnya.

Dari situ, kamu dapat memilih lagu yang ingin dibenamkan dalam unggahan tersebut. Mulai dari pop internasional sampai indie lokal Tanah Air, pilihannya cukup lengkap. Setelah berhasil memilih, ada beragam kustomisasi yang bisa disesuaikan dengan apa yang ingin kamu unggah.

Instagram Music

Mulai dari durasi Stories (maksimal 15 detik—mengikuti durasi maksimal satu postingan), porsi potongan lagu, hingga pilihan bentuk lirik yang ingin ditampilkan. Bila opsi terakhir belum muncul, tandanya lirik lagu tersebut belum masuk ke database milik Instagram Music. Kamu juga bisa melaporkannya langsung bila ada potongan lirik yang salah.

Bila sudah, tentu kamu hanya perlu mengunggahnya seperti postingan biasa. Ke depannya, bila Gizmo friends menemukan lagu menarik saat lihat postingan orang lain, cukup sentuh lagu dan pilih untuk simpan. Gunanya agar nantinya bisa temukan lagu tersebut dengan mudah saat ingin unggah postingan Instagram Music baru. Selamat mencoba!

Tinggalkan komen