Lolos TKDN, iPhone 13 Siap Hadir di Indonesia November?

Jakarta, Gizmologi – Apple telah memperkenalkan produk terbarunya iPhone 13 series secara global September lalu. Kabar terbaru, iPhone 13 TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) sudah diperoleh sebagai syarat agar bisa dipasarkan di Indonesia.

Meski secara desain tampak familiar, pabrikan elektronik yang berpusat di Cupertino satu ini sempurnakan hampir semua bagian internal pada iPhone 13, dan sedikit untuk tampilan luarannya. Selain punya opsi warna baru dan tetap hadir dalam empat varian, dimensi notch yang menyimpan sensor Face ID mengecil sekitar 20%. Semuanya sedikit lebih tebal dan berat, demi kapasitas baterai lebih prima.

Baca juga:  Review iPhone 13 Pro: Seri Terbaik Tanpa Kompromi

Di beberapa negara luar sendiri, iPhone 13 sendiri sudah tersedia sejak beberapa hari terakhir. Tentunya, konsumen di Tanah Air harus lebih sabar menunggu, bila memang ingin mendapatkannya dari toko ritel resmi yang telah ditunjuk oleh Apple. Sebut saja iBox dan Digimap, di mana masing-masing punya toko daring dan luring yang cukup tersebar di Indonesia.

iPad Mini dan iPhone 13 TKDN

iPhone 13 Mini

Lantas kapan perkiraan iPhone 13 series hadir resmi? Seperti biasa, sebelum sebuah smartphone dijual di Indonesia, harus melalui serangkaian proses sertifikasi terlebih dahulu, salah satunya TKDN. Umumnya setelah sertifikat TKDN terbit, bakal tidak lama lagi untuk bisa dijual atau tersedia di pasaran.

Kabar baiknya, sertifikat iPhone 13 TKDN telah selesai, dengan nomor sertifikat 10422/SJ-IND.8/TKDN/9/2021, dikeluarkan pada 30 September kemarin. Di dalam nomor sertifikat tersebut, terdapat empat seri iPhone terbaru dan masing-masing telah capai nilai TKDN 30%.

iPhone 13 - TKDN

Keempat serinya adalah iPhone A2628 (13), iPhone A2633 (13 Mini), iPhone A2638 (13 Pro) dan iPhone A2643 (13 Pro Max). Nilai yang dicapai sendiri sudah cukup bagi semua perangkat untuk bisa mengaktifkan jaringan 4G dan dipasarkan di Indonesia. Selain TKDN, sertifikat SDPPI dari Kemenkominfo masih belum muncul hingga saat ini.

Info menarik lainnya yang bisa didapat, sertifikat TKDN untuk jenis perangkat baru lainnya yaitu iPad mini (2021) serta Apple Watch Series 7 juga sudah ada, kantongi nilai 30%. Artinya, dua perangkat tersebut bakal hadir pula dengan opsi seluler. Mengingat juga ada varian WiFi only.

iPhone 13 Pro Bakal Hadir dalam Opsi 1TB

iPhone 13 Pro

Untuk memperkirakan kapan iPhone 13 series tersedia di Tanah Air, kita dapat menghitung jeda kehadiran iPhone 12 series ketika pertama kali diperkenalkan secara global di Apple Event. Tahun lalu, acara tersebut sedikit mundur ke Oktober 2020 karena pandemi. Kemudian di Indonesia, mulai bisa dibeli pada pertengahan Desember.

Artinya, ada jeda waktu dua bulan lebih sedikit sampai Apple bisa benar-benar membawa perangkatnya ke Tanah Air lewat toko ritel resminya. iPhone 13 sendiri diperkenalkan bulan lalu alias September, maka dengan durasi jeda yang sama, seharunya bakal hadir pada pertengahan – akhir November 2021, alias sedikit lebih cepat.

Harga iPhone 13 sendiri seharusnya bakal kurang lebih sama dengan seri tahun lalu. Kecuali harga varian tertinggi dari iPhone 13 Pro & 13 Pro Max bakal melambung tinggi. Pasalnya, Apple akhirnya berikan opsi tambahan dengan memori 1TB, untuk mengakomodir keperluan perekaman video dalam format ProRes—sebuah fitur yang hadir belakangan khusus varian Pro.

Tinggalkan komen