Jadi Korban Pinjol Ilegal, Laporkan ke LPSK

Jakarta, Gizmologi – Tak sedikit masyarakat yang menjadi korban pinjaman online (pinjol) ilegal. Masyarakat bisa melaporkannya kepada pihak kepolisian atau Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).

“Bagi pelapor atau pemohon agar merasa aman dan tidak takut, dapat menerangkan keterangan yang sebenar-benarnya. LPSK siap memberikan perlindungan kepada saksi, pelapor, maupun korban. Untuk itu, jangan ragu-ragu mengajukan perlindungan kepada LPSK,” kata Wakil Ketua LPSK Achmadi, Jumat (22/10).

LPSK sendiri telah berkoordinasi dengan pihak Kepolisian untuk memastikan keamanan mereka. Menurut Achmadi, masyarakat yang ingin mendapatkan perlindungan dari tindak pidana dari pinjol ilegal bisa datang langsung ke Kantor LPSK.

Adapun alternatif lainnya dalam hal pengajuan perlindungan, yakni melalui surat elektronik atau email, dengan menghubungi call centre LPSK. Ia menambahkan, pihaknya siap memberikan perlindungan bagi saksi maupun korban sejak dari tahap penyidikan hingga peradilan.

“Bisa melalui email ke [email protected] atau lpsk.go.id. Bisa juga melalui 148 call centre, nanti akan di-follow up oleh petugas tersebut dan mekanisme melalui android phone pun bisa. Sekali lagi kami siap memberikan perlindungan saksi dan korban dalam proses peradilan pidana sesuai ketentuan perundang-undangan,” ucapnya.

Achmadi menyebut perlindungan kepada saksi dan korban Pinjol ilegal ini penting. Tujuannya, agar mereka merasa aman sehingga bisa memberikan keterangan yang sebenarnya.

Dirinya juga menilai, pinjol ilegal yang bisa memberikan pinjaman uang secara cepat dengan bunga tinggi telah meresahkan masyarakat. Sebagai catatan, pihak Kepolisian sendiri melaporkan sudah mengungkapkan 13 kasus pinjol ilegal dengan 57 tersangka.

“Agar clear dan bagi pelapor atau pemohon merasa aman, tidak takut, dapat menerangkan keterangan yang sebenar-benarnya,” imbuhnya Achmadi.

Tinggalkan komen