Jakarta, Gizmologi – Google umumkan kampanye #IniRamadanKita yang berkolaborasi dengan JKT48 dan Nasida Ria, Kamis (14/3/2024). Ini merupakan kolaborasi lintas generasi dan lintas genre yang menarik.
Feliciana Wienathan, Communication Manager Google Indonesia, menjelaskan kolaborasi JKT48 dan Nasida Ria diharapkan membawa suatu kehangatan dan kesan yang sangat berbeda. Karena bulan Ramadan merupakan bulan suci bagi umat Islam, maka dari itu Google ingin membawa hiburan dan juga kehangatan bagi masyarakat Indonesia.
Selain kolaborasi JKT48 dan Nasida Ria, Google juga mengungkapkan hal yang tren di setiap Ramadan dan juga fitur menarik Google yang bisa dicoba di Ramadan kali ini.
Baca Juga: Google Segera Hadirkan Toko Aplikasi & App Mall untuk Permudah Pengguna Chromebook!
Kejutan Kolaborasi JKT48 dan Nasida Ria di Media Sosial Google Indonesia

Sebelumnya Google menjelaskan mengapa JKT48 dan Nasida Ria merupakan lintas genre dan lintas generasi. Melihat JKT48, merupakan idol grup yang beranggotakan perempuan remaja hingga dewasa umur 20-an. Mereka menyanyikan lagu pop yang rata-rata sama juga dinyanyikan oleh AKB48, saudaranya yang berada di Jepang.
Sedangkan Nasida Ria merupakan band kasidah modern yang menyanyikan lagu islami. Berasal dari Semarang, Nasida Ria cukup dikenal selama bertahun-tahun oleh masyarakat Indonesia.
Google menyiapkan kejutan bagi penggunanya dengan lagu atau jingle kampanye #IniRamadanKita yang dinyanyikan oleh JKT48 dan Nasida Ria. Kamu bisa menonton video JKT48 dan Nasida Ria di media sosial Google Indonesia.
”Semoga kolaborasi ini dapat terus membawakan gak cuma kegembiraan tapi juga kehangatan dari untuk segala usia dan seluruh kalangan masyarakat Indonesia,” ujar Feliciana.

Tren Pencarian Seputar Ramadan di Google
Adapun untuk tren Ramadan di Indonesia, Google menyebutkan di negara dengan lebih dari seribu kelompok etnis, beragam minat dan gaya hidup, masyarakat mempunyai tradisi dan cara yang berbeda-beda dalam merayakan Ramadan.
Dari Google Trends selama satu tahun terakhir saja kami melihat minat masyarakat terhadap Ramadan, Idul Fitri, dan Mudik beragam. Ada yang mencari “ceramah singkat ramadhan dan judulnya”, yang bisa saja diperlukan untuk diri sendiri atau mengumpulkan materi ceramah, dan untuk tugas bagi pelajar.
Lalu juga ada yang mencari “puncak arus mudik 2023” yang sepertinya di tahun ini akan menjadi pencarian terbanyak. Apalagi ketiga mendekati hari raya Idul Fitri.
Masyarakat Indonesia di tahun sebelumnya mencari “baju lebaran” baru yang sepertinya ingin bersiap tampil segar di Idul Fitri. Pencarian ini juga berguna bagi kamu yang ingin melihat tren baju lebaran yang bari di 2024 ini.

Tak disangka, Google juga mengatakan masyarakat di Ramadan merencanakan rutinitas “olahraga calisthenic”. Atau kita menyebutnya olahraga kalistenik yang merupakan bentuk latihan dengan cara memaksimalkan penggunaan berat tubuh sendiri dalam proses melatih otot.
Pengalaman membuat “karpet tufting” selagi ngabuburit juga bisa kamu cari untuk mengisi kegiatan bersama sahabat, keluarga atau rekan kerja. Para ibu atau ayah juga bisa menemukan “resep buat buka puasa dan sahur” di Google.
Google mengatakan, bagi banyak orang, Ramadan lebih dari sekadar menjalankan puasa dan shalat. Banyak orang menganggap Ramadan ini juga merupakan momen spesial untuk berkumpul bersama teman dan keluarga, bekerja bahu membahu menjadikan bulan ini penuh kehangatan dan kenangan bagi semua orang.
Kamu bisa memanfaatkan produk Google di bulan Ramadan seperti Google Lens, Google Search, Google Maps dan aplikasi web Qibla Finder untuk menemukan arah kiblat di suatu tempat.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.




