Jakarta, Gizmologi โ Kampanye Shopee 11.11 Big Sale yang berlangsung hingga 11 November kemarin, berhasil mengakselerasi ekosistem UMKM digital secara inklusif. Tidak hanya menjadi perpanjangan tangan antar pengguna dalam memenuhi kebutuhan, pada kampanye ini Shopee berupaya untuk membawa seluruh pengguna lebih dekat melalui ragam fitur interaktif.
Antusiasme pengguna menyambut periode belanja akhir tahun menjadi salah satu momentum yang dapat memberikan kesempatan bagi pelaku usaha, tercatat jumlah penjual UMKM yang berpartisipasi pada puncak kampanye 11.11 Big Sale meningkat lebih dari 3 kali lipat dibandingkan dengan hari biasa.
โKami sangat senang melalui kampanye 11.11 Big Sale, Shopee dapat menghadirkan lebih banyak peluang dan interaksi bagi seluruh ekosistem. Kemajuan teknologi terus menawarkan berbagai cara baru, mulai dari kemudahan dalam memenuhi kebutuhan hingga ruang berkreasi guna memperkuat potensi,โ kata Head of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna, dalam keterangannya, Rabu (16/11/2022).
Tercatat lebih dari 22 juta produk dipromosikan melalui keranjang orange pada sesi live stream di Shopee Live oleh penjual selama kampanye 11.11 Big Sale berlangsung. Antusiasme tersebut juga terlihat di mana Shopee Tanam dimainkan lebih dari 62 juta kali sepanjang periode Shopee Games Festival berjalan.
Di sisi lain, semakin banyak mitra brand lokal serta UMKM yang memanfaatkan digitalisasi untuk memperkuat eksistensi dan terus berinovasi dalam menciptakan produk yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Antusiasme pengguna menyambut periode belanja akhir tahun menjadi salah satu momentum yang dapat memberikan kesempatan besar bagi UMKM.
Baca Juga: Sempurnakan Gaya Hidup Halal Lewat Shopee Barokah
Kapanye Shopee Big Sale

Adapun tren belanja pengguna terhadap produk lokal masih didominasi produk kecantikan lokal yang semakin beragam dan terus menunjukkan potensinya. Kecantikan masih menjadi salah satu kategori terfavorit pada kampanye ini, di mana Scrub Tubuh dan Sunscreen produk lokal paling banyak dibeli.
Kemudian pakaian tidur dan Rok Batik menjadi produk favorit pada kategori Pakaian. Bakso Goreng, Abon & Seblak menjadi tiga produk paling dicari pada kategori Makanan & Minuman.
Tren makanan khas Indonesia yang dikemas dengan cara kekinian terus berkembang. Hal ini menjadi salah satu bentuk bagaimana para pelaku usaha berinovasi mengemas unsur budaya lokal dengan cara baru melalui kreativitas yang diadaptasi sesuai dengan kebutuhan masa kini.
Tidak hanya di kota-kota besar, rangkaian kampanye 11.11 juga turut mendorong inklusi layanan digital di berbagai kota non-metropolitan. Sepanjang kampanye 11.11 ShopeePay Big Deals, Palembang, Gresik, Sleman, dan Jember termasuk sebagai daerah dengan antusiasme tertinggi yang memanfaatkan fitur ShopeePay Sekitarmu.
Fitur online-to-offline berbasis lokasi ini memungkinkan pengguna untuk menemukan berbagai penawaran menarik dari sederet merchant yang ada di sekitar mereka. Di mana Kampanye ShopeeFood 11.11 Big Discount mendorong transaksi bisnis para pelaku UMKM kuliner di daerah luar kota non-metropolitan, seperti Lampung, Pekanbaru, Banyumas, dan Banjarmasin.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.



