Segini Kapasitas Baterai iPhone 13 Series, Bisa Streaming 13 Jam Lebih Lama!

Jakarta, Gizmologi – Apple baru saja meresmikan smartphone terbarunya untuk siap bertanding dengan flagship lain sepanjang tahun 2021. Sama seperti tahun lalu, hadir dalam empat varian berbeda, membawa perbedaan pada spesifikasi dimensi, layar, serta kelengkapan kamera. Selain beberapa hal tersebut, konsumen juga mempertanyakan kapasitas baterai iPhone 13 Series.

Dari generasi ke generasi, baterai iPhone 13 Series tidak selalu mutlak lebih besar secara kapasitas. Setidaknya bila punya baterai lebih kecil, Apple memastikan kalau masa pakai penggunaan smartphone tersebut dibuat sama, berkat penggunaan hardware yang lebih efisien daya. Namun tahun ini situasinya bisa dibilang cukup positif.

Baca juga: iPhone 13 Pro Punya Layar ProMotion 120Hz & Setup Kamera Baru

Pasalnya, baterai iPhone 13 Series dibuat lebih besar dari generasi sebelumnya, tidak hanya salah satu namun keempat varian yang diluncurkan secara bersamaan tersebut. Dipadukan dengan chipset yang dibuat lebih hemat daya, masa pakainya bisa jauh lebih lama dari iPhone 12 Series, terutama pada skenario penggunaan tertentu.

Baterai iPhone 13 Series Hampir Lebih Besar 20%

baterai iPhone 13 Series

Seperti biasa, Apple tak pernah benar-benar menunjukkan berapa persisnya kapasitas baterai iPhone 13 Series dalam acara peluncurannya, dalam besaran nilai mAh seperti pada smartphone Android. Melainkan yang diberitahukan hanyalah seberapa awet baterai smartphone terbarunya bila dibandingkan dengan generasi tahun lalu.

Nah, bagi Gizmo friends yang sudah penasaran, Apple baru saja memberikan informasi terkait kapasitas baterai iPhone 13 dalam besaran mAh untuk keperluan keamanan kepada perusahaan lain. Dimulai dari iPhone 13 Mini & iPhone 13, kapasitasnya meningkat masing-masing 9% & 15%, mencapai kira-kira 2,438 mAh & 3,240 mAh.

Sementara untuk iPhone 13 Pro sedikit unik. Kalau tahun sebelumnya punya kapasitas sama persis dengan versi biasa, tahun ini kapasitasnya meningkat hanya 11% saja, mencapai sekitar 3,125 mAh. Bisa jadi karena banyak faktor, seperti modul kamera yang lebih besar, GPU lebih banyak serta penggunaan sensor tambahan seperti LIDAR.

Yang paling besar tentu untuk iPhone 13 Pro Max, peningkatannya menjadi paling signifikan. Mencapai hampir 20%, lebih tepatnya 18,5% yaitu 4,373 mAh. Saat peluncuran, Apple sebutkan bila baterai iPhone 13 Pro Max jadi yang paling irit sepanjang perilisan iPhone—sebuah pernyataan yang mudah diperkirakan. Namanya juga lebih baru, bukan?

Berkat Chipset & Teknologi Layar Lebih Hemat Daya

iPhone 13

Alasan mengapa baterai iPhone 13 bisa punya kapasitas lebih besar, juga berdampak pada dimensi dari keempat smartphone. Apple membuatnya sedikit lebih tebal dan dengan bobot lebih berat dari sebelumnya. Ambil contoh, iPhone 13 Pro memiliki ketebalan 0,3mm melebihi 12 Pro, dengan bobot mencapai 204 gram (vs 189 gram). Sementara iPhone 13 Pro Max mencapai 240 gram.

Namun ada informasi lebih menarik yang perlu Gizmo friends ketahui. Dengan chipset Apple A15 Bionic yang lebih kencang dan efisien daya, Apple bisa berikan durasi penggunaan jauh lebih lama dibandingkan generasi sebelumnya. Terutama untuk pemutaran video streaming—sebuah kondisi penggunaan yang sangat umum dan sering digunakan oleh masyarakat saat ini.

Kalau iPhone 12 Mini hanya sanggup melakukan streaming video hingga 10 jam, baterai iPhone 13 Mini dengan A15 Bionic bisa menambah durasi penggunaan sampai 3 jam. Sementara iPhone 13 di 19 jam, serta 13 Pro di 20 jam. Dan tentunya, iPhone 13 Pro Max bawa peningkatan paling jauh, mencapai 25 jam (dari generasi sebelumnya yang hanya 12 jam saja).

Faktor lain yang dapat berikan peningkatan signifikan ke konsumsi baterai iPhone 13 juga ada pada panel layar yang berbeda. Kini iPhone 13 Series dibekali panel AMOLED LTPO yang lebih hemat daya, karena mendukung adaptive refresh rate. Artinya, ketika tidak dibutuhkan, layar dapat bergerak dengan refresh rate rendah sampai 10Hz. Meski dukungan hingga 120Hz hanya tersedia untuk seri Pro, lewat teknologi ProMotion (bukan naik jabatan, ya).

Tinggalkan komen