iPhone 13 Pro Punya Layar ProMotion 120Hz & Setup Kamera Baru

California, Gizmologi – Jadi yang paling premium nan mahal saat diperkenalkan dalam gelaran acara Apple Event September 2021 yang berlangsung secara daring, pabrikan yang berpusat di Cupertino ini akhirnya meresmikan iPhone 13 Pro & 13 Pro Max. Seri terbaiknya yang bawa cukup banyak peningkatan.

Mengingat ini adalah seri Pro, mungkin beberapa fitur yang ditingkatkan atau baru dihadirkan kali ini tak sepenuhnya diperlukan oleh para konsumen awam. Meski begitu—seperti peluncuran sebelum-sebelumnya—ini adalah iPhone seri tercanggih yang pernah mereka rilis selama ini. Mengingat tahun lalu baru dilakukan penyegaran desain, maka jangan heran bila iPhone 13 Pro series masih nampak begitu saja.

Setidaknya ada sedikit perbedaan dari segi tampilan yang dihadirkan kali ini. Secara dimensi, iPhone 13 Pro series punya modul kamera lebih besar (dengan peningkatan hardware). Sementara itu, opsi warnanya juga dibuat berbeda. Selain gold & silver, juga bakal hadir dalam warna graphite serta sierra blue—biru yang jauh lebih cerah dari sebelumnya.

Baca juga: iPhone 13 Series Punya Poni Lebih Kecil & Kamera Superior

Tentunya, iPhone 13 Pro series membawa semua peningkatan yang juga tersedia pada iPhone 13 & 13 Mini. Ada baiknya Gizmo friends menyimak artikel tersebut, sebelum lanjut untuk menilik peningkatan yang dibawa oleh Apple pada smartphone terbaiknya di 2021 ini.

Kamera iPhone 13 Pro Series Dibuat Identik

iPhone 13 Pro

Dimulai dari bagian kameranya. Baik pada iPhone 13 Pro & 13 Pro Max, kali ini tak ada perbedaan jenis sensor yang digunakan di kedua unitnya. Dengan begitu, konsumen tak lagi perlu membeli varian terbesar untuk menikmati teknologi Sensor-Shift OIS yang dapat berikan stabilisasi lebih superior.

Selain ISP dari A15 Bionic yang juga dapat reduksi noise dan berikan reproduksi warna lebih baik, tiga sensor yang digunakan juga baru. Sensor utamanya punya dimensi lebih besar dengan ukuran piksel individu 1,5um & f/1.5, diklaim 1,5 kali lebih cerah dari Pro Max tahun lalu.

Sensor ultra wide-anglenya juga punya diafragma jauh lebih besar di f/1.8, punya peningkatan foto low-light sampai 92%. Tak hanya itu, kali ini juga mendukung autofokus, sekaligus bisa ambil foto makro. Sensor terakhir adalah telefoto 77mm pada kedua seri iPhone 13 Pro, berikan pembesaran optik 3x.

Ketiga sensor telah mendukung algoritma mode malam, dan Apple juga berikan mode pengambilan gambar baru, ‘Photographic Styles’ dengan empat preset berbeda. Selain Cinematic mode yang bisa berikan efek portret pada video—bisa diatur diafragmanya baik sembari merekam maupun setelah video tersimpan.

Ke depannya, Apple bakal luncurkan pembaruan perangkat lunak pada iPhone 13 Pro untuk hadirkan fitur ProRes Video. Tanpa penjelasan mendetil, mode ini gunakan codec yang lebih minim kompresi dan warna lebih kaya.

Mendukung Fitur ProMotion 120Hz

iPhone 13 Pro

Selain kamera, kemampuan visual dari iPhone 13 Pro series juga meningkat signifikan. Chipset A15 Bionic pada kedua smartphone terbaik Apple di 2021 ini punya GPU lebih superior dengan 5 inti. Selain untuk berikan visual gim memukau, juga diperlukan untuk hadirkan fitur ProMotion.

Pertama kali hadir di iPad Pro, sejatinya ProMotion adalah refresh rate 120Hz. Ya, akhirnya hadir pada iPhone, hanya saja masih untuk seri Pro saja. Punya dimensi layar sama dan panel OLED yang sama, layar iPhone 13 Pro bisa menyesuaikan konten, jalankan refresh rate pada rentang 10Hz – 120Hz untuk menghemat daya baterai.

Serupa dengan varian non-Pro, iPhone 13 Pro ukuran standar punya daya tahan baterai 1,5 jam lebih awet dari generasi sebelumnya, sementara versi Pro Max dibuat 2,5 jam lebih lama. Oh ya, Apple juga perbarui material kardusnya, sehingga kini tak perlu lagi gunakan lapisan plastik di bagian terluar.

iPhone 13 Pro Tersedia dalam Kapasitas 1TB

iPhone 13 Pro

iPhone 13 & 13 Pro Max kini hadir dalam opsi penyimpanan yang lebih banyak. Selain 128, 256, & 512GB, kini juga tersedia dalam kapasitas 1TB. Jadwal peluncurannya sendiri lebih beragam dari produk lainnya.

Harganya? Masih sama dengan generasi sebelumnya. USD999 (Rp14 jutaan) untuk versi Pro dan USD1,099 (Rp15 jutaan) untuk iPhone 13 Pro Max. Bila Gizmo friends penasaran, harga versi Pro Max dengan memori 1TB dibanderol USD1,499 (Rp21 jutaan).

Tinggalkan komen