Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Aplikasi Ketix Permudah Penulis Menerbitkan Buku Digital

Hasil penjualan dibagi 80% ke penulis dan 20% ke pengembang Ketix. 

Menurunnya tingkat kemampuan literasi masyarakat Indonesia membuat Tendi Murti prihatin. Bukan itu saja, di kalangan penulis pun masih kesulitan untuk mendokumentasikan tulisan mereka pada saat di luar ruangan. Tak sedikit pula yang masih kesilitan untuk menerbitkan buku mereka. Melihat berbagai persoalan tersebut, dia pun tergerak untuk mengembangkan aplikasi Ketix.

Dengan aplikasi Ketix ini, diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat Indonesia dalam membaca dan menulis. Sehingga tingkat kemampuan literasi keseluruhan Indonesia meningkat. Karena bagaimanapun juga, kemampuan literasi masyarakat suatu negara berefek kepada perekonomian negara teresebut. Jika tingkat kemampuan literasi masyarakat Indonesia meningkat, maka perekonomian pun diharapkan akan meningkat.

Tendi Murti, Co-founder Ketix sekaligus pendiri Komunitas Menulis Online, mengatakan aplikasi ini memasuki tahap beta pada bulan April 2019 lalu dan sekarang sudah dicoba versi finalnya dengan mengunduhnya di Play Store. “Lewat Ketix, para penulis dapat menulis dan menerbitkan buku mereka dengan mudah dalam bentuk e-book,”  ujar Tendi, saat jumpa pers peluncuran aplikasi Ketix di Go Work, FX Sudirman, Jakarta (9/7/2019).

Baca juga: XL Axiata dan Ayobaca.in Sediakan Buku Audio untuk Penyandang Tunanetra

Para pendiri Ketix, Ki-ka: Tendi Murti, King Bagus dan Dewa Eka Prayoga. 

Fitur Aplikasi Ketix

Related Posts
1 daripada 313

Tidak bawa laptop? Nggak masalah. Karena aplikasi ini mempermudah penulis mendokumentasikan tulisan di smartphone. Untuk penerbitan buku, penulis pun bisa melakukannya di aplikasi ini. Buku mereka akan diterbitkan dalam bentuk e-book. Penulis bisa menentukan apakah buku mereka akan diterbitkan secara gratis atau berbaya. Untuk buku yang berbayar, hasil penjualan dibagi 80% ke penulis dan 20% ke pengembang aplikasi Ketix.

Jika pembaca suka kepada karya suatu penulis dan ingin mendapatkan informasi up-to-date dari penulis tersebut, mereka dapat berlangganan atau subscribe kepada penulis tersebut. Layaknya YouTube, penulis juga dapat keuntungan dari fitur subscribe ini, karya mereka bisa semakin terkenal dan memperoleh royalty koin.

Koin ini dapat ditukarkan atau dicairkan menjadi mata uang Rupiah di mana nilai tukar 1 koin = Rp 100. Namun metode pembayaran atau pencairan dana pada aplikasi ini masih terbatas yakni hanya menggunakan platform Midtrans. Untuk kedepanya, metoe pembayaran akan ditambahkan agar mempermudah pengguna.

Katalog Buku di Ketix

Dalam beberapa bulan setelah aplikasi ini didirikan, aplikasi ini sudah punya 2.400 buku yang di terbitkan dan lebih dari 1.200 penulis terdaftar di Ketix. Beberapa dari mereka adalah penulis terkenal seperti Dewa Eka Prayoga dan Fisslimi Hamidah.

Bagaimana menurut kalian, apakah tertarik mencoba Ketix? Aplikasi ini sangat cocok bagi kalian yang punya hobi menulis. Lumayan buat ngisi kantong.

This post is also available in: enEnglish (English)